10 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Smartphone Android


Bagi Anda yang bisa memainkan alat musik, khususnya gitar, Anda tentu tidak asing dengan istilah ‘stem gitar.’ Ya, stem gitar biasa dilakukan untuk memastikan nada yang dihasilkan oleh gitar akan terdengar nyaring dan pas.

Di jaman yang semakin modern ini, stem gitar tidak harus dilakukan secara manual. Anda bisa melakukannya melalui PC, Android, maupun iPhone Anda.

Ada berbagai aplikasi penyetel gitar akustik yang dapat diunduh melalui sejumlah perangkat. Itulah sebabnya mengapa banyak gitaris membawa laptop kemana pun ia akan tampil. Mereka bisa menyetem gitar melalui laptopnya. Bagaimana caranya? Tentu pakai 10 aplikasi ini, dong!

Kali ini Carisinyal akan memberikan daftar aplikasi stem gitar terbaik yang bisa didownload melalui perangkat Android. Yuk, simak aplikasi apa sajakah yang bisa membantu Anda menyetem gitar tersebut!

1. GuitarTuna

GuitarTuna merupakan salah satu aplikasi stem gitar terbaik dan cukup populer di kalangan para pemain gitar. Aplikasi keluaran Yousician ini memiliki berbagai fitur profesional bagi Anda, seperti kumpulan chord gitar, metronom, hingga mini games juga turut hadir di aplikasi ini.

Aplikasi GuitarTuna juga merupakan aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis, loh. Anda hanya tinggal mengunduhnya di Google Playstore maupun App Store.

2. Pro Guitar Tuner

pro guitar tuner

Sesuai dengan namanya, yaitu Pro Guitar Tuner, aplikasi ini ditujukan bagi orang yang memiliki jam terbang tinggi dalam bidang musik. Berbagai macam fitur sudah disediakan di aplikasi ini sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengunduh aplikasi lain. 

Pro Guitar Tuner juga merupakan aplikasi tuner berwarna, dimana aplikasi ini mendukung banyak instrumen musik dari senar hingga tanpa senar.

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi berbayar. Namun, Anda tetap bisa merasakan fitur gratis yang tersedia di aplikasi ini, hanya saja Anda tentunya akan merasa sedikit terganggu dengan beberapa iklan yang kerap kali muncul ketika Anda memakai aplikasi ini. Tertarik untuk mencoba?

3. Ultimate Guitar Tuner

ultimate guitar tuner

Ultimate Guitar Tuner merupakan sebuah aplikasi stem yang dapat digunakan untuk gitar listrik, akustik, hingga perangkat alat musik bersenar lainnya. Aplikasi buatan Tabs4Accoustic ini merupakan sebuah aplikasi gratis yang bekerja dengan cara melakukan analisa sinyal dari mikrofon smartphone.

Ultimate Guitar Tuner ini juga menawarkan sebuah jasa presisi yang dilakukan sangat cepat. Selain itu, terdapat setidaknya jenis tuning yang dapat Anda coba di aplikasi ini, seperti tuning drop, tuning standard, tuning terbuka, dan banyak lagi

4. Fender Guitar Tuner

fender tune

Fender Guitar Tuner merupakan aplikasi stem gitar buatan produsen gitar legendaris terkenal, yaitu Fender. Dengan tampilan sederhana namun elegan, aplikasi ini menyediakan berbagai instrumen mulai dari gitar listrik, bass hingga gitar akustik.

Aplikasi ini juga menyediakan sebuah tips untuk melakukan stem gitar. Di Fender Guitar Tuner ini juga terdapat sebuah panduan singkat mengenai pengenalan senar-senar gitar, dasar-dasar amplifier dan stem gitar, hingga posisi kunci nada di knop pemutar senar gitar. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis baik di perangkat android maupun IOS.

Baca juga  10 Aplikasi Video Slow Motion di Android yang Layak Dicoba

5. Guitar Tuner Pro – MWM

guitar tuner pro mwm

Aplikasi buatan MWM ini memiliki fitur paling lengkap dan tentunya gratis. Banyaknya fitur yang tersedia membuat Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk mengunduh aplikasi-aplikasi lainnya guna menyetem alat musik yang Anda miliki. 

Guitar Tuner Pro dapat Anda gunakan untuk menyetem berbagai jenis gitar hingga bass dengan akurat. Aplikasi ini juga memungkinan Anda agar dapat memilih berbagai mode, seperti mode manual, otomatis, dan juga perpustakaan.

Adanya perpustakaan dengan 2.640 akord membuat Anda dapat menjelajahi serta memainkan not musik yang berbeda. 

6. DaTuner

datuner

DaTuner merupakan aplikasi tuner kromatik buatan Prometheus Interactive LLC yang serbaguna, akurat, dan juga responsive.

