10 Faktor Kegagalan Usaha dan Cara Mengatasinya, Lengkap!


Ada banyak penyebab kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha. Namun, bagaimana cara mengidentifikasi dan mengatasi kegagalan tersebut?

Cari tahu jawaban selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Bagi seseorang yang baru merintis usaha, ada saja tantangan di depan mata. Meski sebuah kewajaran, tapi sebaiknya tetap waspada karena bisa menjadi sebuah faktor kegagalan usaha.
  • Para wirausaha perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa membuat usaha jadi gagal supaya bisa meminimalisasi risiko gulung tikar.

 

Faktor Kegagalan Usaha

Berbisnis sejatinya tidak hanya menghidupi diri kita sendiri, tetapi juga menghidupi orang-orang yang ada dalam lingkaran tanggung jawab kita.

Namun, apa jadinya jika usaha yang telah kita bangun mengalami kegagalan hingga terancam bangkrut?

Walau kegagalan dalam menjalani usaha merupakan hal yang wajar terjadi, hal ini tetap menjadi momok menakutkan terutama bagi para wirausaha pemula.

Faktor penyebab kegagalan sendiri dapat berasal dari berbagai hal. Seperti kelalaian, kurangnya pengaturan manajemen, strategi marketing yang buruk, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya bersiap diri dan “sedia payung sebelum hujan”, sehingga kita sudah memiliki strategi terbaik ketika menghadapi kegagalan itu.

Terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha tentunya bisa kita minimalisasi agar dampaknya tidak terlalu berpengaruh pada sebuah bisnis ke depannya.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan persiapan yang matang dan mengambil keputusan terbaik untuk menghadapi kegagalan tersebut.

Sebelum membahas cara mengatasi kegagalan usaha, Sobat Finansialku perlu mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab kegagalan usaha berikut ini.

 

#1 Visi dan Misi yang Tidak Jelas

Sebelum memulai usaha, perlu adanya rencana bisnis atau business plan yang mencakup segala sesuatu yang ingin kamu raih ataupun gambaran produk bisnis nantinya.

Dalam susunan business plan, terdapat visi dan misi sebuah usaha yang penting untuk mengkomunikasikan nilai hingga solusi kepada target audiens kamu.

Visi dan misi ini akan membantu kamu untuk tetap melangkah ke arah dan strategi yang tepat. Dengan visi dan misi yang jelas, semua keputusan bisnis yang kamu buat akan berbanding lurus dengan visi misi tersebut.

 

#2 Minimnya Kemampuan Manajerial

Faktor kegagalan usaha juga dapat berasal dari minimnya kemampuan pelaku usaha dalam hal manajemen bisnis.

Manajemen merupakan sebuah pondasi yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha kamu.

Tidak hanya terkait pengelolaan, tetapi juga meliputi pengorganisasian bisnis, manajemen waktu, dan struktur keorganisasian usaha.

Kurangnya kapabilitas seorang wirausaha terkait pengelolaan bisnis ini tentu saja dapat menghambat potensi perolehan kesuksesan.

Selain itu, minimnya kemampuan manajerial juga akan menghambat produktivitas dari para pekerja. Hal ini karena wirausaha tidak bisa menentukan skala prioritas yang tepat.

 

#3 Kurangnya Riset Pasar

Riset atau penelitian juga penting kamu lakukan sebelum membangun usaha. Salah satu penyebab kegagalan usaha yang paling umum terjadi yaitu karena kamu tidak mengetahui kebutuhan dasar untuk produk maupun layanan.

Jadi, pastikan kamu sudah melakukan riset terhadap segala hal sebelum memulai usaha. Mulai dari pasar yang ada, target audiens, dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli produk kamu.

Selain itu, tentukan juga siapa yang akan menjadi target audiens kamu. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menyusun strategi bisnis, termasuk strategi pendekatan dengan calon pelanggan usahamu.

[Baca Juga: 10+ Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Patut Dicoba!]

