4 Cara Cek Kesehatan Hard Disk dengan Mudah di Windows


Hard drive adalah salah satu komponen kunci dari sebuah komputer. Perangkat keras ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data di komputer. Karena itu memori non-volatiledata yang terdapat pada hard disk tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan.

Komputer biasanya dilengkapi dengan hard drive internal dengan berbagai ukuran (biasanya diukur dalam gigabyte atau GB). Pengguna komputer juga dapat mengganti dan memasang harddisk sendiri jika diperlukan. Ini biasanya dilakukan ketika hard drive standar rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Masa pakai hard drive dapat bervariasi tergantung pada penggunaan, kualitas hard drive, dan faktor lainnya. Selain itu, harddisk juga bisa cepat rusak jika memiliki cacat pabrik dari pabrikan. Lalu kita bisa mengecek kesehatan hardisk komputer kita? Jawabannya tentu saja bisa.

Memeriksa kesehatan hard drive ini tidak terdiri dari melepasnya dari komputer dan kemudian mem-parsingnya, tetapi membaca data yang disediakan oleh sistem. Berikut adalah beberapa cara untuk dengan mudah memeriksa kesehatan hard drive di komputer Windows.

1. Menggunakan Alat Pembuatan HDD

Cara pertama untuk mengecek kesehatan harddisk adalah dengan menggunakan tool atau alat khusus yang disediakan oleh produsen harddisk. Sebagian besar pabrikan besar biasanya menyediakan alat gratis untuk memantau kesehatan dan kinerja hard drive kita. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Cari tahu produsen hard drive yang Anda gunakan. Untuk mengetahuinya melalui sistem, Anda dapat pergi ke Device Manager di komputer Anda (masuk ke Control Panel atau cari dengan mengetik “Device Manager”.
  • Jika tab Device Manager sudah terbuka, pilih opsi Drives > klik simbol segitiga > perhatikan model harddisk yang muncul.
  • Kemudian buka pencarian Google dan masukkan nomor model hard drive di tab pencarian. Hasil pencarian yang muncul biasanya langsung menunjukkan merk atau produsen harddisk tersebut.
  • Setelah nama pembuat hard drive diketahui, kunjungi situs web resmi mereka > buka halaman dukungan > cari utilitas hard drive.
  • Unduh alat yang tersedia dan instal di komputer Anda.
  • Alat yang disediakan oleh masing-masing pabrikan kemungkinan besar akan memiliki fitur yang berbeda, tetapi mereka memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan Anda memeriksa kesehatan hard drive Anda.
  • Karena komputer saya menggunakan hard disk yang dibuat oleh Seagate, Anda dapat langsung mengunduh alat diagnostik hard disk pabrikan di sini.
Baca juga  Mengenal Disposable Income dan Cara Hitungnya, Lengkap!

2. Menggunakan alat Windows CHKDSK

Metode pemeriksaan kesehatan hard drive yang kedua ini tidak mengharuskan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi apa pun di komputer Anda. Ini karena alat ini adalah alat bawaan Windows yang dapat langsung digunakan. Nama alatnya adalah Windows CHKDSK.

Alat Windows CHKDSK masih berfungsi bekerja namun, di Windows 11, ini dapat memindai hard drive komputer Anda untuk kesalahan sistem dan bad sector. Juga, jika ada masalah dengan hard drive Anda, alat ini dapat membantu Anda menentukan dengan tepat apa masalahnya.

Alat ini juga dapat memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki dan akan memberi tahu Anda jika ada masalah yang lebih serius yang tidak dapat diperbaiki. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan alat ini untuk memindai dan memperbaiki masalah pada hard drive Anda jika memungkinkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan alat ini.

