Inilah Cara Kalibrasi Baterai Android yang Mudah Dilakukan


Baterai adalah salah satu komponen utama ponsel dan perangkat portabel modern lainnya. Baterai yang digunakan oleh HP adalah baterai isi ulang. Hanya saja baterainya tidak bisa digunakan selamanya, ia juga memiliki umur pakai.

Seiring waktu, masa pakai baterai akan terus berkurang. Apalagi jika perangkat digunakan terlalu banyak setiap hari, masa pakainya bisa berkurang lebih cepat.

Sistem pada perangkat yang lebih baru cenderung membaca status baterai dengan benar. Namun saat masalah dimulai dengan baterai, sistem mungkin kesulitan membaca status baterai secara akurat. Jika demikian, mungkin sudah waktunya untuk mengkalibrasi baterai.

Apa itu kalibrasi baterai?

Pengguna smartphone Android dapat mengecek status baterai perangkat yang mereka gunakan. Hanya saja sistem tidak selalu membaca status baterai secara akurat.

Ada kalanya data yang ditampilkan terkadang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Misalnya status baterai menunjukkan daya masih 90% tersedia dan bisa bertahan hingga 12 jam ke depan, namun ternyata tak lama setelah itu, ponsel mati karena kehabisan daya.

Jika anda mengalami hal seperti ini, anda bisa melakukan kalibrasi pada baterai handphone android yang anda gunakan. Lalu apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai? Singkatnya, kalibrasi baterai adalah proses mengembalikan baterai ke keadaan normal. nyatadapat dibaca oleh sistem dengan akurat.

Apakah baterai perlu dikalibrasi?

Pertama-tama, Anda perlu menentukan mengapa kinerja baterai ponsel Anda menurun, karena kalibrasi sistem Android atau baterai itu sendiri? Jika sistem tidak dapat menentukan kondisi baterai dengan benar, kalibrasi mungkin diperlukan. Sebaliknya jika baterai memang sudah rusak, maka sebaiknya diganti.

Cara kalibrasi baterai HP cukup mudah dilakukan sendiri tanpa harus datang ke service center perangkat. Selain itu, hasil kalibrasi baterai juga dapat membantu Anda memutuskan apakah akan membeli perangkat baru atau tidak.

Baca juga  15 HP Lenovo Terbaru Beserta Harga & Speknya (September 2022)

Perlu diingat bahwa kalibrasi baterai tidak akan meningkatkan kinerja baterai, ini hanya akan membantu sistem untuk secara akurat menentukan kesehatan baterai lagi.

Cara kalibrasi baterai android

Kalibrasi baterai Android dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan maupun tanpa akses root. Perlu dicatat bahwa tidak ada standar yang ditetapkan untuk ukuran baterai Android ini baik dari produsen perangkat maupun produsen baterai itu sendiri. Berikut dua cara kalibrasi baterai Android yang bisa Anda coba.

1. Tidak ada akses root

*

Cara termudah dan paling umum untuk mengkalibrasi baterai Android adalah mengisi penuh baterai dan kemudian mematikannya (bukan melepas baterai, tetapi melepaskannya dari pengisian). Anda dapat menggunakan metode ini tanpa memerlukan akses root, yang membuatnya lebih mudah dan lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya.

  • Biarkan perangkat keluar hingga mati.
  • Isi daya baterai tanpa menyalakan perangkat dan biarkan terisi penuh hingga indikator di layar menunjukkan 100%.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya.
  • Nyalakan perangkat. Jika ternyata indikator baterai di layar tidak menunjukkan 100%, isi ulang baterai hingga indikator menunjukkan 100%. Biarkan perangkat Anda tetap hidup.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya, lalu mulai ulang. Jika indikator baterai tidak menunjukkan 100% lagi, isi ulang baterai hingga 100%.
  • Anda dapat mengulangi siklus ini hingga indikator baterai menunjukkan 100% setelah mem-boot ulang perangkat tanpa menyambungkan ke pengisi daya.
  • Kemudian biarkan perangkat tidak terisi daya hingga baterai habis dan mati.
  • Kemudian isi penuh baterai lagi tanpa gangguan.

