Cara Download Video YouTube dengan Mudah di HP dan PC


Saya sudah lama bergabung dengan YouTube. Karena Internet belum terlalu cepat dan hanya sedikit orang yang menggunakannya smartphone. Saat itu menonton video youtube kurang menyenangkan karena koneksi internet yang tidak terlalu cepat sehingga terjangkau. sungai kecil tidak layak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya sering download Video YouTube alih-alih menontonnya secara langsung. Metode ini lebih cepat dan memungkinkan saya untuk melihat videonya nanti. Sayangnya, YouTube tidak menyediakan download video. Saat itu, saya menggunakan berbagai layanan atau pihak ketiga untuk download video di YouTube.

Di era smartphone banyak digunakan orang dan koneksi internet cepat, jarang orang download atau unduh video di YouTube. Namun, banyak juga yang lebih memilih opsi tersebut download video di YouTube.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan caranya download video youtube dengan berbagai metode yang saya coba sendiri. Metode ini bervariasi, ada yang dirancang khusus untuk smartphoneada yang khusus untuk desktop/laptop, ada juga yang bisa digunakan untuk keduanya.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah pemaparan dari berbagai cara tersebut download video dari youtube. Anda dapat memilih salah satu metode yang cocok untuk Anda dan yang Anda sukai.

Unduh langsung dari aplikasi

Video YouTube dapat berupa:download atau unduh langsung dari aplikasi YouTube di smartphone, baik ponsel Android maupun Apple iPhone. Cara melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi youtube pertama. Jika Anda belum menginstal YouTube di ponsel Anda, harap instal melalui toko aplikasi seluler bawaan (Google Play Store/App Store) terlebih dahulu. Setelah, cari berdasarkan judul video yang ingin Anda unduh atau download. Anda dapat memasukkan kueri di kotak telusur YouTube.
  • Buka video kemudian menentukan resolusi video Anda ingin mengunduh. Buka pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas layar.
cara download video di youtube
  • Untuk memilih “Kualitas Gambar Lebih Tinggi” untuk mengunduh video definisi tinggi. (720p, 1080p atau 4K). YouTube akan secara otomatis memilih resolusi. Namun, jika Anda ingin memilih resolusi secara manual, klik tombol “Canggih” yang terletak di bagian “Penghematan Lalu Lintas”. Kemudian pilih resolusi video yang diinginkan.
cara download video di youtube
  • Kembali ke video yang ingin Anda unduh. Kemudian cari dan klik tombol tersebut “Unduhan” Unduh video. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
cara download video di youtube
  • Untuk melihat hasil download, buka “Perpustakaan” di sebelah opsi “Berlangganan”. Hasil download bisa dicek di menu “Unduhan”.
  • Setelah pengunduhan selesai, Anda dapat menonton video tanpa koneksi internet. Video dapat diputar di aplikasi YouTube itu sendiri dan bukan di aplikasi pemutar video lainnya.
cara download video di youtube
  • Jika Anda telah menonton video dan tidak ingin lagi tersedia secara gratis luring, Anda dapat mengklik video dan menghapusnya. klik tombolnya “Menghapus” untuk menghapus video.
Baca juga  Review Team Group MP34 M.2 NVMe SSD, Kencang dan Handal

Cara ini merupakan cara praktis untuk mengunggah video ke YouTube. Cara ini cocok untuk kamu yang sering menonton video yang sama berkali-kali. Namun, metode ini tidak berlaku untuk semua video.

Karena masalah hak cipta, banyak video YouTube yang “Download”-nya dinonaktifkan. Biasanya video musik atau video lain yang tunduk pada hak cipta yang sangat ketat. Contohnya adalah video musik JK48 berjudul SUNGAI mengikuti.

cara download youtube

Seperti yang Anda lihat pada gambar, tombol Unduh tidak dapat dipilih atau digunakan. Masalah ini dapat diatasi jika Anda berlangganan YouTube Premium. Namun, jika Anda bukan pelanggan YouTube Premium, Anda dapat mencoba cara-cara di bawah ini.

