Apa Itu Asesmen? Ini Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Bentuknya


Nilai salah satu aspek penting dalam dunia kerja atau proses belajar untuk menentukan tingkat keberhasilan.

ayo, lihat artikel berikut untuk informasi harga. Mungkin berguna…

Ringkasan:

  • Sistem rating atau penilaian merupakan salah satu cara untuk mengetahui kualitas calon karyawan atau promosi.
  • Sebagai aturan, ada tiga bentuk penilaian ini, yaitu: penilaian lisan, tertulis dan kinerja.

Perlu untuk menentukan tingkat keberhasilan

Dunia kerja dan pendidikan merupakan salah satu zona yang dilalui kebanyakan orang. Keduanya bekerja menurut sistem, sehingga orang-orang di dalamnya bertindak menurut aturan.

Di samping itu, dunia kerja dan pendidikan menggunakan sistem penilaian dalam proses yang disebut grading, yaitu serangkaian proses yang harus diikuti orang di dalamnya.

Jadi, apa yang dimaksud dengan skor? Sekarang,agar tidak bingung lagi silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai. Bacalah dengan seksama Ya!

Definisi kelas

Di perusahaan dan pendidikan nilai salah satu proses yang harus dilalui oleh calon karyawan dan mahasiswa.

Penilaian di bidang pekerjaan dan pendidikan dilakukan secara berbeda, karena mata pelajarannya berbeda.

Di perusahaan, sistem penilaian merupakan rangkaian tes bagi calon karyawan untuk mengetahui kompetensi berdasarkan kriteria perusahaan untuk mendapatkan SDM yang tepat.

Sebagai aturan, penilaian adalah bagian dari sistem yang digunakan di perusahaan, yang digabungkan dengan sistem lain untuk meningkatkan akurasi penilaian.

Sistem penilaian dapat berbentuk apa saja tes verbal atau fisiktermasuk aktivitas fisik tertentu. Penilaian pribadi akan fokus pada penilaian individu seperti karakter, keterampilan, pemahaman, dan sebagainya.

Sedangkan evaluasi teknis akan mengevaluasi penemuan baru sebagai cara untuk mengidentifikasi pro dan kontra dari produk teknologi yang digunakan.

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang pengertian penilaian sebagai berikut:

#1 Warten dan Sanders

Menurut keduanya, evaluasi adalah kegiatan menemukan poin-poin penting atau penilaian terhadap sesuatu. dengan mengumpulkan informasi terkini dan penting.

Mereka juga menyertakan analisis strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

#2 Robert M. Smith

Menurut Smith, evaluasi adalah proses umum yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu solusi.

Biasanya proses ini dilakukan oleh tim yang tujuannya adalah membuat rencana pembelajaran untuk menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan keputusan.

#3 Bomshtein dan Kazdin

Menurut keduanya, evaluasi adalah proses mengidentifikasi masalah dan memilih target intervensi, memilih dan mengembangkan program berbasis pengobatan.

Hal ini bertujuan untuk mengukur dampak pengobatan yang sedang berlangsung. Menurut mereka, evaluasi juga menilai hasil keseluruhan, serta kesesuaian terapi.

[Baca Juga: 7 Contoh Surat Cuti Melahirkan untuk Karyawan Berbagai Profesi]

Fungsi evaluasi untuk perusahaan

Sistem evaluasi merupakan salah satu proses penting untuk mendapatkan karyawan yang memenuhi kriteria perusahaan.

Di bawah ini adalah beberapa fiturnya:

Fungsi sumatif #1

Fungsi sumatif evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengukur nilai seseorang Posisi duduk juga mengukur kelayakan karyawan untuk promosi.

#2 Membentuk fungsi

Fungsi formatif evaluasi adalah sebagai indikator memahami prestasi dalam konteks yang luas.

Pada fungsi ini, perusahaan dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan karyawan sehingga dapat menilai dan meningkatkan kompetensi.

