15 Aplikasi Android Terbaik untuk Para Siswa dan Pelajar


Belajar secara online lewat aplikasi Android memang salah satu penunjang para siswa dalam belajar segala materi yang ada. Selain aplikasi untuk belajar ternyata masih ada beberapa aplikasi untuk penunjang lainnya loh. Maka dari itulah Carisinyal merangkumnya dalam 15 aplikasi untuk para pelajar yang sangat berguna.

Aplikasi-aplikasi ini cukup membantu untuk para pelajar seperti siswa SMP, SMA, bahkan mahasiswa agar belajar lebih mudah. Penasaran apa saja aplikasi yang memudahkan para pelajar dalam menunjang kualitas belajarnya? Simak berikut ulasannya.

1. WPS Office

Layaknya Microsoft Office yang umumnya selalu hadir dalam komputer setiap orang, WPS Office juga termasuk aplikasi yang harus dipasang di ponsel pintar pelajar. WPS Office bisa membuat ponsel Android layaknya kantor kecil daring, sehingga bekerja atau belajar daring menjadi lebih mudah dan efisien.

WPS Office sendiri merupakan office suite all-in-one yang mengintegrasikan Word, PDF, Excel, PowerPoint, formulir, serta penyimpanan cloud, galeri templat, dan pengeditan & berbagi Online. Selain itu, WPS Office dapat bekerja dengan Google Classroom, Zoom, Slack & Google Drive.

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh WPS Office. Tak heran jika aplikasi ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi, agar aplikasi dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya, pastikan ponsel Anda memiliki spesifikasi yang memadai sebelum memasangnya.

2. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Zaman yang serba online saat ini mungkin kertas dan buku sudah tidak menarik dan kebanyakan beralih dengan menggunakan ebook.

Untuk membaca ebook biasanya berupa format PDF. Maka dari itulah aplikasi untuk belajar yang sangat berguna lainnya datang dari Adobe Acrobat Reader dimana aplikasi ini dapat membaca ebook dalam format PDF.

Tidak hanya dapat membaca ebook, bahkan penggunanya dapat membuat catatan pada ebooknya dengan menggunakan aplikasi ini. Anda juga dapat dengan mudah membagikan ebook secara langsung ke teman-teman yang membutuhkan ebook.

Namun, jika Anda merasa repot harus membaca ebook dengan layar smartphone, penggunanya juga dapat dengan mudah langsung melakukan cetak / print ebook yang ada dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader ini. Mudah bukan? Untuk mendownloadnya Anda bisa klik di sini.

3. ZOOM

zoom

Aplikasi yang satu ini akan memudahkan pelajar untuk bergabung pada kelas online. Dengan memiliki aplikasi ZOOM di ponsel, pelajar pun tidak perlu takut ketinggalan pelajaran. Terutama karena tidak semua murid memiliki komputer, tentu dengan adanya ZOOM di ponsel akan memudahkan kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar.

Zoom juga menghadirkan fitur screen sharing tidak hanya pada versi PC melainkan juga pada aplikasi Android. Kini, para murid bisa melakukan presentasi PowerPoint secara online menggunakan ponsel. Praktis, bukan?

Baca juga  Ini Dia 12 Aplikasi Chat Anonim yang Bisa Dicoba di Android

4. CamScanner

Camscanner

Aplikasi untuk para pelajar lainnya datang dari CamScanner -Phone PDF Creator. Aplikasi yang memang dapat menunjang produktivitas pelajar ini memang cukup berguna.

Untuk para siswa yang tidak memiliki alat scanner pada mesin printer dapat dengan mudah melakukan scanning file atau buku apapun dengan menjepretnya seperti sedang berfoto dengan smartphone.

Kemudian hasilnya akan muncul seperti layaknya hasil scanner. Para penggunanya juga dapat menyimpan dalam format PDF ataupun JPEG/JPG.

