15 Aplikasi Silsilah Keluarga Terbaik untuk PC dan Android


Bagaimana kalau ternyata Anda adalah keturunan dari raja atau punya hubungan keluarga dengan orang dari benua lain? Hal seperti ini harus Anda lacak dengan seksama agar mendapat jawaban pasti. Tapi, tentu akan jadi sulit sekali mengurutkannya tanpa aplikasi silsilah keluarga dan hanya mengandalkan informasi.

Karena itulah aplikasi silsilah akan sangat membantu Anda mencari siapa asal-usul keturunan dengan akurat dan tentunya cepat. Anda juga dapat membuat pohon silsilah keluarga dengan mudah lewat aplikasi-aplikasi ini.

Jika Anda belum pernah mendengarnya, berikut ini adalah 15 aplikasi yang bisa Anda akses melalui PC atau Android.

1. Gramps

Gramps merupakan aplikasi pengurut silsilah keluarga yang sengaja didesain untuk kebutuhan pemasangan pada desktop. Secara tampilan Gramps memang tidak memiliki template layout yang menarik. Namun, fasilitasnya tidak perlu Anda ragukan.

Dengan Gramps, Anda bisa mendapatkan list informasi hubungan keluarga yang terhubung dengan keluarga Anda. Peta interaktif juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi ini dalam melacak lokasi keluarga yang terekam.

Fitur-fitur tersebut juga terintegrasi dengan layanan penyimpanan terpadu yang mengarsipkan semua kontak termasuk alamat web dengan aman. Tertarik menggunakannya? Langsung saja akses website Gramps dan download secara gratis. Bukan hanya untuk Windows, bahkan juga kompatibel bagi Linux dan macOS.

2. Family Historian 7

Family Historian 7

Menurut beberapa Review, aplikasi silsilah ini salah satu yang paling mudah digunakan dan terpilih menjadi software teratas. Terdengar sangat menggiurkan, ya? Tak salah memang, karena Family Historian bisa Anda gunakan tanpa banyak detail yang memusingkan.

Sesaat setelah meng-input data keluarga yang Anda cari, hasil informasi berikut fitur-fitur pendukungnya akan langsung muncul. Seperti menampilkan chart silsilah yang nyaman dipahami dan menunjukkan lokasi inti seseorang.

Jika Anda cukup yakin inilah aplikasi yang tepat, siapkan sedikit kocek untuk meng-install-nya secara resmi ke dalam desktop. Meski tidak murah, fasilitas yang tersedia cukup sepadan dengan harganya. Anda bisa kunjungi laman resminya di sini.

3. Legacy 9.0 Family Tree

Legacy 9.0 Family Tree

Lanjut ke aplikasi yang ramah di kantong dengan versi standarnya yang bisa Anda unduh langsung melalui website resmi di sini. Untuk memahami keturunan lebih baik, aplikasi ini cukup membantu dalam menyusun dan menyajikan data secara visual.

Yang membuat Legacy Family Tree ini beda dari yang lain ada pada fitur hashtag. Fitur ini memungkinkan Anda menemukan seseorang lebih cepat melalui input hashtag yang sangat menggambarkan silsilah keluarga. Misalnya dengan mengetikkan nama marga atau lainnya.

4. My Heritage

My Heritage

Tidak seperti aplikasi silsilah sebelumnya, My Heritage menawarkan pengalaman yang lebih praktis dengan membuat pohon keturunan secara online. Anda pun jadi semakin terbantu melalui fitur pencarian informasi detil mengenai leluhur hanya dengan mengetikkan nama.

Baca juga  Berkenalan dengan 5 Perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12

Uniknya, bukan hanya anda saja yang bekerja membuat skema chart. Aplikasi juga akan menginformasikan Anda setiap kali menemukan perkembangan terkini dan langsung membangun koneksi pohon keluarga yang baru.

Karena berbasis online, anda akan diminta untuk terlebih dulu mencoba 14 hari free trial. Dan agar data terekam ke dalam database pribadi, manfaatkan juga fitur konversi laporan ke dalam ekstensi PDF. Yuk coba dulu aplikasinya dengan kunjungi laman resminya di sini!

5. ScionPC

ScionPC

Aplikasi rekomendasi lainnya adalah ScionPC yang ramah untuk penggunaan via desktop Windows. Melalui sistem yang didesain apik, tampilan layar yang menyajikan informasi pun sangat intuitif. Jadi cocok sekali bahkan untuk pemula sekali pun.