Tujuan dari proses evaluasi

Evaluasi karyawan dilakukan untuk menyeleksi karyawan sesuai dengan kriteria perusahaan atau untuk meningkatkan kompetensi karyawan.

Dari tes ini, perusahaan akan mengevaluasi apakah seseorang memenuhi syarat untuk bergabung dengan mereka. Beberapa tujuan evaluasi adalah sebagai berikut:

  1. Lihat kompetensi individu melalui penugasan.
  1. Dapatkan informasi status terkini, akurat, objektif, dan komprehensif.
  1. Ciptakan motivasi.
  1. Mendefinisikan dengan jelas kebutuhan perusahaan.
  1. Berikan saham kepada orang yang tepat.
  1. Menyiapkan pelatihan kerja yang sesuai.
  1. Memberikan peluang prosedur pengembangan usaha untuk tujuan bisnis sesuai dengan strategi bisnis.
  1. Meningkatkan komitmen dan loyalitas karyawan.

[Baca Juga: Intip 10 Perusahaan dengan Gaji Karyawan Terbesar di Indonesia]

Formulir Penilaian

Evaluasi mengambil beberapa bentuk. Setiap bentuk perusahaan dapat beradaptasi dengan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Mengikuti formulir penilaian yang ada di perusahaan:

Evaluasi lisan # 1

Sistem penilaian ini dilakukan melalui kemampuan berbicara. Evaluator dapat mengajukan pertanyaan, dan peserta harus menjawab dengan kata-kata sebaik mungkin.

Selain itu, bisa juga dalam bentuk simulasi dan presentasi penjualan. Evaluator menetapkan topik tertentu, kemudian peserta mendeskripsikannya dengan saran terbaik yang mereka miliki.

#2 Evaluasi tertulis

Penilaian ini merupakan rangkaian penilaian yang dilakukan oleh penilai dengan menggunakan media kertas atau komputer melalui surat.

Asesor akan menilai peserta berdasarkan jawaban yang mereka tulis. Tes tertulis dapat berupa tes kognitif, tes kemampuan, tes keterampilan lunakdan tes kepribadian.

#3 Evaluasi Kinerja

Yang terakhir adalah penilaian yang mengharuskan peserta untuk sangat berhati-hati. Hal ini dikarenakan evaluator akan menciptakan situasi imajiner jika partisipan duduk di sebuahberlaku.

Peserta akan serius melakukan apa yang diminta oleh asesor. Evaluasi kinerja dapat berupa tes organisasi atau kepemimpinan, tes waktu atau manajemen risiko, atau tes. pemasarandll.

[Baca Juga: Gaji Fantastis Karyawan Startup Bikin Heboh! Berapa Jumlahnya?]

Jenis penilaian di perusahaan

Di perusahaan, sistem evaluasi ini adalah salah satu hal yang membuat karyawan khawatir. Mereka akan melakukan pelatihan lanjutan untuk memenuhi kriteria evaluasi untuk mempromosikan perusahaan.

Penilai dapat memilih dari tiga format implementasi, yaitu lisan, tertulis, atau simulasi kinerja, yang sesuai. Berikut adalah jenis-jenis sistem penilaian yang ada di perusahaan.

#1 Sistem Evaluasi Perekrutan Baru

Sebagai salah satu landasan, evaluasi merupakan cara terbaik untuk menentukan kompetensi karyawan masa depan. Jika mereka memenuhi standar, mereka akan ditinjau untuk dalam kursus kerja.

Untuk mendapatkan karyawan yang tepat, perusahaan akan melakukan beberapa penilaian sebagai berikut.

  1. Kepribadian dan integritas.
  1. Kecerdasan (melalui tes kognitif).
  1. Keadaan fisik.
  1. Keterampilan.

Sistem Peringkat #2 untuk Promosi

Setelah diterima, karyawan biasanya fokus pada promosi. Perusahaan akan memilih karyawan dengan penilaian promosi untuk menemukan kandidat yang paling cocok.

