Pengertian, Produk, hingga Contoh Perusahaannya


Saat ini perusahaan FMCG menarik banyak perhatian pelamar, karena merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan.

Tapi apa itu FMCG? Cari tahu lebih lanjut di artikel My Financial berikutnya.


Ringkasan:

  • Kami sering menjumpai produk dari perusahaan FMCG ketika kami pergi ke supermarket.
  • Perusahaan FMCG biasanya memperluas bisnisnya ke luar negeri. Maka tidak heran jika karyawannya berkesempatan untuk berkunjung atau tinggal di negara lain.

Pemahaman Industri

FMCG (FMCG) merupakan perusahaan consumer goods yang paling banyak mereka konsumsi agar barangnya cepat laku.

Barang-barang dari industri FMCG juga memiliki harga yang relatif rendah dari segi kuantitas. produksi karena perputarannya sangat cepat.

Barang atau produk yang termasuk dalam kategori perusahaan ini adalah barang yang biasa dijual kebutuhan sehari-hari konsumen. Misalnya makanan dan minuman kemasan, perlengkapan mandi, produk pembersih, dan lain-lain.

Karena memproduksi barang untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, perusahaan ini baik di Indonesia maupun di luar negeri biasanya mendistribusikan produknya di banyak tempat.

Dengan demikian, kebanyakan orang dapat dengan mudah menemukannya di supermarket, toko serba ada, apotek, dan banyak tempat lainnya.

Jenis FMCG

Seperti namanya, jenis produk yang dijual oleh perusahaan FMCG adalah produk dengan umur simpan yang pendek.

Ini karena permintaan konsumen yang tinggi atau karena produk yang mudah rusak seperti daging dan produk susu.

Berikut jenis-jenis produk yang perlu Anda ketahui.

  1. Makanan olahan seperti kornet, bakso, sarden, pasta, keju, dan sereal.
  1. Minuman seperti air kemasan, jus, minuman berenergi dan lain-lain.
  1. Makanan segar dan kering seperti kacang-kacangan, sayuran, kismis, buah-buahan dan daging.
  1. Makanan cepat saji seperti kentang goreng, donat, nugget ikan, dan mi instan.
  1. Produk pembersih seperti pembersih kaca, pembersih lantai, pembersih piring dan sebagainya.
  1. Obat-obatan, seperti pereda nyeri, yang dapat dibeli tanpa resep dokter.
  1. Peralatan ATK seperti pulpen, pensil, buku dan lainnya.
  1. Kosmetik dan perlengkapan mandi, seperti sampo, shower gel, sikat gigi dan pasta gigi, dan sebagainya.
  1. Makanan beku seperti es krim.
  1. Makanan yang bisa disimpan kering, seperti kopi, teh, dan gula.

[Baca Juga: 10+ Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Patut Dicoba!]

Manfaat untuk bisnis FMCG

Jika sobat finansial tertarik untuk berkarir atau terjun ke bisnis ini, berikut My Financial merangkum beberapa keuntungan dari bisnis FMCG.

No 1 Manfaat Menarik

Perusahaan ini biasanya memberikan bonus menarik bagi karyawan Anda.

Tingkat keuntungannya selalu di atas rata-rata industri lain, sehingga banyak pekerja yang tertarik untuk berkarir di bisnis ini.

Biasanya perusahaan FMCG tidak hanya memberikan gaji, tetapi juga bonus khusus berupa kepemilikan mobilasuransi kesehatan dan lain-lain.

#2 Jangkauan Bisnis Luas

Produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari membuat perusahaan ini rawan jaringan bisnis yang luas di dalam negeri.

Bahkan, banyak juga perusahaan yang melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Dengan demikian, karyawan dapat mengunjungi atau tinggal di negara lain.

[Baca Juga: 4 Tanda Memperoleh Pekerjaan dan Tempat Kerja yang Tepat]

#3 Kesempatan untuk belajar

Bisnis ini membutuhkan bakat yang dapat bekerja di lingkungan yang terus berubah. Oleh karena itu, perusahaan biasanya memasok kesempatan bagi karyawan untuk melanjutkan pendidikan hal-hal baru.

#4 Tenaga kerja dinamis

Selain mudah beradaptasi dengan hal baru, staf perusahaan FMCG juga harus memiliki motivasi yang tinggi untuk menghadapi kondisi dan tantangan baru.

Jadi kamu akan menjadi lebih dari tantangan karena persaingan yang ketat di industri.

Tujuan bisnis FMCG

Tantangan bisnis itu sendiri datang dari produknya yang rata-rata memiliki margin return yang kecil dan produk yang tidak bertahan lama.

