Pengertian, Tugas hingga Prospek Karirnya


Teman keuangan saya ayoapa kenalan Asisten pribadijenis, tugas, keterampilan suatu keharusan bagi prospek karir PA.

Baca selengkapnya di artikel berikutnya “Keuangan saya”. Ya!

Ringkasan:

  • Profesi Asisten pribadi ada peran dalam perusahaan yang tanggung jawabnya cukup besar dan perlu dikuasai keterampilan spesial.
  • Selain perusahaan, profesi ini juga bisa bekerja untuk artis atau public figure.

Apa itu asisten pribadi?

asisten pribadi kita sering mengartikan sama dengan sekretaris. Padahal, sekretaris bekerja sementara di tim atau departemen. Asisten pribadi bekerja untuk individu.

Pada dasarnya, Asisten pribadi seseorang yang menjalankan tugas “tangan kanan” seseorang, biasanya memegang posisi tinggi di perusahaan.

PA bekerja untuk membantu individu tertentu dalam tugasnya, baik profesional maupun pribadi.

Kehadirannya juga akan membuat pekerjaan atasan yang tidak terlalu mendesak menjadi lebih mudah sehingga dia bisa lebih fokus pada pekerjaan yang penting dan strategis.

Misalnya PA yang berjalan terus CEO di perusahaan.

asisten pribadi Dia akan bertanggung jawab untuk menyimpan buku harian serta rapat dan janji temu, serta mengontrol akses ke rapat dengan para eksekutif.

Selain itu, dia juga bekerja sama dengan staf manajemen perusahaan untuk melakukan tugas administrasi dan kesekretariatan.

Jenis asisten pribadi

Sebagai orang yang bekerja untuk individu, pekerjaan asisten pribadi tentu menyesuaikan dengan ruang lingkup masing-masing atasan. Dalam pelaksanaannya, PA memiliki beberapa jenis, antara lain:

#1 Asisten pribadi pribadi

asisten pribadi pribadi bekerja untuk mengurus urusan pribadi dari atasannya.

PA jenis ini akan membantu atasannya dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari mengatur jadwal harian, membantu acara keluarga hingga mengatur pertemuan antar rekan kerja.

Atasan juga bisa dari berbagai kalangan, seperti manajer, ibu rumah tangga, dan lain-lain.

[Baca Juga: Konsultan Keuangan: Tugas, Biaya, dan Cara Memilihnya]

#2 asisten pribadi artis

Teman keuangan saya pasti sudah tahu bahwa artis atau publik figur selalu punya seseorang Asisten pribadi.

PA harus siap menemani bos 24 jam dari satu set ke set lainnya. Selain itu, PA pelukis juga harus siap berhadapan dengan wartawan, pekerja televisi, sementara penggemar dari pihak berwenang.

#3 Asisten pribadi eksekutif

Tidak seperti jenis lainnya, PA manajer melakukan tugas untuk atasan yang bekerja dalam bisnis atau orang-orang penting. Misalnya, CEO atau direktur di tingkat dewan.

Sebagai PA eksekutif, mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang perusahaan.

Tidak hanya itu, mereka juga perlu mengetahui siapa saja orang-orang penting lainnya di perusahaan tersebut.

[Baca Juga: Mengenal Definisi Chairman, Tanggung Jawab dan Tugasnya]

sebuah tugas asisten pribadi

Seperti yang disebutkan dalam Keuangan Saya, Asisten Asisten bertanggung jawab untuk membantu seseorang dengan posisi tinggi dengan masalah yang tidak terlalu mendesak.

PA juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda tergantung pada atasannya. Namun secara umum, tugas dan tanggung jawab termasuk:

#1 Kelola Jadwal Bos

Tugas pertamanya adalah merampingkan dan mengatur jadwal bos. Sebagai PennsylvaniaAnda harus bisa merencanakan berbagai jadwal para atasan, seperti rapat dan pertemuan penting, agar tidak ada jadwal yang bentrok.

#2 Sebagai fasilitator komunikasi untuk atasan

asisten pribadi juga berfungsi sebagai kontak pertama bos dengan pihak lain seperti mitra bisnis, pelanggan, atau divisi internal perusahaan lainnya.

Makanya salah satu tugasnya harus menjadi bos perantara komunikasi yang paling efektif.

#3 Organisasi dokumen

Lebih-lebih lagi, Asisten pribadi juga bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengatur dokumen atasannya.

Ini biasanya mengacu pada dokumen perjalanan bisnis yang akan dijalankan pada file proyek atau kolaborasi saat ini.

[Baca Juga: 5 Contoh Surat Dinas Terlengkap untuk Berbagai Keperluan]

# 4 Mengatur pertemuan

Selain penjadwalan bos, PA juga harus mengatur pertemuan bos. Dimulai dengan menyiapkan ruang pertemuan dan diakhiri dengan penyediaan semua persyaratan yang diperlukan untuk mengadakan pertemuan.

Sebelum memulai rapat, PA harus memastikan bahwa semua komponen pertemuan telah siap dengan kondisi aman dan nyaman.

