10 Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik di HP Android 2022


Aplikasi Android bisa digunakan oleh banyak orang, termasuk para tunanetra. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mereka dan bertujuan untuk membantu orang buta menjalani kehidupan yang lebih mandiri dan percaya diri.

Aplikasi ini menggunakan teknologi smartphone untuk beroperasi. Misalnya ada aplikasi untuk mengidentifikasi atau mengenali nilai mata uang rupiah.

Aplikasi menggunakan kamera ponsel dalam pekerjaannya, setelah itu informasi yang diterima diproses menjadi suara. Tunanetra dapat dengan mudah mengenali mata uang nominal yang mereka pegang.

Ada juga aplikasi yang juga menggunakan GPS milik operator. Aplikasi ini dapat menjadi asisten bagi penyandang tunanetra yang berada di jalan karena aplikasi dapat membaca petunjuk arah dan tempat di sekitar mereka. Itu akan sangat membantu mereka juga, bukan?

Nah, dalam hal ini Carisignal akan memberi tahu pembaca semua tentang aplikasi Android yang berguna untuk para penyandang tunanetra. Apa saja aplikasi ini? Periksa item berikut segera.

1. Jadilah mataku

Aplikasi untuk tunanetra yang bisa kamu coba di Android adalah Be My Eyes. FYI, Anda tahu bahwa Be My Eyes telah memenangkan beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Google Play Awards dalam kategori Pengalaman aksesibilitas terbaik.

Tidak heran, karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk saudara tunanetra.

Di aplikasi Be My Eyes, saudara-saudara tunanetra akan terhubung dengan banyak sukarelawan yang akan siap membantu mereka dengan aktivitas sehari-hari seperti bepergian, bekerja di dapur, dan lainnya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna dan relawan untuk berkomunikasi melalui panggilan suara atau video.
Relawan nantinya bisa melihat suasana teman-teman tunanetranya melalui gambar-gambar yang muncul di video. Setelah itu, relawan akan memimpin saudara buta dengan suaranya. Unduh aplikasi Be My Eyes di sini.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12

2. GPS Lazarillo untuk orang buta

Lazarillo

Aplikasi ini dapat menjadi panduan bagi penyandang tunanetra. Mengandalkan GPS, aplikasi ini memberi tahu pengguna tentang tempat-tempat terdekat.

Tentu saja, notifikasi akan disampaikan melalui suara. Misalnya, jika ada jalan di sekitar tempat itu atau ada persimpangan, maka aplikasi ini akan mengeluarkan pemberitahuan.

Lazarillo dapat bekerja di belakang layar, sehingga aplikasi akan bekerja bahkan jika pengguna menggunakan aplikasi lain yang memenuhi syarat. Hanya penggunaan GPS yang konstan dengan cepat menghabiskan baterai ponsel. Unduh sekarang aplikasi ini di sini.

3. Sangat masuk akal

sangat masuk akal_

Aplikasi Supersense juga bisa diandalkan untuk membantu saudara tunanetra. Ada fitur pemindai atau pemindai yang akan melaporkan posisi objek seperti kursi, tempat sampah, tempat tidur, pakaian, dan lainnya.

Anda dapat membantu teman tunanetra memindai objek tersebut menggunakan kamera ponsel Android Anda.

Tak hanya itu, Supersense juga bisa membantu kerabat tunanetra membaca dokumen penting. Anda dapat membagikannya langsung dengan aplikasi Supersense. Nantinya, aplikasi akan membaca dokumen secara otomatis. Unduh aplikasi Supersense di sini.

4. Sullivan+

Sullivan+_

Sullivan+ menawarkan beberapa fitur untuk memudahkan saudara tunanetra dalam mengenali objek, memilih warna pakaian dan membaca dokumen dengan pengenalan teks.

Aplikasi ini juga memungkinkan saudara tunanetra tahu siapa yang mereka temui. Ya, Sullivan+ hadir dengan pengenalan wajah yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang di dekat saudaranya yang buta.

