15 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android


Dewasa ini, Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam hal. Misalnya, Anda memerlukan keahlian dalam berbahasa Inggris saat sedang bekerja, berpergian ke luar negeri, berselancar ke dunia maya, hingga bermain game.

Untuk pandai berbahasa Inggris, Anda tidak perlu merogoh dana ekstra untuk mengikuti sebuah kursus karena Anda bisa belajar Bahasa Inggris di Android, iPhone, atau bahkan laptop dan PC Anda, lho.

Melalui beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris ini, Anda bisa belajar grammar dan segala materi yang diperlukan agar Anda pandai berbahasa Inggris. Adakah aplikasi belajar bahasa Inggris offline? Temukan jawabannya di artikel ini.

1. Duolingo

*

Duolingo mengajarkan kita berbagai macam bahasa selain Inggris. Salah satu aplikasi wajib Android ini juga menyediakan bahasa Mandarin, Rusia, Polandia, dan masih banyak lagi. Duolingo membuat kegiatan belajar Bahasa Inggris terasa menjadi lebih mudah dan cepat.

Sama seperti Memrise, Duolingo turut menyediakan berbagai tingkat pembelajaran dengan kosa kata baru setiap hari. Anda juga bisa memilih topik untuk belajar Bahasa Inggris, mulai dari topik pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, dll.

Jika Anda belajar dengan menggunakan Duolingo setiap hari, Anda akan bisa berbicara Bahasa Inggris secara sederhana dan membaca tulisan berbahasa Inggris pada koran atau buku.

2. Memrise

Memrise

Di dalam Memrise, Anda akan fokus dalam belajar Bahasa Inggris dengan memahami kosa katanya terlebih dahulu.

Aplikasi ini menawarkan berbagai cara yang menarik dan kreatif untuk membuat penggunanya memahami setiap kosa kata yang diberikan, sehingga pengguna aplikasi ini bisa mengingat setiap kosa kata tersebut dengan mudah.

Selain memberikan interface yang sederhana, Memrise juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pengguna aplikasi ini lainnya untuk dapat bersama-sama belajar Bahasa Inggris.

Memrise menyediakan 30 tingkat pembelajaran. Sebagai pengguna Anda juga bisa memantau perkembangan Anda saat belajar dengan aplikasi ini.

3. Hello English

hello english

Di aplikasi Hello English, Anda bisa bebas memilih ingin belajar Bahasa Inggris dengan cara apa. Bisa dibilang Hello English adalah aplikasi dengan metode pembelajaran terlengkap. Dari mulai media teks berita, video, audio, game interaktif, hingga diskusi dengan guru, semua bisa dilakukan di sini.

Anda pun berkesempatan mempelajari 10.000 kata dalam bahasa Inggris untuk melatih vocab, lengkap dengan cara pelafalannya. Ingin beradu dengan pengguna aplikasi lainnya? Anda tinggal memainkan game multiplayer melawan ribuan orang lain yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Yuk coba aplikasi Hello English dengan klik link ini!

4. Rosetta Stone

Rosetta Stone

Kegiatan belajar grammar jadi lebih mudah dengan adanya salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris terbaik yang satu ini, yakni Rosetta Stone. Aplikasi untuk anak dan dewasa ini akan membuat Anda pandai berbahasa Inggris dengan lebih cepat. Interface yang sederhana dan didukung dengan ribuan kata yang bisa mengimprovisasi vocabulary Anda.

Baca juga  Inilah 10 Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Terbaik Tahun 2022

Aplikasi ini menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan seperti membuat satu kata dari kata yang lainnya, sehingga belajar Bahasa Inggris jadi terasa lebih mudah, nyaman, dan menarik. Rosetta Stone juga memberikan pembelajaran bahasa lain, seperti Perancis, Jerman, Italia, dan 19 bahasa lainnya.

5. HelloTalk

hello talk

Terkadang sebagian orang lebih suka langsung mempraktekkan agar semakin lancar berbahasa Inggris. Salah satu cara mempraktekkannya adalah dengan melakukan chatting dalam bahasa Inggris bersama native speaker, inilah yang ditawarkan oleh aplikasi HelloTalk.

Uniknya lagi, aplikasi ini tidak hanya menghadirkan bahasa Inggris melainkan ratusan bahasa lainnya, termasuk Korea, Jepang, Prancis, Mandarin, German, dan masih banyak lagi.

