Mudah dan Cepat! Ini 3 Cara Cek Garansi HP Samsung


Saat membeli perangkat elektronik, termasuk HP, Anda pasti mendapatkan garansi. Samsung satu merek yang memberikan jaminan kepada pembeli sehubungan dengan produk yang dibeli.

Maka dari itu, tidak jarang sebagian dari Anda bingung bagaimana cara mengecek garansi pada produk Samsung khususnya HP. Kali ini Cari Signal akan memberikan cara cepat dan mudah untuk cek garansi HP Samsung kamu. Ingin tahu? Pembahasan selengkapnya bisa langsung dicek di bawah ini.

Apa itu garansi?

Garansi berfungsi sebagai jaminan perusahaan/produsen kepada pembeli atas produk yang dibeli. Jika produk dibeli langsung dari toko resmi maka garansi yang diterima tentunya resmi. Namun, jika Anda membeli dari toko tidak resmi, tidak jarang garansi datang dalam bentuk toko atau bahkan garansi distributor.

Jaminan resmi biasanya memiliki masa klaim yang panjang. Misalnya untuk Samsung. Produk HP Samsung dilindungi oleh masa garansi hingga 12 bulan sejak tanggal pembelian.

Artinya selama 12 bulan tersebut Anda dapat mengklaim garansi atas kerusakan HP tertentu. Perlu diketahui bahwa jenis kerusakan ini tidak disengaja atau disebabkan oleh kelalaian pengguna. Biasanya saat membeli suatu produk, Anda diberikan kartu garansi. Nah, kartu ini akan sangat membantu proses klaim garansi produk.

Jika garansi masih berlaku, biasanya Anda tidak perlu membayar untuk memperbaiki ponsel atau perangkat lain yang rusak.

Garansi toko atau distributor sangat berbeda dengan garansi resmi. Misalnya, Anda membeli ponsel bekas. Toko akan memberikan masa garansi terbatas, seperti seminggu. Nah, selama masa garansi ini, Anda bisa mengklaim garansi atas produk jika terjadi kerusakan.

Mengenai garansi distributor, ini biasanya berlaku untuk produk baru, termasuk ponsel. Namun, produk yang tercakup dalam garansi distributor biasanya dibeli atau dirakit secara informal.

Baca juga  10 HP realme dengan Baterai Paling Tahan Lama di (Juli 2022)

Jadi tidak bisa klaim garansi toko /Pusat servis resmi, karena garansi diberikan oleh distributor. Dan Anda hanya dapat mengklaim garansi produk dari distributor yang sesuai.

Cara Cek Garansi HP Samsung

Cara cek Samsung garansi HP tidaklah sulit. Anda dapat melakukan beberapa cara berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Penjelasan lebih detailnya bisa kamu cek pada paragraf di bawah ini.

1. Cek garansi HP Samsung di website resminya.

Salah satu cara cek garansi HP Samsung adalah dengan menggunakannya Situs web resmi. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk mengetahui informasi tentang garansi Situs web Samsung resmi:

cara cek garansi samsung 1-1_
  • Buka situs web resmi Samsung www.samsung.com. Masuk ke akun Samsung/Google Anda.
cara cek garansi samsung 2-1_
  • Anda akan menerima kode konfirmasi di ponsel Anda. Ini terjadi jika Anda telah mendaftarkan produk/ponsel Anda dan masuk ke akun Samsung Anda di ponsel Anda.
  • Masukkan kode verifikasi 6 digit yang akan muncul di ponsel, lalu tekan “Penyelidikan”. Anda akan kembali ke halaman utama Situs web.
Cara Cek Garansi Samsung 3-1_
  • Ketuk ikon profil di sudut kanan atas layar.. Pilih opsi “Halamanku”.
periksa garansi samsung 4-1_
  • Silakan pilih opsi “Produk Saya” di halaman profil Anda.
cara cek garansi samsung 5-1_
  • Pilih produk yang ingin Anda periksa garansinya. Misalnya, tim Caris Signal akan mengecek informasi garansi HP Samsung Galaxy A33. Klik untuk melanjutkan “Pergi ke Layanan”.
cara cek garansi samsung 6-1_
  • Anda akan dibawa ke halaman produk. Pilih salah satu opsi “Informasi Garansi” tepat di bawah nomor IMEI. Dari sini akan muncul informasi tentang masa garansi ponsel Anda.

