Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP


bagaimana cara cek nomor sibuk BPJS? Hanya dengan NIK KTP kamu bisa, lho!

Yuk cek artikel selengkapnya di Finansialku selanjutnya.

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Selama Anda menjadi anggota BPJS, Anda akan menerima kartu BPJS sebagai bukti kepesertaan BPJS dan sebagai ID peserta BPJS.

Kartu BPJS harus disimpan dengan hati-hati agar tidak hilang karena peserta harus menunjukkan kartu kepesertaan BPJSnya terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan jaminan kesehatan BPJS. Baca juga cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu BPJS memiliki nomor BPJS atau nomor Akun virtual dari setiap anggota yang digunakan untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya. Nomor BPJS juga digunakan untuk verifikasi tagihan BPJS sekaligus untuk mendapatkan informasi seputar BPJS.

Jika Anda lupa nomor BPJS Anda, Anda hanya perlu melihat kartu BPJS yang Anda miliki. Namun jika kartu Anda hilang atau rusak, bagaimana cara mengetahui nomor BPJS.

[Baca Juga: Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan]

Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena kami hadir untuk memberikan informasi tentang cara verifikasi nomor BPJS Anda. Anda bisa menggunakan cara ini jika Anda lupa nomor BPJS Anda. Baca juga cara merawat buku kerja BPJS yang hilang.

Untuk mengingat nomor BPJS Anda, yang Anda butuhkan hanyalah Nomor Induk Kependudukan, atau yang sering kita sebut dengan NIK. Pasti anda sudah familiar dengan hal ini, karena NIK anda tertera pada kartu identitas anda.

Lalu apakah hanya dengan NIK atau ada nomor lain? sebenarnya bisa menggunakan nomor KTP Pegawai dan lain-lain, namun cara mengetahui nomor BPJS menggunakan NIK adalah cara yang paling mudah dilakukan.

Karena jika Anda menggunakan nomor identifikasi karyawan atau NIP, Anda tentu harus berprofesi sebagai karyawan. Baru setelah itu Anda dapat mengetahui nomor BPJS Anda menggunakan NIP.

BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL, adalah sebagai berikut:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Sosial, yang merupakan bentuk jaminan sosial untuk menjamin agar seluruh masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasarnya untuk kehidupan yang layak.

Bekerja di BPJS diperlukan. Karena dengan BPJS Ketenagakerjaan kita memiliki tabungan hari tua atau tabungan hari tua melalui pemotongan gaji bulanan.

Pekerjaan BPJS sangat penting bagi Anda dan Anda harus menyimpan nomor tersebut untuk kebutuhan Anda suatu hari nanti. Tapi bagaimana jika Anda lupa nomor BPJS Anda? Jangan khawatir.

Berikut cara mudah cek nomor sibuk BPJS.

Tanyakan langsung ke HRD perusahaan tempat Anda bekerja.

Pertama, cara mudah cek nomor BPJS ketenagakerjaan adalah dengan menanyakan ke HRD perusahaan tempat Anda bekerja.

Biasanya departemen sumber daya manusia suatu perusahaan pasti memiliki basis data pegawai yang memuat informasi pribadi, termasuk nomor kerja BPJS.

Tanyakan kepada orang yang biasa menangani BPJS ketenagakerjaan di kantor Anda. Pastikan untuk menyertakan alasan Anda membutuhkan nomor tersebut.

Tes mandiri

Kita bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri tanpa keluar rumah dengan cara sebagai berikut:

Situs web

Kami dapat memeriksa nomor sibuk BPJS melalui Situs web Petugas BPJS, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan alamat Surel surat sebaik kata sandi sudah terdaftar
  • klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
  • Klik Gabung.
  • Pilih verifikasi kartu digital.
  • Nomor kerja BPJS Anda akan dicantumkan selanjutnya.

Lampiran BPZhSTKU

Aplikasi BPJSKTKU dapat dijadikan alternatif selanjutnya untuk mengecek nomor BPJS ketenagakerjaan Anda dan juga untuk mengetahui saldo Anda. Namun, sebelum itu, Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan mendaftar terlebih dahulu di sana.

Selanjutnya Anda bisa mengecek nomor sibuk BPJS di aplikasi BPJSTKU. Namun cara ini hanya berlaku bagi Anda yang sudah terdaftar di aplikasi BPJSTKU, Ya.

Jika tidak, Anda tidak akan dapat memeriksa nomor sibuk BPJS di aplikasi. Karena untuk mendaftar Anda akan memerlukan Nomor Kartu Kepesertaan Jamsostek (KPJ) yang terkait dengan nomor kepesertaan BPJS Anda. Baca juga alasan kenapa nomor KPJ tidak terdaftar.

Jika Anda pernah mendaftar di aplikasi ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah Gabung ke aplikasi menggunakan Surel surat sebaik kata sandi bahwa Anda juga terdaftar.

