10 Cara Membedakan OPPO Asli dan Palsu dengan Mudah


Ada lelucon umum, yaitu popularitas suatu produk dapat dilihat jika produk tersebut memiliki tiruan. Lelucon yang sebenarnya merupakan fakta dari fenomena yang terjadi, merupakan tiruan dari sebuah produk terkenal. Misalnya sneakers seperti Nike atau Adidas yang memiliki banyak versi KW. Bahkan KW memiliki levelnya sendiri.

Hal yang sama berlaku untuk produk teknologi, terutama smartphone. Di masa lalu, ada ponsel dengan lonceng dan peluit “supercopy” dari seri Samsung. Belakangan ini Xiaomi sedang populer di masyarakat, dan karena kepopulerannya tersebut banyak beredar produk Xiaomi palsu.

Tidak hanya Xiaomi memiliki produk palsu yang juga dikenal dengan KW, ponsel stok OPPO juga memiliki banyak produk palsu yang dikenal sebagai KW. Itu wajar untuk diingat pemasaran OPPO bertubuh tinggi dan cukup agresif membuat HP OPPO begitu populer. Tidak jarang orang yang ingin membeli HP OPPO.

Orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan fakta ini dengan menjual ponsel palsu yang berlabel OPPO di kemasan luarnya. Meski dengan desain yang mirip dengan seri OPPO asli, konsumen yang membeli ponsel OPPO palsu tidak terlalu sadar dan tidak merasa bahwa produk tersebut asli.

kasus Ponsel OPPO palsu bisa dibuat menggunakan mekanisme printer 3D. Bagi Anda yang belum tahu, industri printer kini sudah merambah teknologi printer 3D. Artinya, kita hanya bisa mencetak suatu objek atau produk menggunakan teknologi printer 3D. Individu dapat memindai (scan) produk asli HP OPPO, kemudian mengedit dan mencetaknya kembali dengan printer 3D.

Karena tampilannya yang sederhana, ponsel OPPO palsu ini cenderung terlihat mirip, sehingga agak sulit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu jika hanya dilihat sekilas. Anda yang berniat membeli handphone OPPO dan hanya sekedar membelinya tentunya perlu berhati-hati, mengingat tidak sedikit pula handphone OPPO KW yang beredar.

Baca juga  11 Aplikasi untuk Burning CD Terbaik di Laptop dan PC

Untuk itu, Cari Signal akan menjelaskan cara membedakan HP OPPO yang asli dengan yang palsu. Menjelaskan perbedaan ini tentu saja akan membantu Anda untuk lebih berhati-hati saat membeli ponsel OPPO. Apa perbedaannya? Berikut pembahasannya.

1. Cek IMEI online

Cara paling mudah membedakan hp oppo asli dan palsu adalah dengan mengecek nomor imei di hp. Sekadar informasi, nomor IMEI adalah semacam “nomor identifikasi” untuk ponsel. Seperti halnya orang yang memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan), setiap handphone memiliki nomor IMEI yang berbeda satu sama lain.

Setiap perangkat HP OPPO yang dijual resmi pasti memiliki nomor IMEI tersendiri. Nomor IMEI ini sudah tercatat dan bisa dicek secara online. Jadi, ketika Anda menerima atau baru saja membeli perangkat HP OPPO, silakan periksa nomor IMEI di situs Otentikasi Perangkat OPPO. Masukkan nomor IMEI yang tertera di ponsel OPPO Anda.

Tentu saja, jika nomor IMEI terdaftar, ponsel OPPO adalah ponsel asli. Jika tidak, maka HP adalah kW. Cara membedakan OPPO asli dengan yang palsu tentunya lebih mudah karena biasanya nomor IMEI sudah tertera di box penjualan atau bisa dengan mudah didapatkan dengan menggunakan kode *#06#.

Selain itu, untuk perangkat yang resmi terdaftar di Indonesia, biasanya nomor IMEI sudah terdaftar di website Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pastikan ponsel OPPO Anda terdaftar dengan IMEI sehingga Anda dapat menjelajahi internet. Anda bisa mengeceknya dengan masuk ke situs cek IMEI (kemenperin.go.id).

2. Memeriksa kode rahasia “Mode rekayasa”

Cara membedakan OPPO yang asli dengan yang palsu juga bisa dicek menggunakan kode rahasia “Engineering Mode”. Kode ini dapat diakses menggunakan *#800# dari smartphone OPPO. Nantinya kamu akan masuk ke “Engineer Mode” dengan beberapa pilihan. pengujian perangkat keras. Anda dapat menguji perangkat keras, koneksi, baterai ponsel, dll.

Baca juga  Yuk, Coba 15 Software Karaoke Terbaik untuk PC dan Laptop

Pengujian sampel dapat dilakukan dengan melihat informasi dan menguji bagian yang dipilih. Misalnya, setelah masuk ke “Engineer Mode” Anda memilih baterai. Informasi mengenai status baterai HP OPPO akan muncul kemudian.

Jika setelah diperiksa ternyata terdapat informasi bahwa baterai HP OPPO Anda rusak, kemungkinan Anda telah membeli HP OPPO palsu. Karena saya beli hp baru, tapi ternyata baterainya rusak dan harus diganti. Anda dapat melakukan tes serupa untuk item menu lainnya.

3. Spesifikasi HP OPPO

Prosesor OPPO F3
*

Untuk membedakan OPPO asli dengan palsu lainnya, Anda harus mencocokkan spesifikasi HP OPPO yang Anda beli dengan informasi spesifikasi pada kemasan. Atau, agar lebih autentik, Anda bisa mengecek informasi spesifikasinya di situs resmi OPPO. Mungkin, Benar, Anda telah membeli ponsel OPPO yang jelas-jelas tidak mendukung jaringan 4G. Meskipun ponsel secara native mendukung 4G.

Misalnya, Anda membeli OPPO F5 Youth. Dalam bentuk pada kemasannya terdapat spesifikasi OPPO F5 Youth yang mendukung 4G, memiliki RAM 4 GB (ada juga varian dengan RAM 3 GB), dan mendukung layar berukuran 6 inci dengan aspek rasio 18. :9.

Saat Anda membuka ponsel OPPO F5 Youth yang Anda beli, Anda dapat memeriksa spesifikasinya dengan CPU-Z atau aplikasi yang menyediakan informasi spesifikasi lainnya. Dan ternyata ponsel Anda hanya memiliki RAM 2GB, tidak mendukung 4G, dan layarnya masih menggunakan aspek rasio 16:9.

Sebenarnya Anda bisa melihat masalah layar ini di layar tampilan. Jika lebih panjang tentu saja OPPO F5 Youth, karena aspek rasio layar 18:9 lebih besar dari 16:9.


https://actoncloud.com