Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Sederhana, Mudah Dipahami!


bagaimana contoh laporan keuangan perusahaan sederhana? Kita lihat di ulasan selanjutnya.

Selamat membaca…

Ringkasan:

  • Laporan keuangan adalah data yang menunjukkan posisi keuangan dan aktivitas suatu instansi dan bisnis selama periode tertentu.
  • Saat menyiapkan laporan keuangan perusahaan, diperlukan buku besar pengeluaran, buku besar pendapatan, buku besar persediaan, persediaan, dan kas tetap.

Apa itu pelaporan keuangan?

Sahabat keuangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah laporan keuangan?

Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan merupakan salah satu data penting yang harus dimiliki sebagai acuan untuk melihat perkembangan bisnis kedepannya.

Di laman 99.co, laporan keuangan adalah data yang menunjukkan posisi keuangan dan aktivitas suatu instansi dan bisnis selama periode tertentu.

Sementara itu, beberapa ahli mendefinisikan laporan keuangan sebagai:

“…informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan, dari investor atau calon investor hingga manajemen perusahaan itu sendiri. Laporan ini akan memberikan informasi tentang profitabilitas, risiko, waktu arus kas, yang semuanya akan mempengaruhi ekspektasi pemangku kepentingan..” (Hanafi, 2003:69)

Laporan yang menggambarkan hasil suatu proses akuntansi yang digunakan sebagai sarana komunikasi antara data atau aktivitas keuangan suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap data atau aktivitas tersebut. (Ridvan Inge, 2003:68)

Biasanya, laporan keuangan disusun setiap periode tertentu, ada yang bulanan, tiga bulan, enam bulan, atau setiap tahun, tergantung jenis perusahaannya.

Dengan demikian, para pelaku bisnis perlu memahami bagaimana mengatur dan mengelola semua aspek yang terkait dengan perusahaan sehingga lebih mudah bagi mereka untuk membaca konteks bisnis dan mengambil keputusan.

Biasanya perusahaan besar menggunakan jasa akuntan yang berpengalaman, salah satunya adalah penyusunan laporan keuangan. Tapi kamu harus mempersiapkan anggaran istimewa dan jumlahnya tidak sedikit bila menggunakan jasa tersebut…

Namun banyak juga pebisnis yang memutuskan untuk belajar mengelolanya sendiri. Siapa tahu karena perusahaan baru memulai atau orang yang dipekerjakan, baru lulus jadi tidak banyak keterampilan dan pengalaman.

Apakah Anda salah satunya? Keuangan saya akan menjadi contoh bagi kita semua.

Apa yang diperlukan dalam laporan keuangan perusahaan

Sahabat keuangan, saat menyusun laporan keuangan, perlu dipahami bahwa pemasukan dan pengeluaran harus selalu dicatat dengan akurat.

Tidak masalah seberapa kecil jumlahnya. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan saat menyusun laporan keuangan sederhana untuk sebuah perusahaan.

Buatlah jurnal pengeluaran

Sebelum sebuah perusahaan dapat didirikan secara resmi, buku besar pengeluaran harus dibuat yang akan mencatat semua pengeluaran, dari jumlah kecil hingga besar.

Dengan entri pengeluaran seperti itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyeimbangkan buku kas Anda di akhir tahun.

Siapkan buku catatan entri Anda

Kemudian siapkan jurnal pendapatan untuk mencatat semua uang yang masuk ke perusahaan. Termasuk hutang yang belum terbayar.

Tujuan dari buku ini adalah untuk menjadi referensi untuk mengelola saldo bisnis, yang akan dibutuhkan pada akhir bulan, kuartal atau tahun.

Jadi cobalah untuk membuat catatan setiap hari dan jangan sampai ada yang terlewat.

Buat buku stok

Selain buku besar pengeluaran dan pemasukan, Anda juga harus menyimpan buku besar barang dagangan, yaitu barang-barang yang telah terjual atau berhasil dibeli.

Semakin banyak jumlah barang masuk dan keluar maka otomatis penjualan perusahaan akan semakin tinggi.

Membuat buku inventaris

Buku persediaan berguna sebagai pedoman bagi stabilitas suatu perusahaan. Dalam buku ini, Anda dapat mempertimbangkan semua barang yang dimiliki oleh perusahaan, karena di dalamnya terkandung segala sesuatu yang telah diurus dan dibeli oleh perusahaan.

Buku ini penting karena berkaitan langsung dengan laporan keuangan pada akhir periode.

Menyimpulkan buku kas utama

Laporan keuangan sederhana juga dapat disusun dengan meringkas buku kas utama, yang sebenarnya mencatat semua pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

Baik berupa uang maupun barang. Buku kas umum tidak hanya digunakan sebagai informasi keuangan, tetapi juga sebagai dasar pelaporan keuangan.

Contoh laporan keuangan perusahaan sederhana

Setelah Anda memiliki buku catatan yang diserahkan sebelumnya, Anda dapat membuat laporan keuangan untuk perusahaan.

Padahal, ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasanya disusun pada akhir periode tertentu.