Aplikasi Sullivan+ juga memiliki sensor cahaya untuk membantu saudara tunanetra mengetahui di mana letak sakelar untuk menyalakan atau mematikan lampu di dalam ruangan. Unduh Sullivan+ secara gratis dari tautan berikut.

5. Dek observasi

mencari_

Google juga menyediakan aplikasi khusus yang dapat digunakan oleh tunanetra dan tunanetra.

Baca juga  10 Laptop dengan Penyimpanan SSD Paling Murah Tahun 2022

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Ada berbagai mode yang dapat Anda gunakan untuk membaca teks, dokumen, mengurutkan email, dan banyak lagi.

Tahukah Anda bahwa pengguna juga dapat dengan mudah mendeteksi uang kertas melalui kamera. Selain itu, mode identifikasi makanan juga tersedia.

Pengguna aplikasi Lookout dapat memindai makanan apa yang akan dikonsumsi menggunakan tampilan label makanan. Anda dapat menemukannya dengan kode batang pada kemasan makanan. Coba aplikasi Google Lookout dengan mengunduhnya di sini.

7. Pembaca uang tunai

pembaca uang_

Seperti namanya, aplikasi ini untuk saudara tunanetra yang ingin mengetahui jumlah uang tertentu. Cash Reader akan membantu pengguna untuk memindai uang di tangan mereka.

Anda hanya perlu membuka aplikasi dan kemudian meletakkan kamera di depan uang yang ingin Anda pindai. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menunjukkan jumlah uang dalam bentuk suara. Juga di layar ponsel ada tulisan dengan huruf besar.

Jika Anda mengaktifkan mode senyap di ponsel Anda, aplikasi Cash Reader masih dapat memindai uang. Namun, setelah pemindaian selesai, sejumlah uang akan ditransfer melalui getaran telepon.

Cash Reader mendukung pemindaian multi mata uang. Mulai dari Rupee, Rupee, US Dollar, Peso dan masih banyak lagi. Unduh Pembaca checkout ada di sini.

8. Mataku

mataku_

Dengan aplikasi MyEyes, pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi objek. Membaca teks melalui fungsi pengenalan teks juga tersedia.

Tak lupa ada fitur pengenalan wajah yang bisa membantu pengguna mengenali orang-orang di sekitarnya, bahkan berdasarkan jenis kelaminnya.

Aplikasi MyEyes juga menyediakan fitur untuk mendeteksi objek dalam foto dan gambar, serta warna untuk objek tertentu. Unduh aplikasi MyEyes secara gratis dengan mengklik tautan berikut.

Baca juga  10 Rekomendasi HP Harga 4 Jutaan Terbaik (September 2022)

9. Kibo

kibo_

Kibo adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh saudara tunanetra dan orang rabun jauh. Aplikasi ini membantu pengguna untuk mengetahui objek apa saja yang ada di sekitar.

Selain itu, Kibo juga dapat diandalkan untuk mendeteksi objek, membaca teks dengan suara dengan bahasa yang dapat disesuaikan, membaca buku dengan audio, dan lainnya. Coba aplikasinya dengan mengunduhnya dari tautan ini.

10. Ayobaka.in

AyoBaca

Ayobaca.in adalah aplikasi pembaca buku yang dapat digunakan oleh saudara-saudara kita yang tunanetra. Dalam aplikasi, Anda dapat berkontribusi untuk membaca buku (menjadi semacam buku audio), yang nantinya dapat didengarkan oleh tunanetra.

Dengan aplikasi ini, kini semakin banyak orang yang bisa menggali cerita atau ilmu yang terkandung dalam buku.

Selain itu, dengan berkontribusi membaca buku di Ayobaca.in, Anda secara tidak langsung membantu orang-orang berkebutuhan khusus untuk membaca buku. Aplikasi Ayobaca.in dapat diunduh di sini.

Kami berharap dengan berkembangnya teknologi kedepannya akan semakin banyak aplikasi yang didedikasikan untuk mereka dan berguna dalam kehidupan mereka.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu. Baca juga artikel lainnya seperti Top 10 Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari.


https://actoncloud.com