  • Klik kanan pada hard drive yang ingin Anda periksa kesehatannya, lalu pilih Properties.
  • Pilih menu “Tools” pada tab yang muncul, lalu pilih juga opsi yang tersedia untuk memeriksa hard drive di kotak dialog yang terbuka.
  • Kemudian klik “Verifikasi” atau “Verifikasi Sekarang” untuk memulai proses verifikasi dan perbaikan.
  • Jika semuanya baik-baik saja dengan hard drive Anda, biasanya Anda akan mendapat pesan yang mengatakan bahwa Anda tidak perlu memindai atau memeriksa kesehatan hard drive Anda.

3. Menggunakan Perintah WMIC

Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda hanya dengan mengandalkan sistem komputer bawaan. WMIC sendiri merupakan antarmuka baris perintah yang memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan tugas administratif (tugas), termasuk memeriksa kesehatan hard drive.

Perintah ini menggunakan fungsi SMART atau teknologi pemantauan, analisis, dan pelaporan mandiri untuk melihat status hard drive dengan memberikan keluaran sederhana seperti “OK” atau “Pred Fail” dll.

Baca juga  Inilah Daftar 10 HP Google Pixel Terbaru (Oktober 2022)

Meskipun perintah yang relatif sederhana ini memberikan informasi yang sangat singkat, ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengetahui status hard drive. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka dialog pencarian.
  • Ketik “cmd” lalu klik “OK” untuk membuka Windows Command Prompt.
  • Ketik “wmic” lalu tekan Enter.
  • Saat antarmuka WMI sudah siap, ketik “diskdrive get status”, lalu tekan Enter lagi.
  • Kemudian status hard drive Anda akan ditampilkan.

Jika statusnya “OK” berarti harddisk OK, dan jika statusnya “Pred Fail” berarti fungsi SMART gagal atau terjadi kesalahan yang salah satunya disebabkan oleh bad sector pada harddisk. menyetir. .

4. Menggunakan Alat Pemeriksa Hard Drive Pihak Ketiga

Periksa hard drive Anda dengan aplikasi pihak ketiga
*

Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda. Tools ini biasanya menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai kesehatan harddisk komputer Anda.

Alat ini menggunakan fitur SMART yang sama dengan perintah WMIC untuk menjalankan tugasnya dan mengambil data. Namun sekali lagi informasi yang mereka berikan lebih detail.

Ada beberapa alat pemindaian hard drive pihak ketiga yang dapat Anda unduh dan instal di komputer Anda, seperti CrystalDiskInfo, Hard Disk Sentinel, dan HDDScan.

Misalnya CrystalDiskInfo, alat ini cukup sederhana namun sangat handal. Alat gratis dan sangat ringan ini menawarkan banyak informasi penting seperti suhu, status kesehatan, jenis dan fitur hard drive, dan status lain seperti tingkat kesalahan baca/tulis, waktu pemutaran, dll.

Setelah alat ini diinstal, yang harus Anda lakukan adalah meluncurkannya dan membiarkannya berjalan. Secara default, alat CrystalDiskInfo memeriksa status hard drive setiap 10 menit dan memberi tahu Anda tentang masalah hard drive.

Baca juga  Sebelum Beli, Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12i 2022

Alat-alat ini mungkin berisi iklan, jadi pastikan Anda menggunakan opsi “Custom Installer” untuk membatalkan pilihan yang tidak diperlukan.

Nah, itulah empat cara mengecek kesehatan harddisk yang bisa kamu lakukan dengan mudah di komputer Windows. Jika Anda menemukan masalah hard drive yang menyebabkan komputer Anda mogok, mungkin sudah waktunya untuk mengganti hard drive Anda.

Sekarang Anda dapat dengan mudah membeli hard drive secara online. Harga harddisk tentu berbeda-beda menurut merek dan kapasitasnya. Jika Anda ingin mencari hard drive dengan harga terbaik, kami sarankan membelinya di Boukalapak menggunakan tautan ini.

Selain informasi yang penulis uraikan, Anda bisa menemukan informasi menarik lainnya di Search. Misalnya tentang 10 cara merawat harddisk laptop agar kuat dan tahan lama, atau informasi mengenai top 10 rekomendasi merk harddisk eksternal 2019.


https://actoncloud.com