Cara Mudah Instal atau Upgrade Windows 11 di Komputer Lama


Windows adalah salah satu sistem operasi (OS) yang paling populer dan banyak digunakan. Windows adalah sistem operasi Microsoft yang digunakan pada berbagai jenis laptop dan PC. Oleh karena itu, Microsoft selalu berusaha memberikan layanan yang menarik dengan melakukan inovasi pada Windows versi terbarunya.

Sejak Oktober 2021, Microsoft telah merilis sistem operasi atau OS terbarunya yaitu Windows 11 ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan raksasa asal USA ini menawarkan berbagai inovasi untuk OS terbarunya. Selain itu, Windows 11 juga tersedia secara gratis atau gratis.

Inovasi dan pembaruan Windows 11 cukup menarik. Namun, ada persyaratan minimum yang harus dipenuhi perangkat untuk menerima pembaruan dan mendukung Windows 11.

Persyaratan Windows 11 dan TPM

Selama rilis awal Windows 11, Microsoft mewajibkan perangkat yang menjalankan Windows 11 untuk menggunakan Intel generasi ke-8.

Dengan kata lain, perangkat yang menggunakan Intel generasi ke-8 atau lebih tinggi sudah mendukung Windows 11. Namun, kondisi tersebut sedang dihilangkan. Dari situs resminya disebutkan bahwa untuk menjalankan Windows 11, perangkat setidaknya harus memiliki prosesor dual-core dengan frekuensi 1 GHz dan RAM 4 GB.

Ini berarti bahwa komputer yang lebih tua pun dapat menjalankan Windows 11 jika memenuhi spesifikasinya. Sayangnya, ada satu syarat untuk menjalankan Windows 11, yaitu dukungan TPM 2.0. Komputer lama jarang memiliki fitur ini.

Sebagai informasi, TPM adalah singkatan dari Trusted Platform Module. Ini adalah chip khusus yang memberikan perlindungan tambahan dari sisi perangkat keras. Sederhananya, Microsoft ingin Windows 11 memiliki sistem keamanan berlapis untuk menghindari berbagai serangan.

Tentu saja, tidak banyak komputer atau laptop lama yang mendukung fitur ini.

Menariknya lagi, ada berbagai cara untuk menjalankan Windows 11 di desktop atau laptop tanpa TPM 2.0.

Baca juga  Yuk Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G!

Sebelum masuk ke pembahasan, kita jelaskan dulu caranyaupdate pada Windows 11 untuk perangkat yang memenuhi syarat.

Bagaimana? Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menginstal atauupdate Windows 11.

Cara menginstal atau memperbarui Windows 11

cara update windows 11

Metode ini dapat digunakan untuk perangkat yang kompatibel dan didukung oleh Windows 11. Lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah membuka “Pengaturan” atau Pengaturan di laptop atau PC Anda.
  • Kemudian pilih menunya “Pembaruan Windows” atau “Memperbarui”.
  • Untuk memeriksa pembaruan, pilih “Periksa pembaruan”.
  • Jika perangkat sudah mendukung pembaruan dan Windows 11 tersedia, maka akan ada opsi “Memutakhirkan Fitur ke Windows 11”.
  • Namun, jika Windows 11 ternyata tidak tersedia, opsi ini tidak akan muncul di perangkat Anda.
  • Jika perangkat Anda mendukungnya, klik opsi pembaruan yang muncul.
  • Setelah itu silahkan klik “Unduh/Unduh” sebaik “Install”.
  • Perangkat kemudian akan memulai proses pengunduhan dan pemasangan sendiri.
  • Tunggu hingga proses selesai hingga Windows 11 terinstal di perangkat Anda.

Sebelumnya telah dibahas bahwa Windows 11 tidak tersedia di semua laptop atau PC. Hanya laptop atau PC yang memenuhi syarat yang akan menerima pembaruan.

Nah, jika Anda salah satu dari sedikit orang yang tidak mendapatkan pembaruan karena tidak patuh, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara lain yang bisa Anda lakukanupdate Windows 10 – Windows 11 di perangkat Anda. Penasaran bagaimana caranya? Simak cara berikut ini.

Cara Install atau Update Windows 11 di Komputer Lama

Menginstal Windows 11 di laptop atau desktop lama harus dilakukan secara manual menggunakan file ISO. Namun, laptop atau PC yang Anda gunakan harus memenuhi standar terendah Windows 11 agar dapat memanfaatkan Windows 11 dengan sebaik-baiknya.

