Catat! Pengertian Refund, Prosedur Pengajuan dan Contohnya


Sebagai konsumen, kita sering mendengar kata tersebut pengembalian. Tapi apa Namun sebenarnya pengertian kembali saya sendiri? Apa bedanya dengan pengembalian?

Dapatkan segera penjelasan lengkapnya di artikel keuangan saya berikutnya!

Ringkasan:

  • kembali ini dapat berupa refund atau pengembalian barang tergantung dari keadaan pemilik usaha dengan alasan tertentu.
  • Setiap toko memiliki aturan dan peraturan tentang kembali. Metode pengiriman juga berbeda antara toko biasa dan perdagangan elektronik.

Definisi kembali

Dalam Bahasa Inggris, kembali berarti kembali. Umumnya, kembali adalah pengembalian dana dari penjual kepada pembeli yang mengajukan penolakan pembelian.

kembali terkait dengan pengembalian uang yang telah dibayarkan pelanggan dalam suatu transaksi karena berbagai alasan.

Misalnya pembeli memutuskan membatalkan pembelian, terjadi kesalahan pengiriman, kerusakan barang yang bukan akibat kelalaian pembeli, dan sebagainya.

Sebenarnya tidak semua Pemilik bisnis untuk menyediakan layanan kembali. Karena itu, pelanggan akan lebih menghargai pemilik bisnis yang menyediakannya lebih banyak. kembali.

Namun, pemilik bisnis biasanya memiliki persyaratan tertentu bagi pelanggan yang ingin mengajukan pengembalian dana..

Dengan cara ini, pemilik bisnis dapat mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan tanpa kerugian yang besar akibat layanan refund..

Jenis kembali

Saat latihan, kembali tidak selalu dalam bentuk uang. Dari jenis pengembalian, menjadi dua kategori, antara lain:

#satu kembali Dana

kembali Pembiayaan adalah praktik pengembalian dana atau uang yang diterima oleh penjual dari pembelian kepada pembeli yang membatalkan pesanan.

Dalam hal ini, pemilik usaha akan mengembalikan uang kepada nasabah baik seluruhnya atau sebagian, tergantung kondisi. ditetapkan oleh penjual.

Dalam bisnis penjualan produk, Pemilik bisnis dapat mengembalikan uang secara utuh sesuai dengan jumlah yang dibelanjakan pembeli selama transaksi.

Hal ini bisa Anda lakukan selama barang yang dikembalikan pembeli tidak rusak karena kesalahan pembeli.

Sebaliknya, pembeli harus mengembalikan barang yang mereka beli untuk pengembalian dana..

Sedangkan untuk bisnis jasa, pelanggan hanya mendapatkan kembali sebagian kecil dari uang yang mereka bayarkan.

Alasannya, dalam industri jasa, pelanggan tidak hanya membeli jasa yang ditawarkan penjual, tetapi juga waktu untuk menyediakan jasa tersebut.

[Baca Juga: 6 Contoh Surat Tanda Terima Barang Sederhana (Lengkap)]

#2 kembali Produk

Seperti namanya, pemandangan kembali barang tidak diproduksi dalam bentuk uang, tetapi pemilik usaha menukarnya dengan barang lain yang nilainya setara.

Biasanya dikembalikan Produk terjadi karena kesalahan pelanggan saat memesan varian produk yang diinginkan.

Misalnya, pelanggan yang awalnya ingin membeli kemeja biru, tetapi memilih kemeja abu-abu saat checkout.

Contoh pengembalian lainnya barang, yaitu ketika pembeli tidak puas dengan kualitas barang yang diterimanya karena beberapa alasan.

Dalam hal ini, pemilik bisnis dapat menawarkan pengembalian dana produk sehingga pelanggan bisa mendapatkan produk yang benar-benar mereka inginkan.

Prosedur aplikasi kembali

Selain mengetahui artinya dan kayaknya, Sobat Finansial juga perlu tahu tata cara pengajuannya kembali.

Sebenarnya pengajuan pengembalian dana sama dengan barang ini tidak sulit, hanya butuh waktu yang cukup lama untuk akhirnya mendapatkan uang kembali.

Misalnya, dalam hal pembelian tiket pesawat, permintaan refund sangat tergantung pada berapa banyak uang yang dikembalikan maskapai.

Jika Anda melakukan pengembalian mendekati waktu pemberangkatan, hanya sekitar 50% dana yang dikembalikan atau tidak bisa dikembalikan sama sekali. Selain itu, pengembalian uang tiket biasanya memakan waktu 30-45 hari kerja.