Pakar membuat penilaian berikut:

  1. Pemodelan tanggung jawab tambahan.
  1. Masalah diputuskan.
  1. Kesempatan untuk mempresentasikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  1. Psikometri.

[Baca Juga: 8 Cara Menambah Penghasilan Tambahan Bagi Karyawan]

Jenis evaluasi untuk seleksi calon karyawan

Berikut adalah beberapa jenis penilaian untuk pemilihan calon karyawan:

Pemeriksaan keterampilan # 1

Salah satu tes penilaian adalah tes keterampilan. Tes yang satu ini berguna untuk mengetahui kompetensi inti seseorang untuk posisi yang dilamar.

Bagi peserta, tes ini akan meningkatkan peluang mereka untuk dipekerjakan.

Tes kognitif # 2

Tes kedua yang biasanya hadir adalah proses tes kognitif.

Perusahaan menggunakan tes ini sebagai cara untuk mengukur kecerdasan, keterampilan memecahkan masalah, berlatih, dan mempelajari informasi baru.

Tes kognitif berbeda dengan tes IQ. Tes penilaian kognitif lebih menekankan pada dunia kerja, seperti ujian verbal, silogisme, penalaran abstrak, dan angka.

Tes kepribadian #3

tes Kepribadian berguna untuk mempelajari seseorang sehingga pemberi kerja dapat menilai apakah mereka cocok untuk posisi yang dilamar atau tidak.

Tes MBTI atau tes lain yang sesuai dapat digunakan untuk evaluasi.

Tes kejujuran #4

Tes kejujuran adalah tentang perilaku dan kejujuran. Tes ini akan memberi perusahaan informasi yang cukup untuk menerima kandidat atau tidak.

Tes fisik # 5

Tes fisik digunakan untuk mengukur kemampuan fisik pelamar. Tes fisik hanya berlaku untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkannya.

Mari tingkatkan harga diri kita!

Penilaian merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah perusahaan. Mereka menggunakannya untuk mengukur martabat siapa pun yang bergabung dengan mereka.

Sebagai seorang karyawan, Anda perlu meningkatkan keterampilan agar tidak terdesak oleh orang baru. Sambil meningkatkan harga diri Anda, Anda juga perlu mengembangkan kebiasaan manajemen keuangan yang sehat.

Sebagai panduan, Ayolah, untuk membaca eBuku dari keuangan saya Panduan menuju sukses Tetapkan gaji ala karyawan. Maka mulailah menerapkan manajemen keuangan yang sederhana dan praktis di aplikasi keuangan saya.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat menganggarkan, menuliskan keuangan, merencanakan keuangan, mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini hanya dalam genggaman. kamu tahu. Ayolah, download aplikasi sekarang!

Ini adalah review penilaian. Sekarang adalah waktumu Membagikan bagikan informasi ini dengan teman-teman Anda untuk mempelajari lebih lanjut. Terima kasih!

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Annisa Manistigos. 31 Oktober 2022 Penilaian: tujuan, fungsi, jenis, contoh dalam dunia kerja. kitalulus.com – https://bit.ly/3Qfeta6
  • Ayu Rifka Sitoresmi. 25 Maret 2022 Evaluasi adalah evaluasi kinerja, memahami definisi dan tujuan. Liputan6.com – https://bit.ly/3i9XbP9
  • Bayu Ardi Isnanto. 17 Desember 2022 Ada penilaian: itu tujuan dan contoh di dunia kerja. Detik.com – https://bit.ly/3X54dn6
  • Putu Arya. 02 Desember 2021 Penilaian: pengertian, tujuan, fungsi, jenis dan contoh dalam perusahaan. blossomi.com – https://bit.ly/3GE9Jru




https://actoncloud.com

Baca juga  Apa Bedanya Founder dengan CEO dan Owner?