15 Aplikasi Menggambar Terbaik di Smartphone Android


Punya smartphone canggih, tetapi masih menggambar di atas kertas? Mengapa tidak coba memanfaatkan smartphone Anda untuk menjadi “kertas gambar” yang ramah lingkungan? Terlebih jika smartphone Anda dibekali dengan stylus pen, tentu saja kegiatan menggambar di smartphone jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut ini Carisinyal akan membagikan daftar aplikasi menggambar di Android. Sebagian besar aplikasi yang akan kami rekomendasikan ini bisa diunduh secara gratis, lho. Mari manfaatkan aplikasi menggambar di smartphone Anda untuk membuat sketsa, gambar anime, atau lukisan.

1. ibis Paint X

ibis Paint X adalah salah satu aplikasi seni dan desain paling populer di Play Store. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dengan jutaan ulasan yang rata-rata bernada positif.

Di dalam aplikasi ini Anda akan menemukan lebih dari 2700 bahan, yang menyediakan lebih dari 4500 kuas, lebih dari 800 font, 78 filter, 46 nada layar, 27 mode pencampuran, proses perekaman gambar, fitur stabilisasi goresan, berbagai fitur penggaris seperti penggaris Garis Radial atau penggaris Simetri, dan fitur topeng kliping.

Selain itu, ibis Paint X juga memiliki kanal YouTube yang berisi banyak video tutorial untuk memudahkan para pengguna pemula. Masih ada banyak lagi fitur-fitur lain yang tidak disebutkan di sini. Langsung saja unduh aplikasinya.

2. SketchBook

SketchBook

Anda hobi dan gemar menggambar? Tak perlu menghabiskan banyak kanvas ataupun kertas. Di zaman modern saat ini pun Anda hanya butuh ponsel cerdas berbasis Android untuk mengkreasikan dan menuangkan segala ide Anda untuk menggambar.

Tentu Anda membutuhkan fasilitas menggambar di dalam smartphone Android Anda. Sketchbook bisa menjadi salah satu pilihan fasilitas yang tepat untuk Anda.

Aplikasi menggambar di Android ini bisa Anda manfaatkan untuk menggambar apapun. Anda juga bisa menikmati segala fitur yang akan membantu Anda untuk menggambar juga lho. Mau? Download aplikasinya di sini.

3. Flipaclip

flipaclip

Bagi yang suka membuat gambar animasi, Flipaclip adalah salah satu tempat yang bagus untuk memulai. Anda dapat membuat kartun, animasi film, dan merancang animasi unik dan menarik setiap harinya lalu membagikan kreasi animasi di YouTube, Instagram, TikTok, dan platform populer lainnya.

FlipaClip mampu memberikan pengalaman menggambar dan animasi terbaik dengan menyediakan kontrol sederhana dan intuitif yang mudah dipelajari.

Anda dapat mempelajari animasi foto dan animasi bingkai demi bingkai, menggambar dan mengubahnya menjadi gif animasi, atau menggambar di atas video untuk membuat video rotoskop.

Dengan kemampuan dan fitur-fitur keren yang dimilikinya, FlipaClip sejauh ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Mereka umumnya puas dengan apa yang ditawarkan aplikasi ini.

Baca juga  10 HP Buatan Cina Terbaik dan Paling Bagus (Juli 2022)

4. SketchAR

sketchAR

SketchAR adalah aplikasi seni dan desain di mana Anda dapat mengembangkan kreativitas Anda melalui pendekatan interaktif unik menggambar AR, pengeditan foto, dan gamifikasi. Aplikasi ini menggabungkan AR dan AI untuk mempercepat pengalaman belajar Anda dan membuatnya lebih menghibur.

Ada beberapa fitur unik yang ditawarkan oleh SketchAR. Seperti AR untuk menggambar di mana melalui kamera ponsel, Anda melihat sketsa AR di permukaan di depan Anda. Lalu dapat mengambil pensil dan ikuti garis virtual di kertas selangkah demi selangkah.

Fitur ini juga digunakan oleh seniman profesional untuk membuat skala sketsa ke permukaan seperti dinding.

Aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk belajar menggambar. Anda dapat memulai dengan set pemula atau mempelajari lebih dalam topik tertentu untuk meningkatkan keterampilan Anda, misalnya, dalam membuat potret atau anime.

5. MediBang Paint

MediBang Paint

Masih dengan aplikasi terbaik untuk menggambar, pilihan editor PlayStore, kali ini aplikasinya bernama MediBang Paint hadir menjadi salah satu pilihan cerdas bagi Anda yang suka gambar.

Di aplikasi ini, ada banyak tools juga fitur yang bisa membantu Anda untuk menggambar dengan mudah hanya dengan bermodal HP Android.

Beberapa tools yang bisa Anda gunakan seperti Airbrush, Pencil, Watercolor, G Pen, Mapping Pen, Sumi, Flat Brush, Round Brush, Acrylic, School Pen, Turnip Pen, Drawing Pen, dan masih banyak lagi.

Belum lagi Anda juga bisa menggambar komik dengan aplikasi besutan MediBang inc ini lho. Yang paling penting, Anda bisa mendownload aplikasi MediBang Paint secara gratis!

6. PENUP

penup

PENUP adalah aplikasi seni dan desain buatan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dari Korea Selatan: Samsung Electronics. Sejauh ini aplikasi telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna Android di seluruh dunia.

PENUP sendiri merupakan SNS kreatif berdasarkan gambar yang dihasilkan Pen. Fitur utamanya termasuk menggambar yang bisa dilakukan dengan mudah oleh penggunanya, mewarnai berbagai sketsa, dan Live Drawing di mana Anda dapat meningkatkan keahlian menggambar Anda dengan mengikuti video menggambar.

7. Picsart Color

picsart color

Picsart Color adalah sebuah aplikasi menggambar, melukis, mensketsa pilihan editor Play Store. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android dan salah satu rekomendasi terbaik menurut kami.

Picsart Color menawarkan rangkaian gambar lengkap dengan fungsionalitas yang luar biasa untuk pemula dan profesional. Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda untuk melakukan doodle pada selfie yang baru saja Anda ambil.

Baca juga  10 Tablet Samsung Terbaru dan Spesifikasinya (Agustus 2022)

Kuas cat yang dapat disesuaikan sepenuhnya, fitur menggambar simetris yang unik, dan kuas tekstur yang menakjubkan adalah tiga dari banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

8. Clip Studio Paint

clip studio

Digunakan oleh lebih dari 10 juta seniman di seluruh dunia, Clip Studio Paint merupakan aplikasi yang menawarkan semua fitur ilustrasi klasik, komik, dan alat animasi yang disukai oleh para profesional.

Lewat aplikasi ini Anda dapat membuat sapuan kuas ekspresif yang unik dan alami dengan lebih dari 30.000 kuas gratis dan premium yang dibuat oleh pembuat konten di seluruh dunia. Selain itu juga ia mendukung sensitivitas tekanan Samsung Galaxy S Pen, kompatibel dengan tablet grafis Wacom.

Di sisi lain, Anda dapat memacu diri Anda dan komunitas dengan kursus gratis di situs web resmi Clip Studio Paint dan saluran YouTube di mana tutorial baru diposting setiap minggu.

9. Concepts

concepts

Concepts adalah salah satu aplikasi seni dan desain pilihan editor. Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai ruang yang fleksibel untuk berpikir, merencanakan, dan berkreasi.

Di sini Anda dapat membuat sketsa ide Anda di kanvas tanpa batas, menulis catatan dan coretan dengan kemiringan + tekanan, menggambar papan cerita, sketsa produk, dan rencana desain. Concepts diklaim telah digunakan oleh orang-orang di Disney, PlayStation, Philips, HP, Apple, Google, dll.

Beberapa fitur yang dimiliki Concepts antara lain pensil, pena, dan kuas realistis yang merespons tekanan, kemiringan, dan kecepatan dengan penghalusan langsung yang dapat disesuaikan, kanvas tanpa batas dengan banyak jenis kertas dan kisi khusus, dan lain sebagainya.

10. PaperColor

papercolor_

Aplikasi PaperColor dapat Anda andalkan untuk mengasah kemampuan atau hobi menggambar. Di dalam aplikasinya terdapat ragam jenis fitur unggulan yang akan memudahkan Anda.