[Baca Juga: 10+ Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Untung Setiap Hari!]

Pengajuan di toko Perdagangan elektronik

Sedangkan saat berbelanja bahan makanan di toko perdagangan elektronikbiasanya pelanggan harus menyalakan video ketika Anda membuka produk (membongkar).

Durasi pengembalian pembelian on line, dapat memakan waktu 2 hingga 14 hari kerja, tergantung pada jenis tanda terima. Misalnya transfer menggunakan kartu kredit, kartu debit atau dompet digital.

Jadi, pastikan Anda meminta toko atau aplikasi untuk menerima dana. perdagangan elektronik serta layanan pelanggan.

[Baca Juga: 5 Fashion E-Commerce Terbaik yang Harus Anda Tahu]

Contoh kembali dalam transaksi

Dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa sebenarnya ada banyak contoh pengembalian. yang dapat kita temukan dalam proses jual beli, seperti biasa, dan di on line.

Untuk transaksi jual beli on line melalui platform pasar, misalnya saat Anda membeli produk elektronik. Ternyata setelah diterima, produk tidak sesuai dengan deskripsi di toko.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan fungsi pengembalian dana di platform. pasar apa yang kamu gunakan.

Jika proses pengembalian Anda telah mendapat persetujuan dari penjual, maka Anda dapat mengirimkan kembali barang yang diterima kepada penjual.

Setelah penjual menerima barang, penjual dapat menyetujui pengembalian. dan mengirimkan pengembalian dana sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Contoh dalam transaksi biasa

Dalam transaksi penjualan normal, contoh retur ketika pembeli memutuskan untuk mengembalikan produk yang dibeli kepada penjual.

Biasanya, pembeli harus menunjukkan kuitansi pembelian kepada penjual pada saat pengiriman. kembali sehingga proses dapat diverifikasi.

Setelah penjual menyetujui aplikasimaka penjual akan mengembalikan biaya barang tersebut.

Perbedaan kembali sebaik kembali

Dari penjelasan dan contoh di atas, kita sudah bisa mengetahuinya kembali sebaik pengembalian Tidak sama.

kembali terjadi apabila penjual mengembalikan uang kepada pembeli karena alasan penolakan pembelian sebagian atau seluruhnya.

Sementara pengembalian atau penukaran barang terjadi pada saat pembeli mengembalikan produk yang dibelinya dan menukarnya dengan produk yang baru.

Hal ini mungkin terjadi karena perbedaan antara barang yang dibeli dan barang yang diterima pelanggan.

[Baca Juga: 3 Tips Bisnis untuk Pertahankan Eksistensi, Yuk Terapkan!]

Jangan lupa siapkan budget untuk pembelian barang

Demikian pembahasan lengkap seputar keuangan saya kembali Apa yang perlu Anda ketahui. Biasanya, platform pasar fitur telah disediakan kembali juga tidak pengembalian bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Jadi teman-teman keuangan saya tidak perlu khawatir tentang belanja. on linekarena Anda dapat menggunakan fungsi tersebut Jika barang yang Anda terima tidak sesuai.

Jika berbicara tentang membeli barang, ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu menyiapkan anggaran untuk pembelian barang. Jangan sampai Anda memaksakan persyaratan keuangan dan pada akhirnya Anda harus melakukannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat menjelajahi tips lengkap melalui buku elektronik bebas dari keuanganku Cara membeli barang mahal tanpa utang. Klik pada spanduk per unduh ebook-dia, ya.

E-book Iklan spanduk E-book Cara membeli barang mahal tanpa hutang (dana untuk membeli barang) Internet

Ini adalah informasi tentang pengembalian dana dari keuangan saya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin berbelanja online ya.

Bagikan juga informasi agar orang lain dapat mengetahui apa itu return dan apa bedanya dengan return. terima kasih

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Anindyadevi Aurelia. 15 Oktober 2022 Pengantar reimbursement: fungsi, jenis dan kondisi. Detik.com – https://bit.ly/3Hle83f
  • Pelatihan terakhir. 05 Mei 2022 Kembali…? Apa perbedaan antara pengembalian dana dan pengembalian dana? Majoo.id – https://bit.ly/3Y9yceX
  • Niko Ramadani. 07 Februari 2022 Kembali: definisi, contoh dan prosedur. Acceleran.com – https://bit.ly/3hmn79A
  • Sylvia Reni. 09 Mei 2022 Pengembalian: definisi, kebijakan, persyaratan, dan contoh. Ekrut.com – https://bit.ly/3uC3cXt




https://actoncloud.com

Baca juga  Ikuti 3 Cara Screenshot di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Ini