Selain itu juga, CamScanner akan memudahkan penggunanya dalam melakukan print secara langsung tanpa harus repot mendownload atau menginstall aplikasi lainnya. Mudah bukan? Anda hanya cukup klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

5. Microsoft

Microsoft Office

Microsoft selaku pembuat dan pengembang office menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi kebanyakan orang, termasuk juga para pelajar. Dengan kumpulan aplikasi dari Microsoft ini, tentunya akan memudahkan pelajar dalam menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Pada aplikasi besutan Microsoft Corporation ini tersedia berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi Word, Excel, Power Point, Outlook, Note, One Drive, sampai dengan Microsoft Translation. Jadi, kalau Anda membutuhkan semua aplikasi tersebut, bisa langsung download di sini.

6. Google Classroom

google classroom

Jika Anda mencari aplikasi yang bisa menghubungkan murid dan guru dengan praktis, aplikasi Google Classroom sungguh layak dicoba.

Seperti namanya, Google Classroom sungguh menawarkan pengalaman kelas virutal untuk memudahkan pelajar untuk mendapatkan materi kelas, menerima tugas pelajaran, serta berdiskusi dengan guru.

Sementara itu, guru pun bisa memberikan nilai pada tugas yang dikerjakan murid dengan lebih cepat. Aplikasi ini juga cukup ringan dan mudah digunakan, siapapun tidak akan merasa kesulitan menggunakan Google Classroom. Tertarik mencoba aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali ini?

7. Dictionary – Merriam-Webster

Meriam Webster

Bisa jadi aplikasi untuk para pelajar satu ini dibutuhkan untuk mahasiswa dengan jurusan yang ada kaitannya dengan bahasa inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan siswa lainnya seperti anak SMP, SMA, dan Mahasiswa lainnya membutuhkan aplikasi Dictionary – Merriam-Webster.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan sebuah kamus bahasa inggris yang cukup baik untuk menunjang produktivitas para pelajar.

Dibandingkan membeli kamus berupa buku yang tebal dan mahal, kamus online gratis ini lebih praktis dan akan slelau terus diupdate jika ada kata baru. Anda berminat untuk menggunakannya? Klik di sini untuk mendownloadnya.

8. Ruler – Nixgame

Ruler - Nixgame _

Jika Anda lupa membawa penggaris ke sekolah, aplikasi Ruler dari Nixgame ini bisa Anda andalkan. Ya, ini adalah aplikasi penggaris dengan tingkat akurasi yang bagus.

Baca juga  20 Laptop HP (Hewlett-Packard) Terbaru (Agustus 2022)

Anda bisa melakukan pengukuran dengan unit-unit tertentu, seperti sentimeter, milimeter dan juga inci. Aplikasi penggaris di Android ini juga sangat mudah digunakan dan bisa diunduh secara gratis. Coba aplikasinya di sini.

9. Squid – Take Notes & Markup PDFs

Squid _

Squid – Take Notes & Markup PDFs cocok untuk Anda yang membutuhkan aplikasi catatan atau memo. Uniknya, aplikasi Squid ini memiliki tampilan layaknya sebuah buku catatan asli.

Selain itu, Anda dapat menulis dengan mode tulisan tangan seperti pulpen. Untuk menghapus tulisan pun Anda hanya perlu memakai jari tangan saja. Aplikasi ini menyediakan pilihan ‘kertas’ yang berbeda. Anda juga dapat menjadikannya sebagai papan tulis virtual.

Aplikasi Squid – Take Notes & Markup PDFs dapat dihubungkan dengan Samsung Chromebook Plus dan Google Pixelbook, lho. Unduh aplikasinya lewat link ini.

10. Ruangguru

ruangguru_

Ruangguru adalah aplikasi bimbel online populer yang dirilis di tahun 2016. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mempelajari berbagai jenis materi pelajaran dengan mudah.

Jika Anda bingung dan butuh bantuan saat mengerjakan PR, ada klinik PR yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikannya. Anda dapat melakukan video call dengan pengajar profesional dari aplikasi Ruangguru.

Selain itu, aplikasi satu ini juga menyediakan kelas live yang bisa Anda ikuti. Tentu, untuk setiap layanan di dalam aplikasi ini memiliki tarifnya tersendiri. Akan tetapi, tarif tersebut tentu sebanding dengan layanan yang akan Anda dapatkan.

Aplikasi Ruangguru masih memiliki fitur-fitur lain yang dapat memudahkan para pelajar. Penasaran apa saja fiturnya? Coba langsung aplikasinya di sini.

