5 Tips Sukses Memulai Investasi Kostan untuk Masa Depan yang Cerah


Berinvestasi di pondok pesantren merupakan salah satu pilihan investasi yang banyak dilirik calon investor. Bagaimana cara sukses memulai investasi di rumah kos?

Kostan adalah properti investasi yang membutuhkan modal relatif sedikit. Apalagi investasi ini tidak akan mati jika dipilih lokasi yang strategis.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan memberikan 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mulai berinvestasi di rumah kos agar masa depan keuangan Anda cerah.

Biaya investasi awal

Kemudahan akses antar kota di Indonesia meningkatkan mobilitas pelajar dan pekerja.

Sejak awal, tren migrasi dari kota kecil ke kota besar seperti Jakarta atau Surabaya sudah merajalela.

Para pendatang ini tentunya membutuhkan tempat tinggal di kota tujuan mereka. Sebagai pendatang, banyak orang yang enggan membeli atau menyewa rumah, menyewa atau menyewa apartemen, apalagi jika waktunya terbatas.

[Baca Juga: Inilah Strategi Memulai Bisnis Kosan Yang Menguntungkan Hanya Dalam 1 Tahun]

Sehingga, pilihan yang sering dilakukan adalah dengan menyewa hostel. Kost dinilai lebih ekonomis, dan masa sewanya fleksibel.

Dengan meningkatnya permintaan rumah kos di kota-kota besar dan kampus-kampus, banyak investor yang mulai melirik rumah kost.

Berinvestasi di rumah kost sebenarnya tidak membutuhkan investasi modal yang besar. Ada banyak cara untuk memulai investasi kost meski tanpa modal.

Investasi kost tanpa modal

Berikut adalah beberapa cara untuk mulai berinvestasi di rumah kos dengan modal minimal atau mendekati nol.

#1 Temukan mitra dengan visi yang sama

mencari mitra untuk mulai berinvestasi di rumah kost. Mitra Anda dapat berkontribusi dengan mengeluarkan modal dan Anda berkontribusi dalam pengelolaan kost.

Dengan begitu, Anda bisa merasakan keuntungan berinvestasi di rumah kost tanpa harus mengeluarkan modal sepeser pun.

Tapi ingat, jangan sembarangan memilih partner bisnis. Mengapa? Simak selengkapnya di artikel Finansialku berikut ini:

No.2 Pinjaman bank

Dana yang ditawarkan oleh bank-bank Indonesia harus digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan.

Misalnya, dengan dana yang Anda terima dari produk pinjaman KTA (pinjaman tanpa agunan) atau KPR (pinjaman kepemilikan rumah), Anda bisa membeli rumah untuk dijadikan kos-kosan.

Pendapatan dari kost tersebut nantinya dapat digunakan untuk melunasi pinjaman dengan mencicil.

Karena Anda mengeluarkan modal dengan meminjam uang dari bank, Anda harus memiliki rencana bisnis yang terstruktur.

Jangan biarkan uang dibelanjakan tanpa menghasilkan keuntungan sepeser pun.

#3 Menggunakan rumah sendiri sebagai kost

Jika Anda memiliki kamar kosong untuk ditinggali, mengapa tidak menggunakan rumah Anda sendiri sebagai wisma?

Kamar kosong bisa dijadikan investasi kecil-kecilan di rumah kost. Tentukan harga, jangka waktu sewa, dan jenis tenant yang bisa menyewa guesthouse Anda.

Tips membuat kost yang menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho 4 Risiko Investasi Properti! Masih Mau Berinvestasi di Properti?]

Agar tidak mengganggu aktivitas keluarga Anda, Anda bisa mencantumkan beberapa aturan tempat tinggal yang harus dipatuhi oleh penghuni kost.

Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menggunakan aplikasi sewa ruang yang legal dan bereputasi baik.

#4 Sewa rumah untuk kost

Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli rumah, Anda dapat membangun rumah kos dari rumah kontrakan. Tentu saja, ini harus disetujui oleh pemilik rumah dan tidak mengganggu tetangga.

Sisa modal yang Anda miliki dapat digunakan untuk menambah fasilitas pada wisma Anda.

Anda dapat mengumpulkan dana untuk menyewa rumah melalui investasi ekuitas yang menawarkan: kembali tinggi.

Masih asing dengan investasi saham? Miliki saran investasi yang jelasunduh buku Elektronik Panduan investasi untuk pemula dari Finansialku adalah sebagai berikut:

Unduh ebook gratis Panduan Pemula untuk Investasi Saham

E-book Panduan berinvestasi saham untuk pemula Finansialku.jpg

5 tips untuk awal yang sukses untuk berinvestasi di wisma

Di bawah ini adalah 5 tips sukses untuk memulai investasi rumah kost. Kiat-kiat di bawah ini juga menentukan apakah rumah kos Anda akan menambah penghasilan Anda atau tidak.

Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan laba atas investasi rumah kos Anda:

#1 Sesuaikan biaya

Harga seringkali menjadi faktor penentu apakah rumah kos Anda lebih unggul dari yang lain. Untuk menentukan biaya kost, banyak faktor yang harus diperhitungkan.

Faktor pertama adalah harga bangunan itu sendiri. Agar investasi Anda menguntungkan, modal awal yang Anda keluarkan harus wajar.