Baca juga  Tanpa Ribet, Ini 2 Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe

Persyaratan perangkat yang digunakan: setidaknya prosesor 64-bit dengan kecepatan clock minimal 1 GHz. dual core atau lebih. Selain itu, laptop atau PC yang akan digunakan harus memiliki RAM minimal 4 GB dan ruang disk 64 GB atau lebih, serta TPM (Trusted Platform Module) versi 1.2.

Selain harus memenuhi persyaratan dasar tersebut, Anda juga harus menyadari bahwa cara ini “memaksa” perangkat untuk menggunakan Windows 11, sehingga ada konsekuensi yang akan diterima perangkat. Salah satu konsekuensinya adalah perangkat tidak akan dapat mengakses update Windows 11 tidak pernah mendapatkannya tambalan keamanan yang akan dirilis Microsoft.

Jika Anda sudah memahami syarat dan konsekuensi yang akan diterima, namun tetap ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Unduh ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh ISO terlebih dahulu. Tujuannya agar Windows 11 bisa diinstal meskipun perangkat yang Anda gunakan merupakan perangkat generasi lawas.

  • Anda dapat mengunduh ISO dari tautan ini, lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan kotaknya “Unduh Gambar Disk Windows 11 (ISO)”.
cara update windows 11
  • Silakan ubah pengaturan menjadi “Windows 11 (Serialisasi ISO)”.
cara update windows 11
  • Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk memilih bahasa yang sama saat menginstal Windows. Untuk memeriksa bahasa yang Anda gunakan, Anda dapat melihat menu “Waktu & Bahasa” di pengaturan perangkat Anda.
cara update windows 11
  • Kemudian klik “unduh 64-bit”.

Sambil menunggu proses download selesai, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya dengan menyiapkan aplikasi Rufus untuk membuka file ISO.

2. Unduh aplikasi Rufus.

Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Rufus. Sebagai informasi: Rufus merupakan aplikasi gratis yang digunakan untuk membuat bootable USB drive dari berbagai jenis sistem operasi. Menariknya, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan portable sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

  • Setelah download aplikasi Rufus dan file ISO selesai, buka aplikasi Rufus terlebih dahulu.
cara update windows 11
  • Di bagian kolom “pemilihan boot”masukkan file ISO windows 11 yang sudah berhasil di download tadi.
  • Jika tidak ada pilihan, silahkan klik kolom tersebut “UNTUK MEMILIH” yang terletak di sebelahnya dan cari file yang telah diunduh tadi secara manual.
  • Jika sudah terpasang, klik “MULAILAH”.
cara update windows 11
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru untuk Anda menginstal proses instalasi. Tiga item di atas adalah opsi yang perlu Anda periksa. Hal itu bertujuan untuk melalui proses pengecekan kesehatan perangkat yang Anda gunakan. Sementara poin lainnya hanyalah pilihan.
  • Tekan “BAGUS” jika pilihannya benar.
cara update windows 11
  • Saat kotak peringatan muncul, Anda dapat mengklik opsi “BAGUS”.
  • Perlu diketahui bahwa tindakan ini memang akan menghapus semua aplikasi yang terinstal sebelumnya. Tidak seperti file dalam penyimpanan, yang tidak dihapus juga. Namun sebagai tindakan pencegahan, kami sarankan untuk membersihkan semua file terlebih dahulu dengan cara membackupnya agar lebih aman dan tidak ada file yang hilang.
cara update windows 11
  • Jika bilah status berubah menjadi hijau dan tertulis “SIAP”maka proses selesai.
  • Anda dapat mengklik “MULAILAH” untuk memulai proses penginstalan Windows 11 di perangkat Anda.
cara update windows 11
  • Centang kotak untuk setuju dan klik “Lanjut”.
cara update windows 11
  • Jika jendela baru muncul dengan pemberitahuan dan informasi lisensi, klik itu. “Menerima” Setuju.
Baca juga  Cek Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Mudah!

Setelah itu, proses akan dimulai. Silahkan tunggu proses instalasi windows 11 selesai di perangkat anda, jangan sampai perangkat anda mati di tengah jalan. Untuk durasi biasanya tidak memakan banyak waktu, tergantung kemampuan masing-masing perangkat.


https://actoncloud.com