Langkah-langkah cek nomor kepegawaian BPSJ menggunakan aplikasi BPJSTKU:

  • Buka aplikasi BPZhSTKU.
  • Klik Gabung.
  • Masukkan alamat Surel surat dan password yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.
  • Setelah Gabung berhasil, pilih menu peta digital.
  • Tunggu hingga kartu keanggotaan digital muncul sebagai nomor 11 digit.
  • Muncul informasi kartu beserta nomor BPJSTKU dan nomor referensi.

Berikut cara cek nomor sibuk BPJS.

Situs kerja resmi BPJS

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi BPJSTKU, Anda dapat memeriksa nomor BPJS Ketenagakerjaan di situs resminya.

Caranya, Anda hanya perlu membuka situsnya www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Lebih-lebih lagi, Gabung menggunakan Surel surat sebaik kata sandi yang sudah terdaftar. Kemudian klik “Cek Kartu Digital” untuk melihat nomor BPJS kerja Anda.

BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek nomor layanan BPJS ketenagakerjaan bisa menghubungi call center layanan BPJS ketenagakerjaan. Anda dapat menghubungi call center pada jam kerja dengan menghubungi nomor kontak 175.

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda bekerja di luar negeri, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0811-9115910 dan 0855-1500910.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda tidak dapat menggunakan semua cara di atas, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat Anda mendaftar.

Biasanya, Anda akan diminta untuk membawa kartu keluarga (FC), KTP, dan paklaring untuk prosedur. Membawa dokumen asli dan fotokopi sebagai syarat pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut cara cek nomor sibuk BPJS. Jika Anda memilikinya, pastikan untuk menyimpannya dengan baik sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya jika Anda membutuhkannya lagi suatu hari nanti.

Perlu diingat bahwa nomor KPJ, nomor kartu BPJS ketenagakerjaan, nomor referensi BPJS ketenagakerjaan, nomor anggota BPJS ketenagakerjaan, nomor kartu BPJAMSOSTEK, nomor anggota BPJSTK artinya sama. Hanya nama yang berbeda. Jadi teman-teman jangan bingung.

Memang ada sedikit perbedaan nomor registrasi antara kartu Jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan. Pasalnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) yang kini berubah nama kembali menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek), dulu bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Oleh karena itu, bagi anggota lama, ketika jaminan ketenagakerjaan negara masih disebut Jamsostek, kartunya disebut KPJ.

[Baca Juga: Ini jenis-jenis Program BPJS Ketenagakerjaan! Udah Tahu?]

Apa itu CPJ?

KPJ adalah singkatan dari Kartu Keanggotaan Jaminan Sosial. Mungkin mudah untuk mengatakannya. Sedangkan untuk anggota saat ini, kartu tersebut sudah merupakan kartu BPJS ketenagakerjaan dengan model baru dan logo yang didominasi warna hijau muda. Sedangkan pada kartu Jamsostek, warna hijaunya lebih gelap.

Nomor referensi baik di KPJ maupun kartu kerja BPJS terdiri dari 11 digit. Namun bedanya jika kartu Jamsostek model lama berisi sebelas digit selain angka, maka terkadang ada huruf yang disembunyikan di dalamnya. Seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Namun, pada kartu Jamsostek versi lama, saat Anda mendaftar akun BPJSTKU, Anda akan otomatis menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan digital model terbaru saat ini.

Jadi, tampilan kartu digital Anda di aplikasi BPJSTKU tidak sesuai dengan kartu fisik atau kartu Jamsostek yang Anda miliki. Namun meski terlihat berbeda, fitur dan manfaatnya tetap sama.

Nah, semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda.

Jika sobat keuangan ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik dan membutuhkan strategi untuk mencapai tujuan keuangan, yuk konsultasikan dengan perencana keuangan yang terbaik dalam keuangan saya.

Gampang, download aplikasinya di google play store juga tidak Apple App Store saat ini! Nikmati konsultasi dan cek keuangan dengan akses premium gratis selama 30 hari.

Jika Anda merasa berguna untuk aplikasi premium Finansialku, silakan gunakan kode voucher SITUS TAHUNAN sedang mengerjakan Menyegarkan aplikasi premium dan dapatkan diskon langsung 50 ribu rupiah.

Ternyata cek nomor BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah bukan? Yuk bagikan artikel ini ke teman atau kerabat kamu jika ada yang membutuhkan informasi. terima kasih

Sumber referensi:

  • Rosma Widiyani. 1 Desember 2020 Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, Begini Caranya. Health.detik.com – https://bit.ly/3dWMUjg
  • administrator. 24 Februari 2021 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan, Mudah dan Cepat. Kumparan.com – https://bit.ly/3d4LGmE
  • Romi Subhan. 5 Februari 2021 Wajib tahu cara mudah cek nomor BPJS ketenagakerjaan. Popbela.com – https://bit.ly/32438S6

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3eatwiE
  • 02 – https://bit.ly/3eatJSY
  • 03 – https://bit.ly/3x0qaaN
  • 04 – https://bit.ly/3mYmodp




https://actoncloud.com

Baca juga  Investasi Rendah Risiko di RDPU Mandiri Investa Pasar Uang