Jangan membeli rumah dengan harga terlalu tinggi karena akan sulit bagi Anda untuk menetapkan harga rumah kos di kemudian hari.

Mengenal dengan baik dan benar manajemen kost 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mencapai Financial Freedom Dari Investasi Properti]

Faktor kedua adalah lingkungan dan target konsumen. Jika target pelanggan Anda adalah pelajar, mereka tentu tidak bisa membayar biaya hidup yang tinggi.

Faktor ketiga adalah biaya pesaing Anda. Dalam bisnis apapun pasti ada persaingan, seperti halnya dalam bisnis kos-kosan.

Jika harga pendaratan Anda terlalu tinggi, Anda akan kesulitan mengalahkan pesaing yang menawarkan harga lebih rendah. Karena itu, Anda harus mengetahui harga “pasar”.

#2 Pilih lokasi yang strategis

Investasi real estat sangat bergantung pada lokasi, tidak terkecuali rumah kos.

Pilihlah lingkungan kost yang sesuai dengan target konsumen anda, jika untuk pekerja kantoran maka tempat yang tepat adalah lingkungan kantor, ekspatriat atau mahasiswa yang lebih cocok dengan lingkungan kampus.

Selain untuk memenuhi target konsumen, lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, mall, dan akses yang mudah juga dapat menambah nilai positif rumah kos Anda.

Dengan penempatan yang tepat, Anda dapat dengan mudah menambahkan penggemar.

#3 Menyediakan Beragam Fasilitas Lounge

Agar investasi rumah kos Anda dengan mudah menarik pelanggan, Anda harus menyediakan berbagai jenis fasilitas dan memberikan pilihan kepada penghuni apakah mereka ingin menggunakan fasilitas tersebut.

Fasilitas adalah hal-hal yang dapat membuat penyewa lebih nyaman.

Salah satu contohnya adalah pipa ledeng.

5 Tips Sukses Memulai Investasi di Masa Depan yang Lebih Cerah 2 Keuangan Saya

[Baca Juga: Tips Membangun Rumah Kost Yang Menguntungkan]

Berikan pilihan kamar dengan kamar mandi pribadi atau kamar mandi bersama. Tentunya masing-masing dengan harga yang berbeda.

Fasilitas lainnya termasuk AC, internet, cucian, dll. Semakin lengkap layanan yang diminta warga, semakin mahal pula biaya pendaratan yang harus mereka bayar.

#4 Tambahkan nilai

Kelebihan lainnya adalah daya tarik yang membedakan rumah kos Anda dengan rumah kos lainnya. Nilai tambah ini harus menjadi pedang Anda dalam memenangkan persaingan bisnis. Misalnya, Anda menyediakan ruang pertemuan publik atau dapur.

Kehidupan-di-kota-besar-tidak-mudah-4-kamar-biaya-keuangan saya

[Baca Juga: Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar]

Selain menyediakan tempat, Anda juga bisa memberikan diskon jika penghuni membayar 1 tahun di muka atau menyewa 2 tahun di muka.

Anda juga dapat meningkatkan kesan positif dari kost Anda dengan memberikan beberapa batasan, misalnya tidak boleh berisik di sini, hanya wanita atau pria yang boleh menginap, dan sebagainya.

#5 Tingkatkan Iklan

Pemasaran adalah salah satu cara untuk memperkenalkan lebih banyak orang ke rumah kos Anda.

Oleh karena itu, pemasaran sangat penting agar suatu investasi dapat membuahkan hasil atau tidak.

Anda dapat menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran. Juga, undang klien Anda untuk membantu mempromosikan rumah kos Anda dengan memberikan sebagian kecil dari keuntungan jika teman mereka juga menyewakan rumah kos tersebut.

Teruslah berusaha dan berinovasi

Saat berinvestasi di rumah kost, Anda harus selalu memastikan keunikan Anda sendiri agar semakin banyak klien yang tertarik untuk menyewakan kost Anda.

Juga, jangan mudah menyerah. Ketika Anda mulai berinvestasi di rumah kost, Anda pasti akan kesulitan mencari klien, apalagi jika Anda masih tergolong baru.

Namun, seiring waktu, semakin banyak orang yang Anda tinggalkan, semakin besar investasi Anda.

Tertarik dengan bisnis kost? Kami berharap berkat artikel ini Anda telah memahami manfaat dan tips untuk meningkatkan investasi Anda di rumah kos.

Pastikan untuk membagikan artikel ini kepada teman atau keluarga yang berencana untuk berinvestasi di rumah kost. Selamat membaca.

Sumber referensi:

  • administrator. 5 Mei 2016 Tips sukses menciptakan bisnis Asrama-Kostan. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/jQ3WPi
  • Wibowo Tunardi. 23 Mei 2018 Cara membuat kost tanpa modal Bisniskost.com – https://goo.gl/AF2zgq
  • mempertaruhkan. April 2017. Keuntungan membangun bisnis di kost, investasi masa depan. Berwirausaha.net – https://goo.gl/NF217X

Sumber Gambar:

  • Kostan — https://goo.gl/1mtric
  • Kamar mandi — https://goo.gl/TEW4x5




https://actoncloud.com

Baca juga  Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Contoh Manajemen Keuangan