Pengertian, Jenis, dan Komponen yang Dibutuhkan


Berikut adalah panduan lengkap untuk membuat rencana bisnis atau business plan yang sangat penting sebagai langkah awal dalam memulai usaha atau wirausaha.

My Finance akan memberikan contoh rencana bisnis dan membahas hal-hal yang harus ada dalam rencana bisnis atau rencana bisnis.

Apa itu rencana bisnis atau Rencana bisnis?

Rencana bisnis atau rencana bisnis itu adalah pernyataan tertulis formal tentang tujuan bisnis dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.

Faktanya, banyak orang tidak menulis rencana bisnis saat akan terjun ke bisnis. Beberapa orang percaya bahwa hal terpenting dalam bisnis adalah mengelolanya.

Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini?

Menurut pendapat pribadi penulis, saya sangat setuju bahwa salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah menjalankan atau lakukan saja.

Tetapi pergi tanpa rencana itu tidak bijaksana. Apakah rencana bisnis atau rencana bisnis dapat menjamin bahwa bisnis akan berhasil? Tentu saja, tidak ada kepastian.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan, perlu kita ketahui bahwa money management merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis. Berkat hal tersebut, Financialku.com bersama Jurnal.id dihadirkan EBuku Judul gratis: Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis. Dapatkan secara gratis dengan mengklik tombol berikut:

Unduh eBuku Gratis Pentingnya Manajemen Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - My Financial Journal

Jadi mengapa kita perlu menulis rencana bisnis atau rencana bisnis? Sebelumnya, sebuah artikel telah ditulis tentang Keuangan tentang mengapa Anda perlu menyusun rencana bisnis secara mendetail. Beberapa alasan mengapa kita membutuhkan business plan atau rencana bisnis adalah:

Cetak biru

Rencana bisnis atau rencana bisnis Mungkin segel biru Urusanmu. Apa tujuan (visi) perusahaan yang akan kita buat?

Bagaimana cara mencapai tujuan ini? Siapa yang ada di tim? Kapan sebuah bisnis dapat mulai memenuhi tujuannya?

Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda perlu menulis rencana bisnis atau rencana bisnis:

  1. Kejelasan bisnis yang akan kita lakukan.
  2. Mengetahui struktur dan strategi perusahaan.
  3. Dapatkan deskripsi terperinci tentang pasar.
  4. Mengetahui cara mempromosikan bisnis.
  5. Mengeksplorasi ide atau pemikiran awal.
  6. Menguji kalkulasi bisnis.
  7. Menyempurnakan sistem operasi.
  8. Kenali pesaing Anda

Sumber pembiayaan

Sumber pendanaan dari pihak ketiga seperti bank, investor atau modal ventura memerlukan dokumen tertulis untuk menentukan bisnis yang akan dibuat.

Akibatnya Tantangan pertama bagi wirausahawan masa depan adalah menulis rencana bisnis atau rencana bisnis penjual.

Ada banyak versi yang menjelaskan rencana bisnis dan bisnis. Salah satunya adalah pendapat Garrett Sutton.

Garrett Sutton adalah pakar dan penulis hukum komersial. ABC Menulis Rencana Bisnis yang Sukses.

Dia menyebutkan itu “Bisnis adalah rencana, bukan produk atau prosedur.”

Perencanaan bisnis harus menjawab 3 pertanyaan penting bagi investor atau pemberi pinjaman:

  1. Bisakah saya menghasilkan uang dengan berinvestasi di bisnis ini? Pertanyaan ini ingin mencoba meyakinkan investor atau pemberi pinjaman tentang risiko dan keuntungan jika mereka berinvestasi di bisnis kita.
  2. Apakah saya menyukai dan memahami bisnis yang saya investasikan?
  3. Apakah saya mempercayai orang yang saya investasikan?

Komunikasi dengan semua pemegang saham

Mungkin bisnis yang kita bangun memiliki banyak pihak yang terlibat, seperti banyak mitra bisnis. Akibatnya rencana bisnis dapat kita gunakan untuk memberikan persepsi bisnis yang sama

Jenis rencana bisnis

Sebelum memahami dasar-dasar penulisan business plan, tentunya alangkah baiknya jika Anda memahami apa saja jenis-jenis business plan yang ada. Beberapa jenis rencana bisnis antara lain:

  1. Rencana bisnis strategis

  2. Rencana bisnis pemula

  3. Rencana bisnis operasional

  4. Rencana pengembangan bisnis

  5. Rencana bisnis pertumbuhan

Apa dasar-dasar rencana bisnis atau Rencana bisnis?