Untuk menyiasatinya, perusahaan harus mampu menjual produk sebanyak mungkin, secepat dan seefisien mungkin.

Selain itu, perusahaan FMCG juga perlu mencari solusi atas dampak lingkungan yang mereka timbulkan, karena kemasan produk mereka banyak yang dapat mencemari lingkungan.

Perusahaan kemudian juga harus mempertimbangkan untuk memperpanjang umur simpan makanan yang mudah rusak dan memproduksi barang dengan biaya lebih rendah.

[Baca Juga: 3 Tips Bisnis untuk Pertahankan Eksistensi, Yuk Terapkan!]

Contoh perusahaan FMCG di Indonesia

Perusahaan yang bergerak di industri FMCG biasanya tersebar di beberapa negara. Salah satunya adalah Indonesia.

Saat ini, Jika sobat keuangan tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, inilah My Financial yang mempertemukan beberapa perusahaan raksasa FMCG ternama di Indonesia.

#1 Unilever Indonesia

Unilever adalah perusahaan FMCG multinasional raksasa yang terkenal dengan keragaman produknya. Contohnya termasuk Rinso, Lifebuoy, Molto dan Royco.

#2 makanan Indo

Perusahaan raksasa FMCG yang satu ini, Indofood, sangat terkenal bahkan hingga mancanegara karena produk mi instan Indomie sudah laris manis di seluruh dunia.

#3 Majora

Selain itu, perusahaan pembuat permen Kopiko, snack Beng Beng, Astor, Energen, dan Torabika Coffee juga merupakan raksasa FMCG, yaitu Mayora.

[Baca Juga: Daftar 10 Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan dan Personal, Cek!]

#4 Bersarang

Jika Anda familiar dengan produk Milo, Dancow, Koko Krunch, dan Nescafe, beberapa produk ini dipasok oleh Nestlé, perusahaan raksasa FMCG Swiss multinasional.

#5 Sayap Indonesia

Berikutnya adalah Wings Indonesia yang dikenal dengan produk sabun, kemasan makanan dan minuman, kosmetik dan perawatan tubuh.

Salah satu produk Wings yang terkenal adalah detergen Daia.

#6 Johnson & Johnson

Perusahaan ini terkenal dengan produk perawatan bayi dan obat-obatannya seperti Johnson’s Baby, Listerine, Mylanta, Clean & Clear dan masih banyak lagi.

#7 Procter & Gamble (P&G)

Perusahaan FMCG terbaru ini berasal dari Amerika Serikat dengan beberapa produk seperti Downy, Pantene, Rejoice, Oral-B, Gillette, Pampers dan lainnya.

Apakah Anda ingin berkarir di perusahaan FMCG?

Itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu FMCG dan contoh perusahaan yang sudah lama dikenal di Indonesia.

Jika teman keuangan saya tertarik untuk berkarir di perusahaan FMCG, Anda perlu berkembang keterampilan seperti teknologi yang baik, kemampuan persuasi dan analitis.

Saat ini, Selain berkarir, Anda juga bisa meningkatkan penghasilan dengan beberapa cara yang saya rangkum di bagian Keuangan. e-book Bebas Strategi cerdas untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Selain mendapatkan tips cara meningkatkan penghasilan, Anda juga bisa mempelajari cara meningkatkan penghasilan aktif, investasi, dan grit, serta cara memangkas biaya.

Jika Anda ingin terus mendiskusikan keuangan atau investasi, Ayolah, berkonsultasi bersama perencana keuangan keuangan saya Ya. Klik pada spanduk dibawah untuk membuat janji. Terima kasih.

Tertarik untuk berkarir di perusahaan FMCG? Mulailah mempersenjatai diri dengan berbagai keterampilan yang dicari perusahaan!

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda yang juga ingin bekerja di perusahaan FMCG agar informasinya dapat dibagikan. Semoga bermanfaat, ya! Terima kasih.

Editor: Ari A. Santosa

Sumber tautan:

  • Nur Lella Junayedi. 11 Januari 2022 FMCG: pemahaman, tantangan, keterampilan yang diperlukan. Ekrut.com – https://bit.ly/3YluNd1
  • admin. 23 April 2021 Apa itu FMCG? Ini adalah jenis produk dan contoh perusahaan di Indonesia. Topkarir.com – https://bit.ly/3HAsixl
  • Redaktur OCBC NISP. 30 Agustus 2021 Apa itu FMCG? Berikut adalah contoh prospek perusahaan dan bisnis untuk tahun 2021. ocbcnisp.com – https://bit.ly/3UXOuVh




https://actoncloud.com

Baca juga  Pengertian, Jenis, dan Perkembangan E-commerce di Indonesia