 

#4 Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Setiap menjalankan usaha, kamu tentunya harus memiliki tujuan yang jelas. Pasalnya, tujuan yang jelas ini dapat menjadi panduan dalam menjalankan sebuah usaha misalnya dalam mengambil keputusan bisnis.

Oleh karena itu, kamu perlu merancang tujuan dalam berbisnisKamu juga bisa menerapkan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time) dalam membuat tujuan.

 

#5 Minimnya Kemampuan Mengelola Modal

Keterbatasan modal merupakan salah satu faktor kegagalan usaha yang kerap terjadi. 

Sederhananya, apabila modal yang kamu punya cukup untuk menopang sebuah bisnis, maka secara otomatis bisnis tersebut dapat berjalan lancar.

Akan tetapi, memiliki modal besar tanpa kemampuan untuk mengelolanya pun akan menyebabkan gagalnya suatu bisnis.

Oleh karena itu, sebagai seorang wirausaha, ada baiknya kamu bisa lebih cermat dalam menangani cash flow dan mengendalikan keuangan bisnis.

Kamu juga perlu memahami tentang pemisahan dana usaha dengan dana pribadi, sehingga potensi kerugian dan kegagalan usaha dapat kamu minimalisasi.

Sebagai referensi, yuk, cari tahu panduan lengkap seputar mengelola keuangan melalui ebook Finansialku berikut ini.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

 

#6 Buruknya Strategi Marketing

Tidak hanya tentang keuangan, sebuah usaha juga perlu memperhatikan nilai produk serta pemasarannya.

Strategi pemasaran yang baik akan menjaga keseimbangan dalam membangun bisnis, mempertahankan pelanggan, dan menarik pelanggan baru 

Jadi, alangkah baiknya jika kamu dapat mengetahui produk yang akan kamu jual serta siapa target audiensnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi hingga influencer untuk memasarkan produk maupun jasa yang kamu jual.

[Baca Juga: Catat! Ini Contoh Strategi Pemasaran untuk Mengembangkan Bisnis!]

 

#7 Mengabaikan Teknologi

Masih berkaitan dengan strategi pemasaran, mengabaikan perkembangan teknologi sama saja dengan membiarkan usaha kamu jatuh ke dalam dasar jurang.

Pasalnya, kamu harus mampu mengoptimalkan penggunaan digital marketing untuk bisa bersaing dengan para pengusaha lainnya.

Kamu bisa memilih media sosial apa pun yang memiliki banyak peluang untuk mempertemukan kamu dengan target audiens.

Meski terlihat sepele, mengembangkan visibilitas bisnis secara online sangat penting dalam memajukan usaha yang kamu buat.

 

#8 Lokasi yang Tidak Strategis

Tidak bisa kita pungkiri bahwa lokasi yang kurang strategis juga menjadi salah satu faktor kegagalan usaha yang kerap terjadi.

Misalnya saja lokasi usaha kamu berada jauh dari kawasan pemukiman, jauh dari pusat pendidikan ataupun fasilitas umum.

Hal ini tentunya akan menghambat perkembangan usaha sehingga berdampak pada potensi kesuksesan usaha kamu. Jadi, pilihlah lokasi usaha yang lebih strategis seperti dekat dengan pasar atau fasilitas umum.

 

#9 Kurangnya Pengawasan Peralatan dan Aset Usaha

Pengawasan peralatan dan aset usaha yang tidak maksimal juga menjadi salah satu faktor gagalnya wirausaha.

Pengawasan berkaitan erat dengan efektivitas dan efisiensi usaha. Minimnya pengawasan aset dan peralatan ini tentu saja akan berdampak pada penggunaan yang kurang tepat.

Hal ini akan membuat target audiens kamu ragu untuk datang dan membeli produk yang kamu jual.

Misalnya, kamu bergerak dalam bisnis makanan, maka hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas rasa, kenyamanan hingga harga yang tepat.

Apabila usaha yang kamu buat menimbulkan first impression yang menarik bagi para pelanggan, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan customer yang loyal.