Menggunakan Situs Pengunduh Video/Pengunduh Video

Cara lain untuk mengunduh video dari YouTube adalah tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini menggunakan layanan dari Video Download Site atau dikenal juga dengan Video Download Site. pengunduh video. Ada beberapa website yang menyediakan layanan ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Simpan dari web

Cara pertama adalah dengan menggunakan website Savefromnet yang bisa diakses di id.savefrom.net. Situs ini dapat diakses di browser smartphone maupun di PC. Langkah-langkah untuk mengunduhnya adalah sebagai berikut.

simpan dari salin tautan_
  • Buka aplikasi/situs YouTube dan temukan video yang tepat download.
  • Jika ya, klik bagian tersebut “Membagikan” atau “persediaan” dalam aplikasi. Pilih opsi “Salin tautan”.
  • Mengakses id.savefrom.net dengan browser apa pun. Misalnya Google Chrome, Firefox, Safari dan lainnya. Setelah, memasukkan atau tempel tautan di kotak seperti pada gambar.
hemat dari 1_!_
  • Tunggu situs menerbitkan opsi pengunduhan video. Jika sudah Silakan pilih resolusi dan format video. Misalnya MP4 720p untuk kualitas video yang bagus. Situs akan mengunduh video secara otomatis setelah Anda memilih resolusi dan format.
  • Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, Anda dapat mengunduh video WebM 720p. WebM adalah format video dari Google dan banyak aplikasi pemutaran video sudah mendukung format ini.
simpan dari 2_1_
  • Anda juga dapat mengunduh video secara langsung tanpa memilih resolusi. Setelah menempel tautancukup tekan tombolnya “Unduh” seperti di gambar ini.
Baca juga  Cara Mudah Instal atau Upgrade Windows 11 di Komputer Lama

Savefromnet tampaknya menyediakan opsi MP4 dan WebM lainnya. Sayangnya, resolusi tertinggi tidak menghasilkan suara. Gambar di atas tampak sebagai tanda dan simbol bunyi “X”. Artinya, jika Anda memilih opsi ini, video yang Anda unduh tidak akan bersuara, yaitu hanya video.

Anda juga dapat mengunduh langsung tanpa membuka situs. Caranya dengan menambahkan “SS” setelah link video. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

simpan dari jaringan
  • Misalnya, Anda akan mengunduh video dengan tautan “https://www.youtube.com/watch?v=e5EIBDNDfi0”
  • Anda hanya menambahkan “SS” ke YouTube di link menjadi https://www.ssyoutube.com/watch?v=e5EIBDDNdfi0
  • Jika Anda masuk menggunakan tautan ini, tautan tersebut nantinya akan mengarah langsung ke Savefromnet dan langsung memberikan opsi download.

2. Video film

Situs lain yang dapat Anda gunakan untuk download Video YouTube adalah Keepvid. Situs ini sudah ada sejak lama. Saya dulu sering menggunakan Keepvid untuk download Video Youtube. Untuk menggunakan layanan ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

KeepVid
  • Salinan tautan atau tautan ke video YouTube yang ingin Anda unduh.
  • Kunjungi situs web Kividi dengan mengakses keepv.id di browser apa saja, Chrome, Firefox, Opera dan lainnya.
  • Memasukkan tautan Youtube dalam kotak putih seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  • Pilih opsi “Pergi”.. Nanti akan muncul situsnya tautan unduhan video di bawah ini.
KeepVid
  • Per download video, klik kanan “Simpan tautan sebagai…” atau “Simpan konten terkait sebagai…”.
  • setelah, browser akan mengunduh video. Tunggu pengunduhan selesai.
KeepVid
  • Anda juga dapat memilih untuk mengunduh berbagai jenis izin. cukup untukmu menggulir bawah dan Anda akan melihat pilihan pilihan download seperti gambar berikut.
  • Untuk mengizinkan pemutaran video di TV yang mendukung pemutaran video, Anda bisa pilih format MP4. Jika Anda membutuhkan suara video, Anda bisa unduh hanya format audio. Anda bahkan dapat mengunduh video tanpa suara.
KeepVid

Saya menggunakan contoh di atas menggunakan browser Opera di komputer. Jika Anda ingin mengunduhnya melalui browser Di smartphone, Anda bisa melakukan hal yang sama. mencoba browser digunakan browser populer, bukan versi mini. Anda dapat menggunakan Chrome, Safari (untuk iOS), Firefox, Opera, UC Browser, dan lainnya.