Anda juga bisa mencoba fasilitas input file GEDCOM sekaligus melakukan penyusunan serta pembersihan yang integratif. Dan barangkali inilah aplikasi super tepat bagi Anda yang hanya membutuhkan skema pohon keluarga sederhana.

Akselerasi kerja sistemnya cepat dan dokumentasinya pun terbilang cukup mumpuni. Namun yang paling penting aplikasi bisa diperoleh secara gratis melalui banyak sumber. Menarik, bukan? Salah satu sumbernya, Anda bisa gunakan link unduhan ini.

6. Ancestral Quest

Ancestral Quest

Cukup dengan Ancestral Quest seluruh data silsilah yang dibutuhkan langsung muncul tanpa memerlukan waktu lama. Ini berkat teknologi AQ’s built-in khusus untuk mencari informasi ke lebih dari 30 miliar rekaman database.

Kelebihan aplikasi silsilah ini akan Anda temukan pada hasil skemanya yang lengkap tersaji dalam berbagai standar. Mulai dari silsilah, keturunan keluarga, hingga basis timeline yang bisa anda lacak masanya.

Bila Anda penasaran lebih dalam dengan hubungan keluarga, boleh jadi aplikasi ini adalah yang terbaik. Karena di dalamnya Anda bisa sekaligus melacak dan menghubungkan saudara-saudara yang mungkin belum dikenal ke satu pohon individu yang sama.

Untuk saat ini, Ancestral Quest hadir dalam versi ke-16 yang bisa diinstal pada perangkat Windows atau Mac. Segera coba kebolehan aplikasi tersebut dengan klik tautan ini.

7. Silsilah Keluarga

Silsilah Keluarga

Dari namanya saja sudah bisa dipastikan aplikasi ini original hasil karya pemuda kreatif Indonesia. Untuk mengaksesnya cukup download secara gratis melalui PlayStore dan anda sudah bisa mencoba berbagai fasilitasnya.

Silsilah Keluarga menawarkan sistem pencarian yang sangat aplikatif dan mudah bagi pemula. Hanya dengan memasukkan nama, nama pasangan, alamat, dan nomor telepon, database akan mengumpulkan informasi seketika.

Fitur pohon keluarga sendiri bisa Anda unduh dan bagikan kepada seluruh saudara. Tampilan interface-nya pun menarik disajikan dalam banyak warna atraktif. Serta lengkap dengan grafik jumlah tingkatan keturunan.

Setelah mengetahui seberapa besar keluarga Anda, saatnya atur agenda acara keluarga cukup menggunakan aplikasi silsilah ini saja. Praktis dan mudah. Kunjungi laman unduhannya di Play Store atau dengan kunjungi tautan ini.

8. FamilySearch Tree

FamilySearch Tree

Masih berbasis Android, alternatif lain yang patut Anda coba selanjutnya adalah FamilySearch Tree. Konsepnya cukup simple namun dengan layar interface yang detail, sehingga memudahkan Anda mengakses semua fitur. Terlebih sudah lebih dari satu juta orang membuktikan keandalannya dengan rating tinggi yaitu 4.5.

Setelah sign up bahkan Anda pun bisa melacak sanak saudara yang berada di kawasan sekitar dan terdaftar pada aplikasi. Lalu agar semakin terhubung satu sama lain, aplikasi silsilah ini juga mengintegrasikan sistem komunikasi bersama pengguna lainnya.

Tak ketinggalan pastinya layanan visual pohon keluarga lengkap dengan seluruh informasi terkait. Untuk mengaktifkan aplikasi ini, pastikan kapasitas memori gadget mampu menampung sebesar 29 MB. Kalau sudah siap install aplikasinya, langsung saja klik tautan ini untuk kunjungi laman Play Store-nya, ya!

9. Family Tree Creator

Family Tree Creator

Tak kalah dari deretan sebelumnya, aplikasi silsilah keluarga kali ini juga berhasil meraih rating cukup tinggi versi Android PlayStore. Anda bisa buktikan sendiri dari fasilitasnya yang hanya fokus untuk membangun chart pohon keluarga tanpa banyak fitur membingungkan.

Foto yang tampil pun berukuran cukup besar, jadi sangat ramah bagi kalangan orang tua. Tampilan interface jelas dan minim ornamen membuat anda lebih cepat mengoperasikannya.

Setelah siap, foto dan informasi yang telah tersusun bisa anda kirim ke semua anggota keluarga dalam format PNG saja atau PDF. Karena tidak menyediakan layanan penelusuran keluarga, maka ini jadi efektif sekali bagi Anda yang hafal betul silsilah. Yuk, cicipi fitur-fiturnya pada tautan ini!