 

#10 Kurang Baik dalam Mengatur Keuangan

Setiap pelaku bisnis tentunya mengharapkan agar usaha mereka mendapat keuntungan sebanyak mungkin.

Salah satu upaya untuk meraih keuntungan tersebut adalah dengan menawarkan harga cukup tinggi yang tidak bersahabat dengan kantong target audiens.

Sayangnya, cara tersebut justru akan menyebabkan usaha kamu gagal mendapatkan keuntungan dan berakhir tidak laku.

Cobalah untuk fokus pada nilai dan kualitas produk agar target audiens yang dapat menilai dan menyesuaikannya dengan preferensi serta kebutuhan mereka melalui pengalaman.

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Bisnis yang Tepat dan Cara Membuatnya]

 

Cara Identifikasi Kegagalan Usaha

Melakukan evaluasi dan identifikasi kegagalan usaha ini akan membantu kamu untuk memperbaiki faktor-faktor pemicunya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi faktor kegagalan usaha dengan skill mendiri.

 

#1 Tekun dan Kerja Keras

Meski terdengar basic, tetapi untuk bisa tekun dalam menjalani sebuah usaha sendiri sebenarnya sangatlah sulit.

Perlu adanya kerja keras dan konsisten sehingga kamu tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan dalam menjalankan usaha.

 

#2 Berani Menghadapi Tantangan

Sebagai wirausaha, kamu harus siap menghadapi segala tantangan yang mungkin datang dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Sebelum itu, kamu harus menantang diri sendiri terlebih dahulu untuk mendorong semangat dalam menghadapi perkembangan yang akan terjadi.

Wirausaha juga harus gesit dalam mencari tantangan berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi kamu.

 

#3 Lakukan Karena Passion

Menjalani hobi yang memiliki peluang sebagai sebuah usaha tentu saja akan menyenangkan dan terasa lebih ringan untuk kamu hadapi.

Jadi, pilihlah passion yang kamu miliki, baik dalam bidang teknologi, fashion, ataupun kuliner yang berpotensi sebagai peluang usaha.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa lelah dan terus mendapatkan ide-ide bisnis kreatif meski telah melakukan bisnis tersebut dalam waktu yang lama.

[Baca Juga: 7 Jenis Usaha Sesuai Karakteristik, Mana yang Sesuai Passion Anda?]

 

#4 Berani Mengambil Risiko

Selain berani menghadapi tantangan, wirausaha juga harus berani mengambil risiko. Sehingga kamu terus memiliki keinginan untuk mendapatkan hal-hal baru dalam hidup.

Kamu perlu membiasakan diri untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangkan risiko terkecil yang ada.

Hal ini akan berguna bagi calon pengusaha untuk mengubah cara pandangnya dalam menyelesaikan sebuah masalah.

 

#5 Percaya Diri

Calon pengusaha sukses adalah seseorang yang percaya diri. Kemampuan ini akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan.

Percaya diri dengan kemampuan kamu juga akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang seringkali muncul dan menjadi ketakutan seseorang dalam memulai usaha.

Jadi, selalu percaya akan kemampuan diri, pengalaman, dan ilmu yang kamu miliki.

 

Cara Mengatasi Kegagalan Usaha

Saat akan memulai sebuah usaha, kamu perlu mengetahui dan memahami apa saja faktor kegagalan usaha yang bisa terjadi. Hal ini akan membantu kamu untuk mempersiapkan antisipasi yang baik.

Lantas, bagaimana jika kamu mengetahuinya saat bisnismu sudah berjalan?

Jangan khawatir, berikut telah Finansialku rangkum beberapa cara mengatasi kegagalan usaha setelah mengidentifikasi faktor penyebabnya.

 

#1 Tetap Berpikir Positif

Kegagalan usaha memang sangat wajar terjadi terutama jika ini adalah usaha pertama kamu. Ketika mengalami kegagalan usaha, kamu juga bisa merasa terpuruk dan sulit berpikir positif.

Padahal, berpikir positif adalah mindset utama untuk mengatasi kegagalan usaha yang sedang kamu jalankan.