Aplikasi yang dapat anda unduh di android ini dapat mengubah frekuensi dasar ke nada terdekat dan error dalam cent. Aplikasi DaTunet ini juga dapat melakukan penyeteman terhadap berbagai alat musik seperti gitar, ukulele, biola, bass, cello, mandolin, piano, harpa, saksofon, timing belt Ducati, harmonika, hingga kazoo.

Aplikasi DaTuner juga sangat mudah dibaca karena nada dan oktaf terdekat ditampilkan dalam huruf yang besar. Untuk Sensitivitas sendiri, dapat disesuaikan secara otomatis maupun non otomatis.

Apabila Anda memilih non otomatis, Anda. Janua perlu menyesuaikannya dengan menggunakan sebuah sentuhan melalui bilah pada sisi kiri layar. Selain itu, untuk mengatur kecepatan/akurasi algoritma dan frekuensi relatif Anda hanya perlu mengubahnya di bagian konfigurasi menu.

7. Master Guitar Tuner

master guitar tuner

Selanjutnya ada aplikasi bernama Master Guitar Tuner. Aplikasi buatan Netigen Music Tuners ini tentunya akan membuat Anda dapat merasakan berbagai fitur lengkap dan tentunya gratis. 

Master Guitar Tuner ini dapat membantu Anda untuk menyetem gitar secara cepat dan mudah. Aplikasi ini mencakup set string karakteristik suara untuk berbagai jenis gitar. Dilengkapi dengan pitchfork dan juga tuner, aplikasi ini akan membantu Anda untuk memeriksa apakah string gitar Anda disetel dengan benar.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur lainnya, seperti dapat merekam suara secara jelas dari alat musik, mengatur nama suara berbeda, melakukan set string berbagai jenis gitar, hingga mengatur frekuensi suara “a” di Hz.

8. Beginner Guitar Tuner

Beginner Guitar Tuner_

Aplikasi stem gitar lain yang bisa Anda gunakan adalah Beginner Guitar Tuner. Aplikasi ini hadir dengan user interface simpel yang akan memudahkan Anda dalam menyetem gitar.

Kami mencoba aplikasi ini untuk menyetem gitar sendiri. Nah, jika dalam aplikasi lain seperti GuitarTuna, kita bisa membunyikan senar gitar untuk menyetem, aplikasi akan menunjukkan nada yang pas. Akan tetapi, aplikasi Beginner Guitar Tuner tidak begitu.

Baca juga  Ketahui 6 Perbedaan HP 1 Jutaan, Redmi 9a dan Redmi 10a

Aplikasinya hanya menyediakan nada tuning standar pada gitar, yakni kunci E. Untuk menyetem gitar, kita harus mengikuti bunyi nada senar pada aplikasi. 

Hal ini menjadi kelemahan tersendiri, karena kita tidak bisa menyetem gitar dengan pilihan nada yang diinginkan. Meski begitu, aplikasinya masih tetap nyaman untuk digunakan. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya di sini.

9. Guitar Tuner – UX Apps

guitar tuner - ux apps

Aplikasi buatan UX Apps ini juga tidak kalah dari berbagai aplikasi yang telah disebutkan diatas, loh. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki tuning gitar yang cukup kuat.

Dalam aplikasi Guitar Tuner, Anda dapat mendengarkan serta menganalisis suara gitar secara real time. Hal ini dikarenakan pada aplikasi ini menggunakan mikrofon bawaan dan dapat menunjukan bagaimana cara menyetem suatu alat musik hingga mencapai kualitas profesional. 

Selain itu, pada aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang dapat Anda coba. Beberapa fitur tersebut seperti adanya mode otomatis dan manual profesional, fitur penyetelan gitar secara gratis, hingga suara yang dihasilkan berkualitas tinggi. 

10. Tuner – gStrings

Tuner - gstrings_

Selanjutnya, ada aplikasi Tuner dari gstrings. Aplikasi satu ini cocok untuk Anda yang sudah terbiasa menyetem gitar. Aplikasinya bisa dibilang mirip seperti GuitarTuna, meski dari segi tampilan jauh lebih sederhana.

Nah, saat Anda mencoba menyetem gitar, Anda hanya perlu membunyikan senar-senarnya. Aplikasi kemudian akan mendeteksi bunyi nada pada senar.

Jika bunyinya sudah tepat dan tidak fals, indikator dalam aplikasi akan menunjukkan nama nada yang sesuai. Berbicara tentang tingkat akurasinya, aplikasi ini sudah layak diacungi jempol.

11. Tuner – Pitched!

Tuner - pitched!_

Next, ada Tuner dari Pitched!. Aplikasi ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan Tuner dari gStrings. Aplikasi ini menyediakan chromatic dan instrument tuner. Terdapat indikator nada dan frekuensi yang ditandai dengan garis berwarna oranye.