Sebagai informasi, jika Anda mendaftarkan produk sendiri di Situs web Samsung, informasi masa garansi masih perlu diverifikasi oleh Samsung untuk keakuratannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat meminta garansi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

cek garansi samsung 8_

Bagi Anda yang belum mendaftarkan produk Samsung, masuk Profil > Halaman Saya > Daftarkan Produk > Smartphone. Dari sini, masukkan nomor seri dan informasi lain tentang ponsel Anda.

Baca juga  Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Jangan lupa untuk memeriksa validasi serial number. Jika sudah, silahkan klik tombol tersebut “Daftar”. Nantinya, produk yang terdaftar akan muncul di halaman “Produk Saya” di profil Anda.

2. Cek garansi HP Samsung di halaman web IMEI.info.

Ada cara lain untuk cek garansi HP Samsung. Ya, ada situs cek IMEI yang juga bisa digunakan untuk informasi garansi. Salah satunya adalah IMEI.info. Metode ini cukup sederhana. Untuk mencoba, ikuti langkah berikut:

cek samsung 9-1_ garansi
  • Buka situs www.imei.info Kemudian masukkan nomor IMEI HP Anda. Jika Anda tidak tahu HP IMEI, hubungi Setelan > Tentang ponsel. IMEI biasanya terdiri dari 15-17 digit.
  • Klik tombol “Periksa”. di sebelah kolom nomor IMEI. Jangan lupa untuk mencentang kotak dan masukkan CAPTCHA.
cek samsung 9-1_ garansi
  • Halaman dengan informasi tentang ponsel Anda akan terbuka.. Di sini Anda bahkan dapat melihat karakteristik ponsel Anda. Tentu saja ada layanan cek garansi (pemeriksaan garansi). Sayangnya, layanan ini berbayar. Anda harus membayar tarif sebesar USD 2,99 atau sekitar Rp 44.000. Jika Anda tidak keberatan, Anda dapat memesan layanan tersebut.

Oh ya, situs ini tetap menyediakan layanan gratis berupa pengecekan kondisi ponsel yang terkena. daftar hitam serta memeriksa IMEI.

3. Hubungi Layanan Pelanggan Samsung.

Obrolan online Samsung 1 arah_

Jika Anda tidak ingin menggunakan kedua cara di atas, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi pelayanan pelanggan atau hubungi Dukungan Pelanggan Samsung.

Anda bisa menelepon pelayanan pelanggan Samsung dengan nomor 0800-112-7777 atau 0800-112-8888. Tenang, Anda benar-benar tidak akan membayar. Layanan ini tersedia setiap hari, termasuk hari libur.

Jika ingin lebih praktis, silahkan gunakan jasa tersebut mengobrol WASamsung. Anda dapat menghubungi nomor tersebut 0817-0215588 via WA dalam waktu 24 jam, termasuk hari libur. Jika via WA masih tidak membantu, coba fungsi tersebut obrolan langsung dari Samsung.

Baca juga  Praktis dan Cepat! Begini 3 Cara Screenshot di realme C33

Anda bisa mengaksesnya melalui Samsung Members, sebuah aplikasi yang disediakan oleh Samsung untuk pengguna. Jika Anda tidak tahu cara menggunakannya, lihat artikel tim Caris Signal yang membahas cara menggunakan Samsung Members. Tidak hanya melalui aplikasi, fitur obrolan langsung dapat diperoleh dari situs web resmi Samsung.

Langkah lain yang bisa diterapkan adalah dengan mengirimkan email resmi ke Samsung. Tulis nama lengkap Anda beserta detail produk dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Kemudian klik tombol “Kirim” untuk mengirim email ke Samsung. Sangat mudah, bukan?

Pengecekan masa garansi HP tentu sangat penting. Hal ini agar Anda mengetahui batas waktu garansi untuk produk yang Anda miliki dan dapat segera mengklaim garansi tersebut. Apalagi jika terjadi masalah atau hal yang tidak diinginkan pada ponsel Anda.


https://actoncloud.com