Mengenal Pengertian Kegiatan Ekonomi, Tujuan dan Contohnya


Kegiatan ekonomi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Dengan demikian, roda perekonomian terus berputar dan berimbas pada peningkatan taraf hidup.

Jika Anda tertarik dengan topik kegiatan ekonomi, silakan baca artikel ini sampai selesai!

Ringkasan:

  • Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, dan pembelian.
  • Kegiatan ekonomi ini memiliki tujuan penting bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Pentingnya kegiatan ekonomi dalam kehidupan

Kegiatan ekonomi dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga pemerintah.

Semua orang melakukannya untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini akan mempengaruhi perputaran ekonomi di negara tersebut.

Karena perannya yang penting, kegiatan ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan.

Kegiatan membeli makanan, bekerja dan berbelanja sekolah tidak bisa berhenti saat orang membutuhkannya – dan selalu membutuhkannya.

Lalu apa itu kegiatan ekonomi? Saat ini,untuk membantu menjawab pertanyaan ini, My Finance punya jawabannya untuk Anda. Yuk, simak baik-baik!

Definisi ahli

Setiap hari Anda melakukan tindakan ini, yang berlangsung dari bangun tidur hingga tidur.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, aktivitas mereka juga tidak sama. Mereka melakukan semua tindakan berdasarkan kepentingan dan kebutuhan pribadi.

Dalam buku “Pelaku Kegiatan Ekonomi” karya T. Puji Rahayu, kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Sementara itu di kosakata bisnisKegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan proses produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam masyarakat.

Dari sini dapat kita artikan bahwa kegiatan ekonomi tidak hanya tentang individu, tetapi juga tentang roda ekonomi. Setiap entitas ekonomi harus saling menjamin kehidupan yang layak bagi setiap anggotanya.

[Baca Juga: Evaluasi Adalah: Ketahui Tujuan, Fungsi, Prinsip dan Prosesnya]

Tujuan untuk masa kini dan masa depan

Setiap orang melakukan kegiatan ekonomi untuk mencapai tujuan tertentu. Orang melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

Berikut adalah beberapa tujuan yang biasanya ingin dicapai oleh para pelaku ekonomi:

#1 Dapatkan Untung dan Kekayaan

Tidak dapat disangkal, salah satu tujuannya adalah untuk menghasilkan keuntungan dan kekayaan.

Keuntungan yang akan diterima masyarakat akan berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan masa depan. Manfaat ini biasanya berupa uang, aset, dan jaminan masa depan.

Untuk menjaga keuntungan dan kekayaan, Anda perlu menyusun anggaran keuangan dan investasi. Dengan begitu, mereka tetap bisa hidup normal meski sudah tidak produktif lagi.

#2 Gunakan sumber daya

Tujuan lainnya adalah menggunakan sumber daya. Jika Anda memiliki aset berupa tanah, kendaraan, atau produk, seseorang dapat memanfaatkannya Dapatkan keunggulan.

Melalui kegiatan ekonomi ini, mereka dapat meningkatkan sumber daya.

#3 Realisasi Diri

Langkah selanjutnya adalah menciptakan aktualisasi diri. Ini karena gengsi dan pembuktian kepada dunia luar bahwa dia bisa sukses dan bertahan di masyarakat.

# 4 Gunakan keterampilan berpikir Anda

Semua orang punya kemampuan berpikir. Orang dapat menggunakan ini untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Keterampilan berpikir kritis akan membantu seseorang atau perusahaan menghasilkan keuntungan. Sebagai imbalannya, seseorang akan menerima hadiah dari aktivitas tersebut.

Selain itu, kemampuan berpikir bisa bagaimana membuat keuntungan. Anda dapat melatih kemampuan ini secara maksimal.

[Baca Juga: Memahami Laporan Keuangan Komersial Adalah Hal yang Mudah, Begini Caranya!]

# 5 Mendapatkan Kekuatan

Selain uang, tujuan seseorang adalah untuk mendapatkan kekuasaan.

Ketika seseorang melakukan usaha tertentu dalam kegiatan ekonomi, maka ia memiliki kesempatan untuk membantu masyarakat sekitar dengan membuka lapangan kerja.

Dari situ mereka akan diakui, dihormati dan memiliki kekuasaan di daerah tertentu.

#6 Ikuti aturan sosial yang berlaku di masyarakat

Kegiatan ekonomi yang berlangsung di suatu tempat tergantung pada kebiasaan masyarakat di daerah tersebut.

Dengan demikian, sebagian besar aktivitas ekonomi di sana akan menyesuaikan diri dengan fungsi normal. Jika hal ini dianggap bertentangan, maka kegiatan tersebut dianggap menyimpang atau akan mendatangkan kerugian.

Contohnya adalah bar di daerah yang didominasi oleh nilai-nilai agama.

Tempat hiburan seperti itu akan dianggap menyimpang dari nilai-nilai agama, sehingga akan gulung tikar dalam waktu yang relatif singkat.