11. Periodic Table 2022

Periodic Table 2018

Aplikasi ini mungkin sangat dibutuhkan untuk para pelajar SMP, SMA jurusan IPA, dan Mahasiswa yang mengambil jurusan Kimia juga setara. 

Tidak perlu repot membawa kertas tabel periodik ke dalam kelas. Bahkan para siswa tidak perlu repot harus membeli tabel periodik lagi jika selalu kehilangan dan lupa membawa tabel periodik.

Hanya dengan smartphone Android, para siswa akan dimudahkan dalam melihat tabel periodik. Tak hanya sebuah tabel saja, bahkan informasi di setiap tabel pun dijelaskan oleh aplikasi Periodic Table 2022 ini, lho.

Desain yang sederhana dengan perpaduan warna yang jelas dan tegas membuat para siswa dengan mudah membaca tabel tersebut. Font yang disediakan pun tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Di dalam aplikasi ini juga tersedia tabel kelarutan.

Baca juga  10 HP realme Terbaik di Bawah 3 Jutaan (September 2022)

Anda merasa butuh dengan salah satu aplikasi untuk para pelajar ini? Klik di sini untuk mendownloadnya.

12. Study Bunny

study bunny_

Selanjutnya, ada Study Bunny. Ini adalah aplikasi yang akan membantu Anda untuk tetap fokus saat belajar. Ya, Anda bisa mengatur waktu belajar dalam periode tertentu agar tetap fokus. Setelah selesai belajar, Anda akan mendapatkan poin.

Dengan poin tersebut, Anda dapat ‘membeli’ beberapa item dalam aplikasi. Salah satunya adalah musik. Agar dapat memantau produktivitas, Anda bisa mengandalkan fitur Study Tracker. Nantinya, aktivitas belajar Anda akan tercatat dalam bentuk statistik.

Untuk mengusir kebosanan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merawat karakter kelinci yang lucu layaknya peliharaan sungguhan. Keren, kan?

13. Photomath

photomath_

Soal matematika memang sulit untuk dipecahkan. Namun kini, para pelajar tidak perlu kebingungan lagi saat menyelesaikan soal-soal matematika.

Ya, Anda dapat mengandalkan aplikasi Photomath. Aplikasi satu ini dapat digunakan untuk memecahkan soal matematika dengan cepat dan juga tepat. Anda hanya perlu memotret soal matematika yang ingin dipecahkan. Setelahnya, akan muncul bagaimana cara menyelesaikan soal yang dipotret tersebut untuk Anda pelajari.

Selain bisa menyelesaikan soal dengan mudah, Anda dapat belajar ragam jenis materi pelajaran matematika lewat aplikasi Photomath ini. Unduh aplikasi Photomath melalui link ini.

14. Quizlet

quizlet_

Aplikasi satu ini dapat Anda andalkan untuk memperdalam banyak materi pelajaran lewat flashcard. Anda pun dapat menemukan jawaban dari soal-soal sulit yang telah dipecahkan oleh para pengguna Quizlet yang juga pelajar, atau pengajar yang menggunakan aplikasi ini.

Anda juga dapat melakukan tes hafalan dengan mode menulis yang ada di dalam aplikasi Quizlet ini. Aplikasi Quizlet dapat diunduh secara gratis. Namun, ada beberapa fitur yang dapat digunakan setelah Anda memperbarui aplikasi ke mode plus. Unduh Quizlet di sini.

15. Google Translate

Google Translate

Jika Merriam Webster memusingkan untuk siswa karena kamus yang berupa bahasa inggris, Anda bisa mendownload aplikasi Google Translate di smartphone. Aplikasi untuk para pelajar ini cukup baik sekedar untuk menerjemahkan perkata dan juga cukup membantu para siswa.

Aplikasi yang dibesut oleh Google ini bahkan memiliki berbagai macam terjemahan dari berbagai bahasa dan Negara. Cukup lengkap dan praktis. Penggunanya hanya membutuhkan kuota internet yang tidak terlalu besar pula. Butuh aplikasi ini? Cukup klik di sini dan Anda bisa langsung mendownloadnya.

Itulah kumpulan aplikasi untuk para pelajar yang sangat berguna sebagai penunjang produktivitasnya. Mana aplikasi yang Anda butuhkan?


https://actoncloud.com