Nggak Perlu Bingung! Coba 3 Cara Mudah Download File dari Google Drive


Google Drive adalah layanan dari Google yang memungkinkan pengguna menyimpan file di server mereka, menyinkronkan file antar perangkat, dan membagikannya. Google Drive juga menyediakan aplikasi luring untuk komputer dan smartphone untuk akses mudah atau sinkronisasi file.

Di Google Drive, Anda dapat membuat file di Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide yang dapat Anda edit di web atau aplikasi, dan kemampuan untuk mengedit dengan rekan kerja di file yang sama.

Sejarah Google Drive

Di bawah payung Google, sebuah perusahaan teknologi besar yang beroperasi di bidang yang berkaitan dengan Internet dan produk seperti komputasi awan seperti Google Drive. Google Drive pertama kali diluncurkan pada 24 April 2012. Tercatat pada Juli 2018, Google Drive memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Google Drive menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB per pengguna. Selain itu, Google Drive juga menawarkan paket berlangganan melalui Google One dengan harga antara Rp26.000 hingga Rp135.000 per bulan (khusus paket 100GB hingga 2TB).

Pada Mei 2017, ada 3 triliun file yang tersimpan di layanan Google. Layanan cloud computing seperti Google Drive telah menjadi pilihan yang memudahkan kita untuk mengakses file dimanapun dan kapanpun tanpa batasan perangkat.

Cara upload file dari Google Drive melalui PC desktop

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengakses Google Drive di PC atau smartphone. Pada bagian ini, Caris Signal akan menunjukkan cara mengunggah file dari Google Drive melalui PC.

cara download google drive jan 23_
  • Pertama pergi ke koneksi file Google Drive yang ingin Anda unduh. Jika file yang Anda cari adalah folder, tautan akan dimulai dengan drive.google.com/drive/folder. Sedangkan awalan untuk file yang bisa diedit di Google Drive adalah docs.google.com/document, docs.google.com/spreadsheets dan docs.google.com/presentation berurutan. Jika file dalam bentuk selain dokumen koneksi akan ada awal drive.google.com/file.
cara download google drive 3 1_
  • Setelah membuka halaman silahkan klik kanan file yang ingin anda download. Klik tombol panah bawah di pojok kanan atas untuk mengunduh file yang diinginkan.
  • Jika Anda ingin mengunduh semua file, silakan unduh hanya satu folder secara langsung. Di folder download silahkan klik kanan lalu cari tombolnya download panah bawah. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
cara download google drive 5 1_
  • Jika Anda ingin mengunggah banyak file dari folder, klik CTRL sambil memilih file yang ingin Anda unduh. Jika sudah, klik kanan file yang sudah dipilih tadi, lalu klik download. Google Drive akan mengunduh file yang Anda pilih sebagai file ZIP.
Baca juga  3 Cara Screenshot di vivo V25 5G, V25e, dan V25 Pro 5G

Cara download file dari Google Drive melalui smartphone tanpa aplikasi

Jangan khawatir jika Anda tidak dapat mengakses file Google Drive melalui PC karena Anda tetap dapat mengakses file melalui smartphone Anda. Pada bagian ini, Caris Signal akan memandu Anda tentang cara mengunggah file dari Google Drive melalui Google Drive. smartphone tidak ada aplikasi.

Jika ponsel cerdas Anda tidak memiliki aplikasi Google Drive, tautan file Google Drive akan membawa Anda ke sana. browser smartphone Anda. Berikut cara upload file dari Google Drive via browser.

cara download google drive di hp 1 1-side_
  • Untuk mengunduh file, klik pada file yang ingin Anda unduh. Setelah penampilan pratinjau klik file panah ke bawah yang ada di kanan atas.
cara mengunduh google drive di ponsel 3_1_
  • Tetapi jika Anda ingin mengunduh semua file dalam satu folder, Anda dapat memindahkannya ke mode desktop. Klik pengaturan aktif browser Anda, biasanya tombol pengaturan tiga titik ke bawah atau daftar dengan empat baris (letaknya bisa di pojok kanan atas atau pojok kanan bawah layar), lalu klik opsi situs desktop mengubah mode browser menjadi komputer desktop.
cara mengunduh google drive di ponsel 4_1_

Silahkan folder keluar berisi file yang ingin Anda unduh. Kemudian, Pilih folder menekannya cukup lama. Kemudian klik kanan dan pilih “Unduhan”. Google Drive akan mengunduh folder ZIP seolah-olah Anda sedang mengunduhnya ke PC/Laptop Anda.

Cara upload file dari Google Drive melalui aplikasi smartphone

Tentunya lebih mudah jika memiliki aplikasi Google Drive. smartphone. Kamu bisa download Google Drive di App Store atau Google PlayStore. Cara mendownloadnya pun sangat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan kedua cara tadi. Berikut langkah-langkahnya.

unduh google drive di aplikasi 1_
  • Masuk ke Google Drive menggunakan akun Google Anda. Aplikasi Google Drive akan langsung tersedia di smartphone Berbasis OS Android. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengunduhnya lagi.
  • Jika Anda ingin mengunduh satu file, klik pada file yang ingin Anda unduh. Kemudian setelah pratinjau file muncul klik “lagi” (bentuk tiga titik dengan urutan vertikal), lalu pilih “Unduh”. Kemudian file tersebut akan dimuat di dalam smartphone Anda.
cara download google drive di aplikasi 2_
  • Jika Anda ingin mengunggah banyak file sekaligus, Anda bisa klik lalu simpan file hingga muncul tanda centang pilih file apa saja yang akan Anda unduh. Setelah itu tekan tombol “lagi” lalu pilih “Unduh”.
Baca juga  Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 yang Perlu Kamu Tahu

Berbeda dari mode desktop dan browser, sayangnya aplikasi Google Drive ini tidak mengizinkan pengguna mengunggah satu folder pun. Terlepas dari itu, Anda masih dapat mengunduh seluruh isi folder menggunakan cara terakhir di atas.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengunggah file dari Google Drive baik melalui PC/laptop maupun ponsel dengan atau tanpa aplikasi Google Drive. Semoga beruntung!


https://actoncloud.com