10. Ancestry: Family History

Ancestry: Family History

Aplikasi silsilah keluarga terakhir datang dari Ancestry.com. Kapasitasnya memang tergolong lebih besar dibanding brand lainnya. Akan tetapi hal ini terbayar dengan fiturnya yang menjanjikan saat mencari informasi leluhur.

Pada awal instalasi dari PlayStore Android Anda tidak akan dibebankan biaya apapun alias gratis. Nantinya setelah mendaftar, anda dapat memilih apakah tetap dengan versi tersebut atau paid subscription. Tapi, jangan khawatir karena untuk fasilitas-fasilitas dasar, kedua versinya tetap mendukung.

Tidak hanya tersedia dalam versi mobile, Ancestry juga bisa Anda coba melalui versi desktop dengan mengakses situs resminya. Silakan klik link ini jika ingin instal versi Android-nya.

11. MyHeritage: Family Tree & DNA

myheritage android_

Situs MyHeritage juga memiliki aplikasi Android dengan fitur-fitur yang tidak kalah lengkap. Tentu, lewat aplikasinya ini Anda juga bisa mencari dan menyusun silsilah keluarga.

Tak hanya itu, Anda pun dapat melakukan tes DNA dan mencari tahu lebih banyak informasi tentang leluhur Anda di masa lalu. 

MyHeritage: Family Tree & DNA juga memiliki fitur Deep Nostalgia yang memungkinkan Anda untuk melihat foto-foto dari para leluhur Anda. Unduh aplikasi MyHeritage: Family Tree & DNA di sini.

12. 23andMe

23 and me_

Aplikasi satu ini telah diunduh oleh 500.000 pengguna Android. Dalam aplikasi 23andMe, Anda dapat melakukan tes DNA dengan membeli alat tes yang tersedia. Setelahnya, Anda dapat mencari pengguna lain dengan DNA yang serupa di dalam aplikasi ini.

23andMe juga dapat menyusun pohon silsilah keluarga secara otomatis berdasarkan hasil tes DNA yang dilakukan. Dengan begitu, pengguna aplikasi ini akan dapat menemukan anggota keluarga lain, atau bahkan informasi leluhurnya secara cepat dan tepat. Coba aplikasinya di sini.

13. FamilySearch Get Involved

familysearch_

Aplikasi FamilySearch Get Involved memungkinkan penggunanya untuk mencari anggota keluarga atau leluhur dengan mudah.

Ya, dalam aplikasi ini, Anda dapat mencari anggota keluarga dengan nama yang dimilikinya. Aplikasi ini memiliki teknologi pemindai yang akan membantu Anda menemukan anggota keluarga dan leluhur yang dicari. 

Anda pun dapat memilih lokasi yang dirasa terkait dengan anggota keluarga Anda yang ingin dicari ini, lho. Unduh aplikasi FamilySearch Get Involved lewat link ini.

14. Findmypast

findmypast_

Aplikasi Findmypast dapat membantu penggunanya untuk mencari tahu tentang anggota keluarganya di masa lalu.

Aplikasi satu ini memiliki fitur unggulan berupa mesin pencari silsilah keluarga. Anda juga dapat menambahkan anggota keluarga yang masih ada saat ini ke dalam pohon silsilah keluarga di dalam aplikasi. 

Jika Anda memiliki dokumen penting berupa foto-foto dari para leluhur, semuanya bisa diunggah ke aplikasi ini, lho. Jadi, jika anggota keluarga jauh yang ingin mencari tahu tentang keluarga Anda dapat menemukan informasinya dengan mudah. Unduh aplikasi Findmypast di sini.

15. Quick Family Tree

quick family tree 1_

Aplikasi ini hadir untuk mempermudah Anda membuat silsilah keluarga melalui family tree. Anda dapat menambahkan beberapa anggota keluarga ke dalam pohon silsilah, lengkap dengan informasi seperti tanggal lahir dan jenis kelaminnya.

Dalam aplikasi ini, Anda pun tak perlu repot menyunting relasi antar anggota keluarga. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Hebatnya lagi, Anda tak perlu mendaftar untuk membuat silsilah keluarga dengan aplikasi ini. Unduh Quick Family Tree di sini.

Wah, menyenangkan sekali ya, bisa mengetahui siapa buyut dan seluruh keluarga, serta membuat pohon silsilah dengan mudah. Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin mencoba membuat pohon keturunan. Selamat mencoba!


https://actoncloud.com