Saat digunakan untuk menyetem gitar, aplikasi akan langsung mendeteksi bila suara senar tidak sesuai, seperti terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jadi, Anda akan diminta untuk menyetem lagi hingga suaranya pas. Aplikasi juga akan memberi informasi pada Anda bila Anda harus melonggarkan atau mengencangkan senar.

Tak hanya bisa digunakan untuk menyetem gitar saja, Tuner – Pitched! Juga dapat dipakai menyetem alat musik lain, seperti banjo, bass, cello, biola, dan lain sebagainya. 

Tingkat akurasi aplikasi ini bisa dibilang lebih baik dari Tuner – gStrings. Nilai plus lainnya adalah, aplikasi Tuner – Pitched! Ini bebas dari iklan yang mengganggu.

12. Guitar Tuner, Ukulele & Bass – n track

Guitar tuner - ukulele & bass_

Aplikasi selanjutnya adalah Guitar Tuner, Ukulele & Bass dari n track. Serupa dengan aplikasi stem gitar lain, aplikasi ini menyediakan instrument dan chromatic tuner

Untuk Anda yang masih bingung, instrument tuner ini akan menampilkan nada yang sesuai dengan jenis tuning yang dipilih. Contoh, bila Anda memilih tuning standar, maka indikator akan menampilkan nada EADGBE.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

Nah, ada lagi chromatic tuner. Chromatic tuner akan menampilkan nada sesuai dengan apa yang Anda mainkan.

Aplikasi Guitar Tuner, Ukulele & Bass dari n-Track ini fiturnya tak jauh berbeda dari aplikasi stem gitar lain. Cara penggunaannya juga sama saja. Ketika Anda menyetem gitar, aplikasi akan menunjukkan nada yang sesuai dengan indikator di layar. 

Aplikasi ini menyediakan opsi berlangganan untuk menikmati beberapa fitur spesial. Jika dirasa tak perlu untuk berlangganan, Anda bisa langsung melewati iklan yang menawarkan opsi berlangganan ini.

13. Guitar Tuner – Gismart

Guitar Tuner Gismart_

Guitar Tuner dari Gismart juga bisa Anda andalkan untuk menyetem gitar sendiri. Aplikasi ini dapat digunakan oleh Anda yang masih pemula atau yang sudah mahir dalam bermain gitar sekalipun.

Tersedia pilihan tuner yang berbeda untuk Anda. Salah satunya adalah instrument tuner. Saat Anda menggunakannya untuk menyetem gitar, aplikasi akan menunjukkan informasi seperti nama nada yang dibunyikan, juga senar berapa yang Anda petik. 

Selain instrument tuner, dalam aplikasi ini pun ada chromatic tuner dan pitchfork yang bisa Anda pakai. Jika Anda ingin mencoba aplikasinya, silakan unduh langsung di sini.

14. Guitar Tunio

Guitar Tunio_

Aplikasi Guitar Tunio menyediakan chromatic dan instrument tuner. Aplikasinya akan memudahkan Anda dalam menyetem gitar. Saat membunyikan senar, aplikasi akan memberi informasi tentang nada yang Anda mainkan. 

Tak hanya bisa digunakan untuk menyetem dengan tuning standar, aplikasi Guitar Tunio pun menyediakan pilihan tuning lain, seperti Drop D, Drop A, dan lain sebagainya. Meski begitu, Anda harus membayar biaya langganan agar bisa mengakses seluruh fitur unggulannya.

15. Smart Chords – s.mart Music Lab

Smart CHORDS - GUITAR TUNER_

Nah, selanjutnya, ada Smart Chords dari s.mart Music Lab. Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh Anda yang ingin belajar bermain gitar. Smart Chords akan mengajak Anda untuk mempelajari kord gitar, mengenal fretboard, dan melakukan tuning.

Bicara soal tuning, aplikasinya menyajikan tuner gitar yang simpel dan mudah digunakan. Anda tinggal membunyikan senar yang diinginkan, kemudian aplikasi akan mendeteksi suara senar dan menginformasikan Anda tentang bunyi nadanya. 

Bila sudah sesuai, ketika senar dibunyikan indikatornya akan berada di warna hijau, bila belum indikator akan berada di bar berwarna merah.

Tak hanya gitar, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk belajar alat musik lain, seperti piano dan violin.

Kini, menyetel gitar tidak lagi susah, bukan? Dengan aplikasi stem gitar tersebut, baik pemula maupun professional bisa menyetem gitar dengan mudah. Dari daftar di atas, aplikasi manakah yang biasa Anda gunakan? Atau, Anda memiliki aplikasi lain yang belum kami sebutkan di sini?


https://actoncloud.com