Walau medianya berupa chat, Anda juga masih bisa mempelajari listening berkat fitur voice to text yang dihadirkan aplikasi ini. Ingin melatih speaking? Tinggal kirim aja voice note atau bahkan telepon untuk bercakap langsung dengan native speaker. Menarik, bukan? Jangan lewatkan keseruannya, yuk unduh HeloTalk melalui link ini!

6. ABA English

ABA English

Ingin belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi dengan cara yang efektif dan diajar oleh native? Kalau begitu, Anda harus mencoba aplikasi bernama ABA English. Aplikasi terbaik pilihan editor PlayStore ini punya pembelajaran yang unik dan efektif melalui film-film bahasa Inggris yang menarik.

Bukan hanya itu saja, bahkan setiap orang yang belajar di ABA English ini akan ditempatkan berdasarkan levelnya. Untuk levelnya ada 6 level yang berbeda, yakni (1) Beginners, (2) Lower Intermediate, (3) Intermediate, (4) Upper Intermediate, (5) Advanced dan (6) Business.

Untuk mengetahui levelnya, sebelum mulai belajar, Anda akan diberi tes terlebih dahulu. Ingin tahu tesnya dan cara belajar di aplikasi ini? Bisa unduh aplikasinya di sini.

7. BBC Learning English

bbc learning english

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan metode belajar bahasa Inggris mungkin tidak asing dengan BBC News, channel berita berbahasa Inggris yang cukup umum dijadikan bahan pembelajaran bahasa Inggris. Nah, kini sudah ada aplikasi resmi dari BBC yang menawarkan berbagai lesson bahasa Inggris yang bisa dipelajari.

Pembelajarannya menggunakan media video yang bisa ditonton secara streaming atau diunduh terlebih dahulu. Untuk mengetes pengetahuan bahasa Inggris Anda, aplikasi ini juga menyediakan berbagai kuis yang bisa diisi.

Program-program yang tersedia akan di-update secara berkala, jadi tidak usah khawatir kehabisan materi untuk mengasah kemampuan Anda. Aplikasi BBC Learning English bisa diunduh secara gratis melalui link ini.

8. Babbel

babbel

Mempelajari bahasa Inggris akan terasa sulit jika kita tidak bisa meluangkan waktu banyak di sela-sela kesibukan. Oleh karena itu, telah hadir aplikasi Babbel yang menyediakan berbagai lesson singkat yang bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit saja.

Baca juga  10 HP Buatan Cina Terbaik dan Paling Bagus (Juli 2022)

Baik itu readinglisteninggrammar, maupun vocabulary, Anda bisa menguasai bahasa Inggris lebih baik lagi dari segala aspek. Bahkan, Anda pun bisa mempelajari bahasa Inggris berdasarkan konteks, seperti kondisi travelling, bisnis, dan masih banyak lagi. Unduh Babbel di sini.

9. Tandem

tandem

Bisa dibilang, Tandem adalah “Tinder” yang bisa mempertemukan dua orang. Bedanya, bukan untuk mencari jodoh melainkan untuk mencari partner belajar bahasa. Kuasailah bahasa Inggris dengan berkomunikasi langsung dengan teman, baik dalam bentuk chat ataupun telepon.

Tak hanya itu saja, fitur chat di aplikasi Tandem sudah mampu mengkoreksi kalimat dari ucapan yang dikirimkan sehingga kegiatan chatting tidak hanya menyenangkan namun juga mendidik. Penasaran dengan Tandem? Miliki aplikasi berguna ini dengan mengunjungi laman unduhannya.

10. EWA: Learn English & Spanish Language

ewa

Apakah Anda lebih suka belajar bahasa Inggris melalui novel, film, dan TV series? Jika iya, EWA hadir untuk mengemas potongan-potongan TV series dan novel ternama sebagai bahan pembelajaran yang mengasyikkan.

Potongan novel dalam bahasa Inggris juga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia secara kata per kata, jadi jangan khawatir tidak mengerti artinya.

Anda bisa melihat progres pembelajaran pada grafik yang disediakan untuk memudahkan Anda menentukan target, atau supaya membuat Anda lebih semangat lagi. Aplikasi EWA ini bisa ditemukan di Google Play Store atau dengan mengklik link ini.

11. ELSA

elsa_

ELSA adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah. Di dalam aplikasi ini terdapat kurikulum yang akan disesuaikan dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda.