# 5 Membuat menit

Akhir, Asisten pribadi disajikan untuk ambil catatan tentang kemajuan pertemuan dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang. Dalam hal ini, dia dapat bekerja sama dengan asisten perusahaan.

keterampilan Harus punya

Setelah melihat tugas dan tanggung jawab seorang PA di atas, pasti teman-teman keuangan menganggap pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

Selain itu, PA disebut “tangan kanan” atasannya. Karena itu, perlu keterampilan berspesialisasi dalam melakukan semua pekerjaan dengan benar dan benar.

Ini beberapa keterampilan harus punya:

Kemampuan Manajemen Waktu #1

keterampilan Hal pertama yang harus dimiliki asisten pribadi adalah menjaga agar jadwal penyelia tetap teratur dan bebas konflik.

Kemampuan organisasi dan manajemen waktu ini sangat penting karena PA harus mampu mengatur semua jadwal atasan secara efisien dan efektif.

Selain itu, asisten pribadi juga harus bisa mengatur waktunya agar tugas-tugas pribadinya dapat dilakukan dengan baik dan tidak “dilupakan”.

[Baca Juga: 7+ Soft Skill Paling Dicari 2022, Cari Kerja Bisa Lebih Mudah!]

#2 Keterampilan komunikasi lisan dan tertulis

Kemampuan kedua adalah komunikasi, baik lisan maupun tulisan.

Pasalnya, PA akan sering bertemu dengan orang-orang penting, berkorespondensi, melakukan presentasi, atau menulis laporan dan risalah.

Untuk itu, PA membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat memahami dan mengikuti instruksi, serta menyampaikan informasi dengan jelas kepada mereka yang berkepentingan.

#3 Menguasai teknologi terkait pekerjaan

Tidak hanya keterampilan lunaksebuah Asisten pribadi juga harus memiliki kemampuan baik. Salah satunya adalah literasi teknologi dengan menguasai berbagai hal. perangkat lunak terkait pekerjaan.

Perangkat lunak berarti seperti perangkat lunak pengolah kata, pengolah angkaspreadsheet), prosesor slide presentasi Basis data dan kalender.

#4 Perhatikan baik-baik setiap detail pekerjaan

DAN Asisten pribadi Tentu saja, Anda harus sangat teliti dalam tugas Anda sebagai asisten pribadi.

Jika ada jadwal atau pekerjaan yang terlewat akan mengganggu alur kerja dan mengurangi profesionalisme atasan Anda.

#5 Dapat Menjaga Privasi Perusahaan

Sebagai orang yang bekerja untuk orang-orang penting di posisi tinggi, mungkin mereka akan mengetahui isu-isu sensitif yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Apalagi PA juga akan mengetahui beberapa rahasia pribadi atasan, dokumen penting dan perjanjian antara atasan dan klien.

Untuk itu, PA harus dapat menjaga kerahasiaan perusahaan, berhati-hati, dan dapat dengan tenang menanggapi serta melindungi setiap informasi rahasia yang diterima.

Prospek karir

Prospek karir di PA tentu sangat menjanjikan.

Jika teman keuangan saya dapat meningkatkan pengetahuan bisnis dan manajemen, Anda dapat menjadi asisten pribadi eksekutif atau sekretaris perusahaan.

Gaji Asisten pribadi juga cukup menjanjikan yang berkisar dari Rs 4.700.000 hingga Rs 7.000.000 tergantung pada pengalaman Anda dan dengan siapa Anda bekerja.

[Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan dari Gaji UMR, Pasti Bisa!]

Tertarik untuk menjadi satu asisten pribadi?

Sekarang, Ini adalah gambaran singkat tentang profesi PA yang harus teman-teman keuangan ketahui.

Jika teman-teman keuangan tertarik dengan profesi ini, pastikan Anda sudah memilikinya. keterampilan apa yang diperlukan untuk menjadi asisten pribadi tepercaya.

Sahabat keuangan juga harus bisa mengatur keuangan menjadi nilai tambah sebagai asisten pribadi.

Jangan khawatir karena keuangan saya eBuku hal-hal menarik yang dapat menambah pengetahuan Anda tentang manajemen keuangan.

Melalui E-book Cara mengelola keuangan dengan mudahTeman keuangan saya dapat dengan mudah mengelola arus kas dan memahami solusi untuk mengurangi biaya.

ayounduh eBukuini salju!

eBuku gratis! Cara mengelola keuangan dengan mudah

Ingin menjadi asisten pribadi? Jelajahi tugas dan tanggung jawab serta keterampilan yang perlu Anda miliki dalam artikel keuangan saya di atas.

Jangan lupa untuk berbagi informasi dengan orang-orang terdekat dan ajak mereka mengelola keuangan dengan baik melalui aplikasi My Financial. Mungkin bisa membantu. Terima kasih.

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Putri Prima. 22 September 2022 Kenali asisten pribadi, tanggung jawab, gaji, hingga jenjang karir. Kitalulus.com – https://bit.ly/3jD5bsk
  • Niko Ramadani. 16 November 2022 Asisten pribadi: makna, tugas, dan keterampilan yang diperlukan. Akseleran.co.id – https://bit.ly/3PYRuQm




https://actoncloud.com

Baca juga  Pengertian dan Perbedaan Kurva Permintaan dan Penawaran