Jadi, ada baiknya kamu memanfaatkan energi dan waktu yang kamu punya untuk memperbaiki kesalahan yang menyebabkan kegagalan tersebut daripada terus menyalahkan diri sendiri.

[Baca Juga: Inilah Mindset Keuangan yang Harus Dimiliki Agar Sukses Meraih Tujuan Keuangan]

 

#2 Mengakui Kesalahan dan Menerima Kegagalan

Mengakui kesalahan dan menerima kegagalan adalah salah satu cara yang tepat untuk mengingat bahwa kamu hanyalah manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan.

Dengan melakukan dua hal tersebut, kamu akan merasa tenang dan bisa lebih rendah hati dalam menghadapi kegagalan yang sedang kamu alami.

Hal ini juga akan membantumu menyusun rencana bisnis (business plan) selanjutnya agar tidak mengalami kegagalan lagi.

 

#3 Melakukan identifikasi Faktor Kegagalan Usaha

Salah satu cara untuk mengatasi kegagalan usaha adalah dengan melakukan evaluasi dan identifikasi faktor kegagalan usaha tersebut.

Faktor kegagalan usaha bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. 

Jadi, cari tahu terlebih dahulu faktor yang menyebabkan kegagalan usaha yang kamu alami untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi.

 

#4 Menyelesaikan Masalah yang Terjadi

Setelah melakukan identifikasi dan berani menerima kegagalan, selanjutnya kamu perlu segera menyelesaikan masalah yang terjadi.

Kamu bisa mengatasi masalah tersebut sesuai dengan skala prioritas dan menyelesaikannya dengan pikiran dan hati yang tenang.

 

#5 Cari Peluang Baru

Terdapat dua makna dalam mencari sebuah peluang. Pertama, mencari peluang untuk membantumu menyelesaikan masalah.

Kedua, mencari peluang untuk memulai segalanya dari awal lagi dan berkembang menuju ke arah yang lebih baik. Umumnya, kedua peluang tersebut merupakan satu kesatuan yang saling terkait.

Jadi, kamu bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi, kemudian berkembang ke arah yang lebih baik untuk mendapatkan peluang baru tersebut.

[Baca Juga: 20 Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2023 yang Menjanjikan]

 

Buat Rencana Matang Sebelum Memulai Bisnis

Demikian faktor kegagalan usaha, cara mengidentifikasi, dan cara mengatasi kegagalan yang terjadi dalam menjalani sebuah usaha.

Ketika ingin memulai usaha, ada baiknya kamu melakukan riset, mengetahui target audiens, dan membuat business plan yang baik sebagai pedoman kamu ke depannya.

Jika dirasa perlu untuk mendapatkan advice terkait perencanaan keuangan bisnis maupun pribadi, jangan ragu untuk diskusi langsung bersama ahlinya, Perencana Keuangan Finansialku.

Hubungi melalui Aplikasi Finansialku atau buat janji via WhatsApp dengan cara klik banner di bawah ini, ya.

Banner Konsultasi WA - TM Big

 

Sudah tahu bagaimana cara mengatasi kegagalan usaha yang mungkin terjadi?

Jangan lupa bagikan artikelnya agar orang lain juga bisa mengidentifikasi faktor kegagalan usaha dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat, ya! Terima kasih.

 

Editor: Ari. A Santosa 

Sumber Referensi:

  • TaniFund. Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usaha? Tanifund.com – https://bit.ly/3W0nJAj
  • Admin.  8 Identifikasi Faktor Kegagalan Usaha dan Tips Menghindarinya. Jurnal.id – https://bit.ly/3ZnrhPR
  • Dini N. Rizeki. 22 Agustus 2022. 11 Faktor Kegagalan Usaha, Pengusaha Wajib Tahu! Majoo.id – https://bit.ly/3WYC959
  • Faisal Nurmansyah. 04 Juli 2022. 15 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Solusinya. Qontak.com – https://bit.ly/3ZpOQaH

 




https://actoncloud.com

Baca juga  Apa Itu Intervensi? Ini Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Dampaknya