Contohnya seperti kuas cat, penggaris juga penghapus. Anda pun dapat menambahkan tandatangan dan tulisan tangan Anda setelah selesai menggambar atau melukis dengan aplikasi ini. Unduh PaperColor di sini.

11. Tayasui Sketches

tayasui sketches_

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menggambar layaknya pada kertas sungguhan, lho. Tayasui Sketches memiliki banyak tools untuk menggambar dan melukis. Beberapa di antaranya adalah pensil, brush akrilik, cat pastel, dan airbrush.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar dari galeri ponsel. Selain itu, Anda dapat membuat layer saat menggambar untuk memudahkan pekerjaan. Unduh aplikasi Tayasui Sketches di sini.

12. Drawing Desk

drawing desk

Dengan lebih dari 5 juta unduhan, Drawing Desk adalah aplikasi menggambar gratis untuk orang dewasa dan anak-anak di Android. Lewat aplikasi ini Anda dapat mulai menggambar, mencoret-coret, membuat sketsa, melukis, atau mewarnai di ponsel atau tablet Anda.

Baca juga  20 HP vivo Terbaru yang Rilis di Indonesia (Agustus 2022)

Drawing Desk memiliki beragam koleksi alat yang powerful seperti pensil, krayon, kuas cat air, kuas 3D, dll yang dapat membantu Anda untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan. Karenanya tak heran jika aplikasi ini mendapatkan rating yang bagus di Play Store.

Aplikasi Drawing Desk memiliki 5 mode menggambar seni digital pro, Meja Anak, Buku Sketsa, Meja Doodle, Buku Mewarnai, dan Meja Foto. Untuk anak-anak tersedia lebih dari 500 halaman mewarnai hewan, alfabet, angka, buah, dll.

13. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw

Adobe memang dikenal sebagai aplikasi yang paling populer untuk melakukan editing gambar bahkan untuk menggambar. Namun, ternyata Adobe tidaklah hanya tersedia di PC saja. Pasalnya, Adobe Illustrator Draw hadir di PlayStore sebagai salah satu aplikasi menggambar di Android.

Anda bisa melakukan zoom sampai 64x dengan menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu saja, Adobe Illustrator Draw menyuguhkan 5 variasi pens untuk Anda manfaatkan ketika sedang menggambar.

Tentu Anda juga bisa mengkreasikan gambaran Anda dengan aplikasi ini. Tertarik untuk mencobanya? Cukup klik di sini dan dapatkan aplikasinya secara gratis!

14. Infinite Painter

infinite painter

Infinite Painter adalah sebuah aplikasi untuk melukis yang telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Contoh dua kelebihan aplikasi ini adalah tersedianya lebih dari 160 preset kuas alami dan kemampuan untuk mentransform beberapa lapisan secara bersamaan.

Selain itu Anda juga dapat membuat kuas sendiri, mengganti pengaturan kuas dengan mudah. Tak hanya itu, kuas-kuas tersebut juga dapat berinteraksi secara realistis dengan tekstur kertas.

Selain itu, alat-alat yang dimilikinya juga terbilang bagus dan hebat. Anda dapat mencoba bereksperimen dengan empat jenis simetri, ada mode campuran Layers dan Photoshop, memungkinkan untuk menggambar pemandangan kota 3D dengan lima panduan perspektif berbeda, dan lain sebagainya.

15. Simple Drawing – Sketch

simple drawing_

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin mulai belajar menggambar. Simple Drawing – Sketch memiliki tools yang sederhana dan memudahkan Anda. Selain bisa menggambar objek dari nol, Anda pun dapat mengunggah gambar latar belakang untuk dipoles kembali dengan aplikasi ini.

Simple Drawing – Sketch telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android. Coba aplikasinya melalui tautan berikut.

Dengan aplikasi menggambar di Android ini, Anda bisa menyalurkan hobi menggambar Anda secara hemat dan mudah. Bahkan, hasil lukisan Anda bisa langsung dibagikan ke social media sehingga hasil karya Anda bisa dilihat oleh banyak orang.


https://actoncloud.com