Nah itulah cara mudah kalibrasi baterai android tanpa akses root. Perlu dicatat bahwa tidak disarankan untuk melakukan proses ini secara teratur. Jika Anda melakukan ini terlalu sering, Anda mungkin mengalami masalah besar dengan perangkat yang Anda gunakan.

Baca juga  15 Game Mirip Free Fire yang Tidak Kalah Keren dan Seru

Membiarkan baterai ponsel atau tablet dalam keadaan mati hingga perangkat mati tidak baik, begitu pula sebaliknya. Namun, ada kabar baik untuk Anda ketahui.

Disebutkan bahwa pengisian baterai pada perangkat modern akan mati secara otomatis ketika batas aman tercapai. Plus, baterai masih memiliki daya cadangan meskipun perangkat tidak mau hidup.

Sekali lagi, kalibrasi baterai hanya jika benar-benar diperlukan, karena hal ini berdampak negatif pada masa pakai baterai.

2. Dengan akses Root, menggunakan aplikasi “Battery Calibration”.

Cara kalibrasi baterai android juga bisa dilakukan dengan akses root. Cara kedua ini pada dasarnya memiliki proses yang sama dengan cara non root di atas, namun disini sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses root agar lebih aman.

Sayangnya, disebutkan bahwa aplikasi pihak ketiga ini meminta daftar izin perangkat yang sangat luas. Jika cara ini membuat Anda khawatir dengan keamanan perangkat yang Anda gunakan, sebaiknya Anda tidak melakukannya. Meskipun kami tidak merekomendasikannya, kami tetap menyajikan langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Biarkan perangkat keluar hingga mati.
  • Isi daya baterai tanpa menyalakan perangkat dan biarkan terisi penuh hingga indikator di layar menunjukkan 100%.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya.
  • Nyalakan perangkat. Jika ternyata indikator baterai di layar tidak menunjukkan 100%, isi ulang baterai hingga indikator menunjukkan 100%. Biarkan perangkat Anda tetap hidup.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya, lalu mulai ulang. Jika indikator baterai tidak menunjukkan 100% lagi, isi ulang baterai hingga 100%.
  • Anda dapat mengulangi siklus ini hingga indikator baterai menunjukkan 100% setelah mem-boot ulang perangkat tanpa menyambungkan ke pengisi daya.
  • Selanjutnya install aplikasinya Kalibrasi baterai yang dapat Anda unduh di sini. Sebelum memulai, pastikan indikator baterai perangkat Anda terisi 100%. Setelah memulai, reboot perangkat Anda.
  • Setelah mem-boot ulang perangkat, segera luncurkan aplikasi dan kalibrasi ulang baterai perangkat.
  • Setelah kalibrasi selesai, biarkan baterai perangkat Anda terkuras tanpa mengisi ulang dan matikan.
  • Kemudian isi penuh kembali baterai dalam keadaan mati tanpa gangguan. Kemudian persentase baterai sistem Android akan diatur ulang.
Baca juga  Perbedaan Samsung Galaxy M23 5G dan Galaxy M33 5G

Nah, ini adalah cara lain untuk mengkalibrasi baterai Android menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses root. Sekali lagi, kami tidak merekomendasikan cara ini karena mungkin kurang aman untuk perangkat Anda.

Jika baterai ponsel atau tablet Android Anda sudah tidak bisa diandalkan lagi, menggantinya dengan yang baru adalah solusi yang baik. Karena baterai HP modern tetap atau tidak dapat dihapus, Anda harus menghubungi pusat layanan untuk mendapatkan bantuan.

Berikut beberapa cara kalibrasi baterai Android yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Jika Anda memiliki cara alternatif untuk mengatasi masalah baterai di atas, beri tahu kami dan orang lain di komentar.

Caris Signal banyak membahas informasi menarik terkait baterai, seperti 8 penyebab baterai HP cepat habis dan cara mengatasinya, serta 10 cara mengecas ponsel dengan benar agar baterai tahan lama.


https://actoncloud.com