# 7 Jangan menyimpang dari hukum

Selanjutnya, tanpa menyimpang dari hukum.

Artinya, masyarakat harus menjalankan kegiatan ekonomi sesuai kaidah yang benar, tanpa menggunakan cara-cara kotor, seperti korupsi, pencurian, dan sebagainya.

8. Mengkonsumsi nilai guna barang secara bertahap

Aktivitas tidak hanya mendatangkan keuntungan, tetapi juga menghabiskan nilai guna.

Contoh smartphone. Seseorang mendapatkan produk melalui pembelian. Lalu dia menggunakan smartphone itu untuk aktivitas

Semua tindakan yang dia lakukan dengan smartphone merupakan salah satu jenis kegiatan ekonomi yaitu konsumsi nilai guna. Setelah jangka waktu tertentu, nilai guna smartphone akan habis (rusak).

[Baca Juga: Content Writer Adalah: Jenis-jenis, Tugas, dan Jenjang Kariernya]

# 9 Konsumsi semua utilitas sekaligus

Selanjutnya, Anda harus menghabiskan seluruh nilai guna sekaligus. Misalnya, ketika seseorang membeli makanan dan menghabiskannya pada waktu yang bersamaan.

#10 Membuat produk untuk kebutuhan audiens

Dalam bidang produksi, tujuannya adalah untuk menciptakan suatu produk. Setiap produk yang dihasilkan harus bernilai bagi masyarakat.

Setelah distribusi di pasar, penonton biasanya meninggalkan ulasan. Hasil umpan balik dapat menjadi pedoman untuk meningkatkan kualitas produk.

#11 Mengarahkan barang dari produsen ke konsumen

Ini sangat penting. Karena berkaitan dengan pendistribusian produk di daerah. Kelancaran distribusi barang akan memudahkan masyarakat untuk mengakses produk-produk favoritnya.

#12 Pastikan barang tersedia

Karena mengalir dari hilir ke hulu. Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan barang.

Melalui proses distribusi, setiap kebutuhan akan terpenuhi dengan baik. Jika proses ini berjalan lancar, ketersediaan produk akan terjaga sehingga harga jual tetap stabil.

[Baca Juga: Workshop adalah Kegiatan Penting, Kenali Seluk-beluknya, Yuk!]

Contoh kegiatan ekonomi di berbagai bidang

Setiap orang melakukan kegiatan ekonomi dalam hidupnya. Mereka memilih jalan ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, itu bervariasi berdasarkan wilayah.

Berikut adalah contoh dari berbagai daerah:

#1 di industri

Di sektor industri, ada proses produksi dan distribusi produk. Semua aktivitas terjadi dengan pemisahan tertentu sebagai suatu keharusan.

Contohnya adalah produksi dan distribusi sabun, roti, dan sebagainya.

Nomor 2 Sektor jasa

Sementara itu dalam layanan dengan memberikan pelayanan tertentu kepada masyarakat. Contohnya adalah jasa perbankan, asuransi, transportasi, hotel dan sebagainya.

No.3 Sektor Perkebunan

Sedangkan untuk bidang perkebunan meliputi kegiatan menanam tanaman tertentu yang dapat anda jual kepada masyarakat. Misalnya kelapa sawit, tebu, mangga dan sebagainya.

#4 Sektor pertanian

Di bidang pertanian, penanaman dan pengolahan tanah terjadi. Misalnya menanam padi, ubi jalar, kentang dan sebagainya.

Partisipasi yang menguntungkan

Kegiatan ekonomi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Mereka bisa mendapatkan keuntungan jika mereka bergabung.

Sebagai anggota masyarakat, Anda dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi. Misalnya memulai investasi yang juga bisa mendatangkan keuntungan.

Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana memulai investasi, karena keuangan saya sudah menyiapkannya buku elektronik di bawah ini sebagai panduan. Klik spanduk per download Bebas!

E-book Banner Ad Panduan Praktis Berinvestasi Sukses - HP

Demikian sekilas tentang tujuan kegiatan ekonomi. Yuk, bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga tahu. Terima kasih!

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • admin. 06 Juni 2022. Kegiatan ekonomi: definisi, jenis dan contoh. ocbcnisp.com – https://bit.ly/3YzB2dx
  • Chayrunnis. 27 Oktober 2022 Kegiatan ekonomi: definisi, tujuan dan jenis. Dailysocial.com – https://bit.ly/3Ftl2Rf
  • Muhammad Idris. 12 Desember 2021 Kegiatan ekonomi: pengertian, jenis, tujuan dan contoh. Kompas.com – https://bit.ly/3FtZMuU
  • Novia Aisia. 17 November 2021 Pengertian kegiatan ekonomi, contoh dan tujuannya dalam kehidupan sehari-hari. Detik.com – https://bit.ly/3ByUwoz
  • OKE. Kegiatan ekonomi dan contohnya. Gramedia.com – https://bit.ly/3Ykpg6y




https://actoncloud.com

Baca juga  Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y35!