3. Y2mate.com

Situs web lain tempat Anda dapat mengunduh video YouTube adalah Y2mate.com. Situs ini merupakan situs download video yang praktis. Caranya juga mudah. Silakan merujuk ke langkah-langkah berikut.

y2mate1_1_
  • Kunjungi Y2mate.com kemudian memasukkan tautan atau tautan ke video YouTube. Nantinya, situs tersebut akan langsung menampilkan pilihan video untuk diunduh.
y2mate21_
  • Pilih format video yang diinginkan. klik tombolnya “Unduhan” Misalnya, saya memilih MP4 720p.
y2mate3 1_
  • Akhirnya, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya. klik tombolnya “Unduh .mp4” untuk mulai mengunduh.
y2mate 4 1_

Langkah lain untuk membuatnya lebih cepat adalah dengan menyisipkan huruf “pp” setelah caption YouTube. Misalnya, Anda akan mengunduh video dari tautan ini :

Baca juga  5 Perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy M23 5G

https://www.youtube.com/watch?v=e5EIBDDNdfi0

Selanjutnya, Anda cukup menempelkan “pp” ke dalam tautan di. Maka itu akan menjadi:
https://www.youtubepp.com/watch?v=e5EIBDDNdfi0

Pada langkah ini, situs Anda akan membuka y2mate.com dan segera menampilkan opsinya. download seperti pada gambar sebelumnya. Dari sini Anda tinggal melanjutkan prosesnya download gunakan langkah-langkah di atas.

4.youtube

Berikutnya adalah ssyoutube. Cara kerja situs ini tidak jauh berbeda dengan situs download video lainnya. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

ssyutub 1 1_
  • Buka www.youtube.com di browser perangkat Anda. Lalu tempel tautan video yang ingin Anda unduh. klik tombolnya “Awal” untuk proses selanjutnya.
SSSUTUBE 2 1_
  • Anda akan dibawa ke halaman download. Silahkan pilih resolusi video yang Anda inginkan. Misalnya, saya memilih video MP4 720p. Di situs ini kamu juga bisa download video tanpa suara, sama seperti di save. Jika sudah, klik tombol tersebut “Unduhan”. Video akan diunduh secara otomatis ke perangkat Anda.

5. clipconverter.cc

Situs pengunduhan video YouTube lainnya adalah Clipconverter.cc. Saya sering menggunakan situs ini untuk mengonversi video YouTube dan mengunduhnya. Cara menggunakan situs ini mudah. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Klip Converter.cc
  • Pergi ke situs, lalu masuk tautan di dalam kotak “URL video untuk diunduh”. Lalu pilih “Melanjutkan”.
Klip Converter.cc
  • Selanjutnya, situs akan menampilkan opsi resolusi video dari Standar hingga Full HD, tergantung resolusi video maksimum default.
  • Kamu juga bisa pilih format video dan audio Anda ingin memilih. Karena situs ini mengonversi video terlebih dahulu sebelum Anda bisa download. Jika Anda sudah memiliki resolusi video dan format video dan audio, pilihlah. “Mulai”.
Klip Converter.cc
  • Setelah itu, Clipconverter.cc akan memproses video tersebut. Setelah itu akan ada halaman download. Tolong pilih “Unduhan” Unduh video.

Situs Clipconverter.cc ini cukup cocok untuk download video dari youtube. Sayangnya situs ini cukup ketat karena tidak mengizinkan download video dengan musik berhak cipta, sehingga Anda akan menemukan beberapa video yang tidak dapat diunduh dari situs ini.


https://actoncloud.com