Anda juga bisa berlatih untuk mengucapkan lebih dari 1000 kata dalam bahasa Inggris lewat aplikasi ini. Tenang, Anda tidak perlu takut akan membuat kesalahan pengucapan karena aplikasi ELSA akan langsung memberikan feedback dan mencontohkan ucapan yang benar.

Ada juga daftar frasa-frasa umum yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar bahasa Inggris menjadi lebih cepat dan mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Download ELSA secara gratis melalui link berikut.

12. Cake

cake_

Selanjutnya, ada Cake. Aplikasi satu ini telah diunduh oleh lebih dari puluhan juta pengguna Android yang ingin belajar bahasa Inggris. Dengan Cake, Anda dapat mengatur goal belajar harian untuk melatih kecakapan berbahasa Inggris Anda. 

Hebatnya, Anda tidak perlu belajar dengan cara lama yang terbilang membosankan. Ya, dalam aplikasi Cake Anda dapat mempelajari bahasa Inggris secara menyenangkan melalui vlog, film dan acara TV populer sekalipun.

Pembelajaran bahasa Inggris di aplikasi ini pun tidak terbatas hanya pada satu aksen saja. Jadi, Anda dapat memperluas pengetahuan tentang lebih dari satu aksen bahasa Inggris. 

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 6 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

Agar kemampuan Anda tetap terasah, aplikasi Cake menyediakan kuis yang bisa dikerjakan. Untuk menikmati banyak fitur unggulan lain dari aplikasi belajar bahasa Inggris ini, Anda dapat berlangganan Cake Plus.

13. LearnEnglish Podcasts

learnenglish podcasts_

British Council meluncurkan aplikasi belajar bahasa Inggris melalui podcast. Ya, dengan aplikasi satu ini, Anda akan mempelajari bahasa Inggris dengan mudah melalui audio, sehingga Anda bisa melatih kemampuan listening sekaligus.

Tidak hanya listening, tentu kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris pun akan terasah dengan belajar di aplikasi ini. Setiap podcast yang Anda dengarkan bahkan dapat diunduh. Jadi Anda dapat belajar bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun. 

Jika Anda kesulitan untuk memahami sebuah kata, Anda dapat menggunakan skrip audio interaktif dalam aplikasi. Ini memungkinkan Anda untuk mengulang kembali kata-kata yang sulit dimengerti tadi. 

Oh iya, British Council akan menambahkan episode podcast baru setiap minggu. Anda juga bisa mengerjakan latihan-latihan yang ada di dalam aplikasi untuk mempertajam skill berbahasa Inggris. Unduh LearnEnglish Podcasts di sini.

14. Words Booster

wordsbooster_

Aplikasi Words Booster juga cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Aplikasi Words Booster menyusun kata-kata yang bisa dipelajari ke dalam 40 kategori yang berbeda.

Anda bisa mempelajari kata-kata baru dengan cara mencocokan gambar dengan sebuah kata. Ini memang metode yang terbilang klasik, namun tetap menyenangkan untuk dicoba. Anda pun dapat mengajak teman untuk belajar bahasa Inggris bersama lewat Words Booster. Coba aplikasinya di sini.

15. eJoy

ejoy_

Sedikit belajar, ingat selamanya adalah tagline dari eJoy. Ya, lewat aplikasi ini Anda dapat belajar bahasa inggris sesuai dengan kemampuan dalam waktu 5 menit setiap harinya. Selama waktu belajar tersebut, Anda dapat memilih media apa yang ingin Anda pakai untuk belajar.

Anda dapat mempelajari bahasa Inggris lewat video, cuplikan film atau bahkan lagu-lagu favorit lewat aplikasi ini. Anda juga dapat mencari dan menyimpan setiap kosa kata baru yang ditemukan dalam media pembelajaran. 

Hebatnya lagi, media pembelajaran yang ada di dalam aplikasi ini dapat Anda unduh, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk belajar di lain waktu, meski tanpa koneksi internet sekalipun. Untuk mengasah kemampuan berbahasa, Anda bisa mengikuti kuis dan tantangan harian lain yang ada dalam aplikasi eJoy.

Itulah tadi aplikasi yang bagus untuk belajar bahasa Inggris. Meskipun tidak ada aplikasi buatan Indonesia, aplikasi belajar Bahasa Inggris ini bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa internasional tanpa perlu mengikuti kursus.

Mengingat kursus Bahasa Inggris membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka keberadaan aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi alternatif yang murah dan ekonomis untuk tetap mempelajari Bahasa Inggris.


https://actoncloud.com