Isinya tergantung pada tujuan dan fungsi masing-masing nada. Berikut beberapa jenis laporan keuangan perusahaan dan contohnya dari Journal.id:

Neraca keuangan

Pertama, apakah itu keseimbangan? keseimbangan. Laporan ini memuat aset, kewajiban, dan ekuitas suatu perusahaan dalam kondisi tertentu.

Tata letak harus sistematis jika ada sumber daya perusahaan atau aset perusahaan, kewajiban ekonomi atau utang, modal ekuitas dan hubungan antara elemen-elemen ini.

Neraca ini dirancang untuk melihat posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu.

Misalnya, saat buku ditutup dan saldonya ditentukan pada akhir tahun anggaran atau tahun takwim.

Di bawah ini adalah contoh saldo PT Amelia: Produk:

Sumber: https://bit.ly/3FUwsvx

laporan laba rugi (laporan laba rugi)

Yang kedua adalah laporan laba rugi, yang berisi pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian perusahaan untuk periode pelaporan tertentu.

Laporan ini juga menangkap kegiatan perusahaan selama periode tersebut, termasuk kegiatan rutin perusahaan atau operasional perusahaan.

Setiap detail operasi dan kegiatan perusahaan dimuat dalam laporan laba rugi agar para pembaca laporan memahami isi laporan tersebut.

Berikut adalah contoh laporan laba rugi PT Amelia. Produk:

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Laporan Laba Rugi (Laba Rugi)

Sumber: https://bit.ly/3FUwsvx

Tentang arus kas

Ketiga adalah laporan arus kas, yang berfungsi untuk menganalisis dan memberikan informasi tentang penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama periode pelaporan tertentu.

Jika Anda ingin menerbitkan laporan arus kas, pastikan untuk memberikan informasi tentang dampak penggunaan kas perusahaan dari aktivitas investasi, pembiayaan, dan operasi perusahaan selama periode pelaporan tertentu.

Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas.

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan arus kas PT Amelia: Produk:

Contoh laporan keuangan perusahaan arus kas

Sumber: https://bit.ly/3FUwsvx

Laporan perubahan ekuitas/ekuitas

Keempat pernyataan perubahan ekuitas atau perubahan ekuitas. Berbeda dengan tiga pernyataan sebelumnya, laporan perubahan ekuitas hanya merupakan pernyataan tambahan.

Pernyataan ini ditulis untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan kekayaan atau kekayaan bersih selama periode yang ditinjau, berdasarkan prinsip-prinsip pengukuran tertentu.

Misalnya, ketika ada perubahan modal sebagai akibat dari semua kegiatan utama perusahaan dalam periode pelaporan tertentu.

Berikut adalah contoh laporan keuangan perubahan ekuitas PT Amelia Merchandise:

Laporan perubahan ekuitas

Sumber: https://bit.ly/3FUwsvx

Catatan atas laporan keuangan (catatan aplikasi)

Yang kelima adalah Catatan atas Laporan Keuangan atau CALK.

Sifatnya sama dengan pernyataan perubahan ekuitas, yang hanya berfungsi sebagai pelengkap untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca.

untuk informasi anda. Dari kelima laporan keuangan tersebut, yang paling penting bagi setiap perusahaan adalah neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Sisanya hanya melengkapi jika perusahaan membutuhkannya.

Buat laporan keuangan perusahaan Anda

Laporan keuangan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Selain menilai stabilitas dan profitabilitas suatu perusahaan, pelaporan keuangan juga dapat mempengaruhi kinerjanya.

Jadi saat membuatnya, Anda perlu melakukannya secara sistematis, hati-hati dan tidak ada yang terlewat. Karena kesalahan kecil dalam suatu transaksi dapat membuat neraca tidak seimbang serta laporan laba rugi yang berbeda.

Kami berharap setelah membaca artikel ini, Anda tidak lagi bingung dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda.

Selain perusahaan, sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan laporan keuangan pribadi. jadi arus kas lebih mudah mengontrol keuangan.

kamu bisa melihat daftar prestasiseperti apa aliran pendapatan dan pengeluarannya, bukan? anggaran yang berlebihan atau sebaliknya.

Adapun untuk laporan keuangan pribadi, Anda bisa mempelajarinya di artikel berikut ini: Ini adalah contoh laporan keuangan sederhana yang bisa Anda buat.

Sekarang, merekam kini lebih mudah dengan aplikasi Finansialku. Anda dapat mencatat setiap transaksi yang dilakukan di tangan Anda.

Menariknya, aplikasi Finansialku dapat membantu Anda mengembangkan rencana keuangan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk membeli rumah, mobil, hingga menyekolahkan anak.

jangan pakai keras, kamu tinggal saja unduh aplikasi di Google Playstore atau Appstore.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Jika informasinya bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman dan kerabat lainnya.

Sumber tautan:

  • Samala Mahadi. 27 Agustus 2021 Daricontoh laporan keuangan dan cara menyiapkannya. Penuh!. 99.co- https://bit.ly/33MrrrV
  • editor. Jenis dan contoh laporan keuangan PT.. Journal.id- https://bit.ly/3FUwsvx

Sumber Gambar:

  • Sampul — https://bit.ly/3sJpDbY




https://actoncloud.com

Baca juga  Cek Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Ternyata Mudah!