Semua yang perlu kita tulis atau miliki dalam rencana bisnis atau rencana bisnis. Selanjutnya penulis akan mencantumkan beberapa hal yang harus ada.

Penjelasan rinci dari setiap bagian akan dibahas dalam artikel berikutnya.

Business Plan: Contoh dan Panduan Penyusunan (Lengkap) 02

Ringkasan bisnis plan

Rangkuman tersebut menceritakan tentang bisnis apa yang akan kita buat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya, bagian ini adalah kesimpulan dari rencana bisnis atau rencana bisnis.

Salah satu caranya adalah dengan menulis rencana bisnis atau rencana bisnis penjualan untuk ringkasan penjualan.

sejarah perusahaan

Business Plan: Contoh dan Panduan Pembuatan (Lengkap)

[Baca Juga: Apa Itu Proposal Usaha?  Lengkap Dengan Contohnya ]

Sejarah perusahaan memberi tahu kita tentang data perusahaan, orang-orang di balik bisnis kita, struktur organisasi, konsultan atau ahli yang menyertainya, komposisi pemegang saham (berlaku jika bisnis terdaftar secara hukum sebagai perseroan terbatas).

Analisis pasar dan pemasaran

Business Plan: Contoh dan Panduan Pembuatan (Lengkap)

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha Dengan Investor]

Analisis pasar dan pemasaran menceritakan tentang strategi pemasaran produk kami. Selanjutnya, orang biasanya menggunakan rencana pemasaran (rencana pemasaran) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.

Analisis produksi

Analisis manufaktur menggambarkan sistem operasi bisnis kami. Misalnya, jika bisnis kita adalah jenis manufaktur atau manufaktur, kita perlu mengetahui bagaimana prosesnya mulai dari menerima pesanan, memproduksi, mendistribusikan barang, dan menagih.

Jika bisnis kita terkait dengan penyediaan layanan, kita harus menjelaskan dengan jelas bagaimana kita memberikan layanan kepada pelanggan.

Analisis sumber daya manusia

Business Plan: Contoh dan Panduan Pembuatan (Lengkap)

[Baca Juga: Ringkasan Eksekutif, Bagaimana Cara Membuatnya?]

Analisis sumber daya manusia menunjukkan orang seperti apa yang dibutuhkan, berdasarkan kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.

Bagi sebagian calon pengusaha, bagian ini biasanya dianggap remeh, padahal itu adalah salah satu hal yang menentukan kecepatan sebuah bisnis.

Analisis keuangan

Business Plan: Contoh dan Panduan Pembuatan (Lengkap)

Analisis keuangan berisi perkiraan (peramalan atau peramalan) pendapatan dan beban, laba atas investasi (titik henti peristiwa), pengembalian investasi (pengembalian investasi), menghitung penggunaan leverage (menggunakan) lainnya.

Rencana pengembangan bisnis

Rencana pengembangan usaha merupakan bagian yang dianggap penting oleh investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang kita lakukan. Rencana keluar disertakan atau strategi mundur dari bisnis kami.

resiko bisnis

Risiko bisnis adalah hal-hal yang terkait dengan risiko bisnis kami, antara lain, risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan.

Manajemen risiko bisnis terbatas tidak hanya pada identifikasi risiko, tetapi juga pada strategi kami untuk menangani risiko tersebut atau mengurangi dampaknya..

Kesimpulan

Sebelum memulai bisnis, luangkan waktu untuk menulis atau membuat rencana bisnis.

Dari pengalaman pribadi saat kita menulis business plan atau rencana bisniskita akan tahu seberapa besar keinginan kita untuk menjadi pemenang dan kesiapan psikologis untuk memiliki bisnis sendiri.

Apakah Anda memiliki masalah keuangan dalam bisnis dan membutuhkan strategi untuk mengembangkan bisnis Anda? Perencana Keuangan Keuangan saya siap membantu! Segera konsultasikan keuangan bisnis Anda dengan perencana keuangan bersertifikat saya.

Hubungi kami melalui Menu Financial Advice di aplikasi My Finansialku atau link berikut Financial Advice.

Anda juga dapat memesan konsultasi melalui whatsapp.

Kami akan sangat senang jika Anda ingin berbagi pengalaman atau pendapat Anda mengenai business plan atau rencana bisnis tersebut.

Saya harap kami dan para pembaca dapat belajar dari pengalaman atau pendapat Anda. Terima kasih.




https://actoncloud.com

Baca juga  Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9i 5G Ini!