Daftar Aplikasi Bawaan atau Bloatware di HP realme


Sebagai ponsel berstatus baru, ponsel ini memiliki berbagai jenis aplikasi bawaan. Aplikasi biasanya langsung menginstal sendiri. Hal ini cukup wajar untuk ponsel baru, termasuk HP.

Aplikasi yang diinstal ini dikenal sebagai Bloatware. Perangkat lunak virus sendiri didefinisikan sebagai perangkat lunak (perangkat lunak) atau aplikasi default. Bagi sebagian orang, aplikasi ini mungkin tampak mengganggu, terutama karena memakan ruang disk.

Namun, beberapa aplikasi bawaan ini sebenarnya memiliki fitur atau digunakan untuk kinerja ponsel. Oleh karena itu, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa atau tidak bisa di-uninstall. Karena jika aplikasi di uninstall maka akan terjadi kerusakan atau crash pada handphone.

Lantas apa saja aplikasi bawaan yang ada di ranah HP? Lalu apa fungsi dari aplikasi tersebut? Berikut beberapa daftar aplikasi atau malware standar HP beserta fitur-fiturnya. Dengarkan sampai akhir, oke?

Daftar dan Fungsi Area Aplikasi Default

Kini realme sudah memiliki antarmuka sendiri yaitu RealmUI. Namun, UI area ini tidak sepenuhnya independen, melainkan dikembangkan berdasarkan ColorOS 7. Jadi, tidak semua aplikasi stok atau malware di HP Realme berasal dari RealmeUI, tetapi juga berasal dari ColorOS. Berikut beberapa Bloatware yang ada di HP Realme.

Aplikasi ini tentunya berfungsi untuk melakukan panggilan menggunakan kartu provider yang digunakan. Anda juga dapat melakukan panggilan menggunakan kode khusus dari penyedia. Anda kemudian dapat melihat aktivitas panggilan yang terjadi. Karena fungsinya, aplikasi ini tidak bisa dihilangkan dari area HP Anda.

Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan percakapan dalam bentuk SMS atau MMS. Seperti aplikasi ponsel, aplikasi ini tidak dapat dihapus dari ponsel.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengakses atau mengunjungi website di internet. Untuk menggunakannya, Anda memerlukan kuota internet atau Wi-Fi. Padahal, aplikasi bawaan ini bisa dihilangkan karena ada aplikasi sejenis browser lain yang bisa digunakan.

Baca juga  Perbedaan POCO F3 GT danĀ  POCO F4 GT Yang Harus Kamu Ketahui

Tentunya aplikasi ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai file seperti foto, video atau GIF. Meskipun ada aplikasi lain yang dapat menggantikan Galeri, sebaiknya jangan mencopot pemasangan aplikasi ini secara default agar tidak merusak ponsel atau file di dalamnya.

Wajar jika ponsel memiliki aplikasi kamera bawaan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil foto atau merekam kejadian di sekitar Anda. Aplikasi bawaan ini tidak dapat dihapus dari ponsel asli Anda.

Aplikasi ini merupakan aplikasi alternatif untuk mencari dan mendownload aplikasi lainnya. Sebagai aplikasi bawaan, tentunya aplikasi ini sangat aman untuk digunakan. Hanya saja tidak jarang aplikasi ini menampilkan iklan yang seringkali membuat pengguna khawatir. Namun, Anda dapat menghapus aplikasi ini dan menggunakan aplikasi lain sebagai alternatif.

Aplikasi bawaan ini sangat berguna untuk mengatur berbagai sistem HP.

Seperti namanya, aplikasi ini menampilkan informasi waktu. Atau, Anda juga dapat menggunakan fungsi stopwatch, timerdll.

Aplikasi ini sebenarnya memiliki fitur yang bagus untuk area HP Anda. Aplikasi ini bertanggung jawab untuk mengelola ponsel Anda dengan membersihkan memori, memindai virus, mengelola aplikasi, dan sebagainya. Anda dapat menghapus aplikasi ini, tetapi itu akan membahayakan keamanan ponsel Anda yang sebenarnya.

Aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Galeri. Namun, aplikasi ini memiliki lebih banyak fitur. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menyimpan berbagai jenis file: foto, video, dokumen, audio, dan sebagainya.

Aplikasi ini memiliki fungsi menyimpan kontak yang berisi nomor handphone, nomor kantor, alamat dan lain sebagainya. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, aplikasi ini tidak bisa dihilangkan dari area HP Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam audio saja. Anda dapat menyimpan, mendengarkan, dan berbagi rekaman audio.

Baca juga  Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme Pad Mini

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat penting bagi pengguna yang membutuhkannya. Karena aplikasi ini dapat membantu dalam menampilkan arah, menentukan koordinat dan lain sebagainya.

Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fitur kalkulator. Anda dapat menggunakannya sebagai alat untuk menghitung angka atau angka yang tersedia di aplikasi.

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang cukup menarik. Anda dapat dengan cepat dan aman mentransfer data dari perangkat lain. Data yang dikirim bisa berupa kontak, pesan, data sistem, aplikasi, dan sebagainya.

Aplikasi yang satu ini didesain untuk mengunci layar HP asli. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan status tombol memaksa atau jika tombol tidak lagi berfungsi.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat berguna, terutama bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Pasalnya, aplikasi ini akan menyediakan paket data dari operator lokal di berbagai negara. Dengan demikian, Anda dapat mengakses Internet di negara ini tanpa kartu SIM.


https://actoncloud.com